Antivirus Gratis Terbaik 2021: Rekomendasi Terbaik untuk PC & Laptop Windows

Amankan komputer kamu dari virus dan malware. Inilah rekomendasi antivirus gratis terbaik untuk PC atau laptop Windows kamu.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, perlindungan antivirus untuk PC dan laptop Windows juga menjadi semakin penting. Perkembangan teknologi komputer dan digital selalu dibarengi dengan peningkatan cyber-crime, yang artinya semakin canggihnya virus, malware, spyware, ransomware, hingga phishing.

Windows adalah sistem operasi paling populer di dunia, sehingga menjadikannya target utama bagi ribuan virus dan malware berbahaya. Penyebarannya pun bisa melalui banyak media, baik secara offline maupun online.

Akses internet yang semakin mudah dan murah juga menyebabkan semakin mudahnya penyebaran virus dan malware, khususnya bagi user yang kurang aware terhadap modus penbyebaran virus dan malware.

Untungnya, ada banyak program antivirus yang bisa kamu gunakan secara gratis. Antivirus gratis umumnya menawarkan fitur-fitur perlindungan dasar (basic protection), akan tetapi layak untuk dicoba. Dan antivirus gratis biasanya cukup memadai untuk melindungi pengguna dari aktivitas komputer dan internet standar sehari-hari.

Kamu bebas untuk upgrade layanan menjadi versi premium untuk mendaptkan berbagai fitur dan perlindungan ekstra, sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan kamu.

Kami mencoba sekian banyak program antivirus untuk menyediakan review dan rekomendasi antivirus gratis untuk kamu. Baca artikel ini hingga tuntas untuk mencari tahu mana antivirus yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Apakah Windows Security Tidak Cukup untuk Melindungi Windows?

Ya, Windows kamu sudah dilengkapi dengan program antivirus bawaan yang bernama Windows Defender Windows Security. Program ini, khususnya pada Windows 10, adalah program antivirus yang cukup bagus.

Melalui update terbaru Windows 10, Windows Defender kini sudah berganti nama menjadi Windows Security.

Akan tetapi Windows Defender tidak cukup untuk melindungi komputer kamu dalam aktivitas online, berupa perlindungan privasi dan deteksi website berbahaya. Di samping itu, Microsoft jarang melakukan update untuk Windows Defender, sehingga sering tertinggal dalam teknologi perlindungan virus dan malware dibandingkan layanan antivirus pihak ketiga.

Terlebih jika kamu adalah pengguna Windows sebelum Windows 10, yaitu Windows 7 atau Windows 8, maka program antivirus bawaan Windows sungguh tidak bisa diandalkan.

Untuk itu mayoritas pengguna membutuhkan program yang didedikasikan khusus untuk perlindungan yang lebih canggih, agar komputer kamu benar-benar aman dari ancaman virus dan malware berbahaya.

5 rekomendasi software antivirus terbaik berikut bisa membantu kamu memilih program antivirus yang paling cocok untuk kebutuhan kamu sehari-hari.

Bagaimana Kami Memilih Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows?

Terdapat sangat banyak program antivirus yang bisa kamu temui secara online, dengan mengedepankan fitur dan kehebatannya masing-masing. Kami mengerti bahwa proses itu bisa membuatmu pusing dalam memilih dari sekian ratus perogram antivirus.

Banyak yang menawarkan antivirus gratis, namun sebenarnya program tersebut hanya berupa pemindai virus (scan virus), namun kamu diminta untuk membayar untuk membunuh virus dan malware tersebut.

Untuk masuk dalam daftar rekomendasi kami di bawah, antivirus gratis untuk Windows harus memenuhi syarat berikut:

  • 100% Gratis. Kami memastikan bahwa antivirus yang kami rekomendasikan benar-benar gratis. Semuanya menyediakan pilihan untuk upgrade ke versi berbayar untuk mengaktifkan berbagai fitur ekstra, namun kamu tetap bisa menggunakan versi gratisnya selama yang kamu mau.
  • Perlindungan terbaik terhadap virus dan malware. Semua antivirus gratis yang kami pilih memiliki proteksi terbaik dari virus dan malware terbaru, diupdate secara rutin oleh pengembangnya, dan masuk dalam jajaran antivirus terbaik dalam pengujian independen dari av-test.org.
  • Fitur tambahan dan pendukung. Fitur pelindung ekstra yang ditawarkan dalam antivirus gratis juga menjadi pertimbangan kami dalam melakukan rekomendasi. Tapi kami juga memasukkan antivirus yang minimalis, jika itu merupakan sebuah kelebihan bagi kamu.

Dan berikut adalah 5 rekomendasi antivirus gratis terbaik untuk Windows pilihan Arenadigital.id:

  1. Avira Free Antivirus — Terbaik secara keseluruhan
  2. Kasperksy Free Antivirus — Terbaik untuk kecanggihan proteksi
  3. Bitdefender Anvitirus Free Edition — Terbaik untuk performa Windows
  4. AVG Antivirus Free — Terbaik untuk perlindungan online
  5. Avast Free Antivirus — Terbaik untuk kelengkapan fitur

1

Avira Free Antivirus

Antivirus gratis terbaik saat ini
antivirus gratis terbaik windows

Kami menempatkan Avira Free Antivirus di urutan pertama dalam rekomendasi antivirus gratis saat ini. Avira merupakan pemain lama dalam program antivirus, dan teknologinya berkembang secara pesat, sedikit melampaui pesaingnya.

Yang membuat Avira Free Antivirus menonjol adalah karena mesin Avira bekerja secara cloud. Ini artinya proses deteksi dan pemusnahan virus tidak terjadi di komputer atau laptop kamu. Ada dua keuntungan dari proses ini:

  1. Avira tidak menggunakan banyak resource komputer kamu, sehingga tidak memberatkan ataupun mengganggu performa PC kamu. Avira adalah salah satu program antivirus paling ringan diantara program antivirus kenamaan lainnya.
  2. Dengan sistem dan proses antivirus secara cloud di server mereka, Avira metode kerja mereka tetap rahasia, dan terjaga dari pengetahuan para hacker. Ini membuat mereka selangkah di depan karna para hackers tidak bisa mempelajari cara melawan Avira.

Dengan fitur Avira Browser Safety, ektensi untuk Chrome dan Mozilla Firefox, kamu terlindung dari berbagai website berbahaya yang menyebarkan virus, malware, dan penipuan phishing secara online.

Karena Avira sangat ringan, kamu bahkan bisa mengoperasikannya di PC Windows model lama, tanpa mempengaruhi performa Windows kamu secara signifikan. So, jika komputer atau laptop kamu sering terasa berat dan lambat, kamu bisa mencoba Avira Free Antivirus sebagai software antivirus.

Terlebih lagi, kamu bisa me-nonaktif-kan fitur-fitur yang tidak ingin kamu gunakan dalam paket Avira Free Antivirus.

Fitur Avira Free Antivirus

Antivirus (basic protection), browser safety, VPN gratis (500MB/bulan), mobile security, password manager, system speed-up (Windwos tune-up), anti-tracking, safe shopping.

Kelebihan
  • Cepat dan ringan. Tidak memberatkan komputer/laptop.
  • Cloud-antivirus terbaik di 2020.
  • Perlindungan penuh dari malware.
  • Desain antar muka yang mudah dan atraktif.
  • Tersedia ekstensi untuk browser untuk melindungi aktivitas online.
  • Memberik banyak fitur dalam versi gratis.
Kekurangan
  • Sering muncul pop-up untuk meminta pengguna agar upgrade ke versi premium.
  • Free VPN terbatas, hanya 500MB/bulan.

Kesimpulan

Avira Free Antvirus akan menambal semua lubang keamanaan yang tidak bisa ditangani oleh Windows Defender kamu. Jika kamu membutuhkan perlindungan yang solid terhadap virus dan malware, baik secara offline maupun online, maka Avira Free Antivirus adalah solusi yang bagus buatmu.


2

Kaspersky Free Antivirus

Proteksi kelas premium
antivirus gratis pc windows
Kaspersky Free Antivirus

Kaspersky Free Antivirus adalah salah satu program pemindai virus tercepat yang ada saat ini, dengan opsi untuk kustomasi pengaturan untuk pertahanan dan perlindungan dari malware sesuai dengan kebutuhan kamu.

Fitur-fiturnya memang sedikit, tidak seperti Avira yang memberikan banyak fitur pada versi gratisnya seperti password manager, pengaman browser, firewall, dan fitur pendukung lainnya. Tapi itu tidak mengurangi keampuhan Kaspersky Free Antivirus dalam melindungi komputer kamu dari virus dan malware.

Kaspersky Free Antivirus menyediakan fitur untuk quick-scan, full scan, real-time protection di belakang layar, dan juga otomatis mendeteksi perangkat USB yang connect dengan komputer.

Jika kamu ingin antivirus gratis yang lebih minimalis dan simpel, namun dengan perlindungan yang sama hebatnya, kamu bisa mencoba Bitdefender Antivirus Free Edition. Efeknya bagi performa komputer juga ringan, dan hanya sedikit meningkat saat kamu menggunakan fitur full-scan.

Tampilan Kaspersky kali ini lebih ringan dan sederhana, dan tidak berbeda antara versi gratis maupun Kaspersky versi premium. Perbedaan hanya terletak pada jumlah fitur yang aktif, yang tentu lebih banyak jika kamu upgrade ke versi berbayar/premium.

Fitur Kaspersky Free Antivirus

Quick-scan, full-scan, scan schedule, real-time protection

Kelebihan
  • Deteksi dan proteksi malware kelas wahid.
  • Proses scan virus dan malware sangat cepat.
  • Dampaknya terhadap performa Windows ringan-medium.
Kekurangan
  • Fiturnya sangat minim dibandingkan program antivirus gratis lainnya.

Kesimpulan

Kaspersky Free Antivirus merupakan antivirus gratis kelas dunia, yang memberikan perlindungan terhadap virus dan malware kelas wahid. Kekurangannya hanya pada fitur ekstra yang sangat minim.

Tapi itu bisa jadi kelebihan jika kamu lebih suka dengan antivirus yang simple dan minimalis.


3

Bitdefender Antivirus Free Edition

Ringan dan tidak memberatkan komputer
antivirus gratis terbaik untnuk windows
Bitdefender Antivirus Free Edition

Jika kamu ingin antivirus gratis yang sangat simpel dan minimalis, maka Bitdefender Antivirus Free Edition adalah pilihan software yang tepat. Kamu bisa menginstal Bitdefender Free Edition dan melupakannya.

Kualitas deteksi dan proteksi malwarenya adalah salah satu yang terbaik, bahkan jika dibandingkan dengan program antivirus berbayar sekalipun.

Bitdefender Free Edition tidak menawarkan fitur tambahan lain. Hanya antivirus. Bahkan tidak ada menu untuk pengaturan dan lain sebagainya. Tidak ada quick-scan, dan tidak ada pemindaian terjadwal (scan-schedule). Karenanya Bitdefender Free Edition sangat ringan dan tidak berdampak apapun terhadap performa Windows kamu.

Jika kamu ingin melakukan scan, berarti kamu memindai keseluruhan sistem komputer, namun dengan waktu yang tidak terlalu lama. Ada juga sistem proteksi real-time yang bekerja di belakang layar. Namun user tidak bisa melakukan kustomasi.

Jangan tertipu dengan fiturnya yang sangat minim. Bisa jadi ini adalah program antivirus yang paling cocok buat PC Windows kamu. Jika kamu ingin perlidungan yang sama kuatnya dengan beberapa fitur tambahan, kamu bisa menggunakan Avira Free Antivirus.

Fitur Bitdefender Antivirus Free Edition

Antivirus scan, privacy protection, real-time protection

Kelebihan
  • Perlindungan terbaik terhadap malware.
  • Simpel, sangat mudah digunakan.
  • Ringan dan tidak mengganggu performa Windows.
Kekurangan
  • Tidak ada fitur tambahan seperti antivirus lainnya.
  • Tidak ada opsi untuk optimasi.
  • Tidak ada quick-scan.

Kesimpulan

Bitdefender Antivirus Free Edition adalah program antivirus yang paling simpel dan langsung ke pada intinya: ANTIVIRUS. Jika kamu tidak butuh embel-embel lain dalam sebuah program antivirus, cukup instal dan lupakan, maka ini adalah software yang ideal buatmu.


4

AVG Antivirus Free

Perlindungan online terbaik
avg free antivirus gratis
AVG Antivirus Free

AVG Antivirus adalah salah satu software antivirus terpopuler, dan cukup dikenal di Indonesia. Sejak dulu AVG selalu menyediakan versi gratis bagi penggunanya.

Seiring perkembangan waktu, AVG Antivirus juga selalu memberikan inovasi dalam programnya, termasuk untuk antivirus versi gratisnya.

Hadir dengan tampilan baru dan fitur yang lebih banyak, AVG Antivirus Free kini menawarkan proteksi real-time, memindai malware, fitur optimasi Windows, melindungi aktivitas browsing serta email, dan juga mampu menangkap file unduhan yang berbahaya sebelum sampai ke komputer kamu.

Perlindungan terhadap website berbahaya dan penipuan phishing online dari AVG Free adalah yang terbaik. Ada juga fitur AVG’s Secure Browser, yang ringan digunakan, memblokir iklan, melindungi kamu dari trackers, dan mencegah kamu mengakses link atau website yang berbahaya.

Melalui pembaruan database virus yang rutin, komputer kamu dijamin terbebas dari virus dan malware berbahaya, bahkan dengan AVG versi gratis sekalipun. Untuk keperluan rumahan dan keluarga, AVG Free Antivirus sudah lebih dari cukup untuk melindungi PC kamu.

AVG Free Antivirus juga telah tersedia dalam versi Bahasa Indonesia, khusus untuk pengguna Windows dan Android. Ya, AVG Free juga bisa kamu gunakan untuk melindungi perangkat Androidmu.

Dalam versi AVG Free, kamu bisa mencoba versi premium selama 30 hari. Dan kamu tetap bisa kembali menggunakan versi gratisnya setelah masa trial 30 hari berakhir.

Dan jika kamu membutuhkan fitur ekstra yang ditawarkan oleh AVG Antivirus, kamu bisa meningkatkan program kamu ke versi AVG Antivirus berbayar atau premium kapan saja kamu mau.

Fitur AVG Free Antivirus

Windows antivirus, web & email protection, optimasi performa Windows, real time update.

Kelebihan
  • Proteksi terbaik phishing dan iklan ketika sedang browsing.
  • Teknologi deteksi malware yang tangguh.
  • Tampilan baru yang lebih segar dan mudah digunakan.
Kekurangan
  • Fitur optimasi Windows membutuhkan instalasi software tambahan.
  • Tidak menawarkan banyak fitur ekstra.

Kesimpulan

Merupakan pemain lama, AVG Free Antivirus memiliki teknologi dan sistem deteksi virus yang terbaik di kelasnya. Perlindungannya terhadap aktivitas browsing dan online sangat efektif. Programnya sangat ringan, akan tetapi AVG Free tidak memberikan fitur ekstra selain kedua fungsi penting di atas.

Penawaran trial AVG versi premium selama 30 hari sangat layak dicoba untuk mengetahui berbagai fitur tambahan lainnya.


5

Avast Free Antivirus

Paket perlindungan lengkap
antivirus gratis windows pc / laptop
Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus bukanlah sekedar program antivirus, melainkan paket/suite perlindungan bagi komputer Windows. Tidak hanya memberikan proteksi terhadap virus dan malware, Avast juga memberikan banyak fitur perlindungan Windows dengan harga 0 rupiah, alias gratis.

Itu hanya sebagian, karena kamu bisa mendapatkan lebih banyak fitur dengan upgrade ke Avast Antivirus Premium.

Selain program antivirus, kamu juga bisa menggunakan fitur pengaman browser, password manager, game mode, wi-fi inspector, dan lain sebagainya dalam Avast Free Antivirus.

Namun begitu, banyaknya ftur tambahan membuat Avast Free menggunakan banyak resource komputer kamu, sehingga cukup memberatkan komputer kamu. Karena itu Avast memberikan fitur Do Not Disturb (game mode) agar kamu bisa, untuk sementara, membuat komputer kamu lebih ringan dan nyaman dipakai bermain game atau menonton film.

Perlindungan Avast Free terhadap virus dan malware bukanlah yang terbaik di daftar kami, karena Avast Free melewatkan beberapa malware yang biasanya dengan mudah ditangkap oleh antivirus sekelas Kaspersky dan AVG.

Fitur Avast Free Antivirus

Virus & malware scan, smart scan, pengaman browser, secureLine VPN, privacy protection, password manager, wi-fi inspector, game mode.

Kelebihan
  • Proteksi terbaik phising dan iklan saat sedang browsing online.
  • Teknologi deteksi malware yang tangguh.
  • Tampilan baru yang lebih segar dan mudah.
Kekurangan
  • Cukup memberatkan performa Windows.
  • Sering muncul pop-up dan ‘agak memaksa’ untuk upgrade.

Kesimpulan

Dengan Avast Free Antivirus, kamu mendapatkan program paket perlindungan untuk Windows, aktivitas online, dan juga home network kamu. Untuk ukuran antivirus gratis, Avast sangat baik dengan memberikan banyak fitur tambahan secara gratis.

Akan tetapi Avast Free Antivirus cukup berdampak pada performa Windows kamu.


Tips Memilih Program Antivirus untuk Windows

Piilhlah antivirus yang sesuai dengan kebutuhanmu sehari-hari dalam penggunaan komputer dan internet. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih program antivirus untuk melindungi komputer dan juga keamanan data pribadi dari jutaan malware yang ada saat ini.

Berikut adalah tips dalam memilih program antivirus:

Update otomatis dan berkala

Software antivirus yang bagus adalah yang rutin melakukan update, baik untuk mengupgrade kemampuannya mendeteksi virus & malware, ataupun untuk memperbaharui database malware terbaru yang mampu mereka jinakkan.

Pengembang software terpercaya

Kebanyakan antivirus yang populer dikembangkan oleh perusahaan developer antivirus yang terpercaya dan kredibel. Dengan begitu, kamu merasa yakin bahwa perlindungan komputer kamu ada di tangan developer yang tepat.

Hal ini juga akan menjamin program antivirus tersebut akan diupdate secara berkala mengikuti perkembangan malware terbaru.

Real-time protection

Program antivirus yang kamu gunakan wajib memiliki real-time protection, yaitu perlindungan yang bekerja setiap waktu di belakang layar. Ini adalah perlindungan pertama yang menjamin Windows kamu bebas dari malware.

Fungsi ini penting agar malware bisa langsung terdeteksi dan dijinakkan sebelum menyebar lebih luas, otomatis memindai flash disk yang baru terhubung, dan mencegah file unduhan yang berbahaya sebelum masuk ke sistem Windows.

Fitur pelindung tambahan

Fitur-fitur keamaan ekstra akan membantu kamu mengamankan dan mencegah infeksi malware. Fitur ekstra seperti password manager (mengamankan akun online), firewall, VPN, secure browser, anti-phishing, dan safe shopping adalah fitur penting bagi keamanan Windows.

Tidak banyak program antivirus yang memberikan fitur ekstra kecuali kamu menggunakan versi berbayar. Namun antivirus gratis seperti Avira, AVG, dan Avast menyediakan beberapa fitur ekstra dalam versi gratisnya.

Semoga rekomendasi antivirus dan tips di atas bisa membantu kamu memilih program antivirus gratis terbaik untuk PC/laptop Windows kamu.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0