Aksesoris iPhone 12: Apa yang Ada Dalam Box, dan Apa yang Harus Kamu Beli

Sudah beredar luas kabar jika Apple tidak memberikan charger dan headphone dalam kotak penjualan iPhone 12, dan kabar tersebut benar adanya.

Dengan alasan ramah lingkungan, Apple menghilangkan ‘beberapa’ aksesoris iPhone 12 yang biasanya selalu include dalam paket penjualan produk iPhone.

Tergantung dari sudut pandang mana kamu melihatnya, alasan tersebut ada benarnya. Jika kamu adalah pengguna iPhone model sebelumnya, tentu kamu masih punya charger yang kompatibel untuk seri iPhone 12. User juga bisa mengisi daya langsung dari laptop atau powerbank menggunakan kabel lightning to usb iPhone lainnya.

Dan untuk earphone, hampir setiap orang memilih tidak menggunakan earphone murah yang diberikan dalam kotak penjualan, serta memilih membeli AirPod baru ataupun produk wireless earphone lainnya yang mereka sukai.

So, dengan alasan itu Apple beranggapan telah mengurangi ‘emisi potensial’ dari penjualan iPhone 12.

Terlepas dari alasannya, di halaman ini kamu akan mengetahui apa saja yang akan kamu dapat saat membeli iPhone 12, dan aksesoris apa yang mungkin perlu kamu beli terpisah.

Yang ada dalam kotak penjualan iPhone 12

Berikut adalah apa yang akan kamu temukan dalam kotak penjualan iPhone 12 Series, baik iPhone 12 reguler, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max:

  • iPhone 12
iphone 12

Well, tentu saja ada perangkat iPhone 12 dalam kotak penjualannya. Karena akan lucu jika Apple tidak menyertakan unit iPhone 12 dalam kotak yang baru saja kamu beli.

  • Kabel Lightning to USB-C

Satu benda lain yang menemani iPhone 12 adalah kabel lightning to USB-C, alias kabel data sekaligus kabel charger iPhone 12.

kabel iphone 12
Kabel lightning iPhone 12

Perlu dicatat bahwa kabel lightning ini menggunakan USB tipe-C, bukan tipe USB biasa yang bisa kamu temukan pada komputer atau laptop kamu.

Beberapa laptop jenis terbaru memiliki port USB-C. Tapi kalau kamu ingin nge-charge ke colokan dinding kamu membutuhkan adapter yang mendukung USB-C.

Yup, hanya dua benda itu yang akan kamu dapat. Selebihnya ada kartu garansi, buku manual, dan…. gabus.

Aksesoris iPhone 12 apa yang perlu kamu beli

Berikut adalah beberapa aksesoris yang tidak ada dalam kotak penjualan iPhone 12, dan mungkin perlu kamu beli untuk meningkatkan pengalaman kamu menggunakan iPhone 12.

  • 20W Adapter Charger iPhone 12
charger iphone 12
20W charger adapter untuk iPhone 12

Ini adalah charger adapter yang seharusnya menemani iPhone 12, karena iPhone 12 didukung fitur fast charging 20W. Jika kamu menggunakan iPhone sebelumnya, charger kamu mungkin masih menggunakan USB-A, alias USB yang biasa.

Tanpa ini kamu tetap bisa mengisi daya iPhone 12 melalui charger lain yang mendukung USB-C, walaupun kami tidak merekomendasikannya.

Kamu bisa membeli charger iPhone 12 dengan harga Rp449.000 di iBox, distributor resmi Apple di Indonesia.

  • Headphone untuk iPhone 12

Apple biasanya selalu menyertakan EarPods alias headphone kabel dalam paket penjualan iPhone. Tapi tidak dengan iPhone 12.

Kamu masih punya EarPod dari iPhone lama kamu? tentu kamu bisa menggunakannya di iPhone 12. Tapi jika tidak punya, sebaiknya kamu sekalian beralih membeli earphone wireless. Lebih simpel dan nyaman digunakan.

headphone iphone 12
Airpods untuk iPhone 12

Jika kamu pecinta produk Apple, mungkin kamu lebih tertarik dengan Apple Airpods atau AirPods Pro. Atau kamu bisa menggunakan earphone wireless lainnya untuk iPhone 12 kamu.

Tidak sedikit pula orang yang lebih suka dengan earphone yang menggunakan kabel. Jika kamu termasuk dalam kategori tersebut, kamu bisa menggunakan EarPods dari Apple.

Aksesoris iPhone 12 lainnya

Aksesoris iPhone 12 berikut tidaklah terlalu penting, tapi mungkin kamu berminta memilikinya untuk menambah pengalaman kamu menggunakan iPhone 12.

  • Wireless charger untuk iPhone 12

Semakin banyak ponsel yang telah didukung dengan fitur pengisian daya secara wireless, termasuk iPhone 12. Sayangnya belum ada ponsel yang menyertakan charger wirelss dalam kemasan penjualannya.

aksesoris iphone 12
Apple magsafe wireless charer

Jika kamu kebetulan punya Qi wireless charger, itu bisa kamu gunakan untuk mengisi daya iPhone 12, karena iPhone 12 mendukung charging 7,5W melalui Qi charging.

Tapi dengan menggunakan MagSafe dari Apple, pengisian daya menggunakan tenaga 15W sehingga pengisian jadi dua kali lebih cepat.

  • Apple Watch untuk iPhone 12

Smartwatch adalah produk yang sedang populer saat ini. Selain untuk merekam kegiatan olahraga dan aktivitas kesehatanmu, smartwatch juga bisa digunakan untuk membaca pesan, mengontrol musik yang sedang dimainkan, hingga melihat notifikasi ponsel.

apple watch 5 untuk iphone
Apple Watch 5

Banyak vendor yang telah memproduksi smartwatch. Tapi kalau mau klop dengan iPhone 12, kamu bisa memilih beberapa produk Apple Watch di sini.

F.A.Q

Ini adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait aksesoris iPhone 12.

Apakah charger lama iPhone bisa untuk iPhone 12?

Ya, charger iPhone lama bisa digunakan untuk mengisi daya iPhone 12. Akan tetapi, untuk mendapatkan pengisian daya 20W, kamu sebaiknya membeli 20W Adapter Charger dari Apple.

Apa yang tidak ada dalam kotak iPhone 12?

Apple tidak memberikan charger dan earphone (EarPods) dalam kotak penjualan iPhone 12.

Charger seperti apa yang digunakan iPhone 12?

Kamu bisa mengisi daya iPhone 12 menggunakan sembarang charger, selama charger tersebut memiliki port USB-C. Karena kabel data iPhone 12 adalah kabel lightning to USB-C.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER