Aplikasi Chat Paling Aman untuk Android & iOS (2021)

Jika keamanan pesan / percakapan adalah prioritasmu, berikut ini adalah daftar aplikasi chat (messenger) paling aman saat ini.
aplikasi chat paling aman

Di era internet dan komunikasi digital saat ini, aplikasi chat atau perpesanan adalah sesuatu yang wajib terinstal di smartphone kamu. Komunikasi chat pribadi atau grup haruslah aman dan terjaga privasinya agar pengguna dapat bertukar pesan pribadi dengan bebas dan tenang tanpa takut ada yang mengawasi percakapan mereka.

Untuk itu, setiap aplikasi untuk chatting HARUS memiliki fitur end-to-end encryption agar seluruh pesan pengguna terenkripsi dan tidak dapat dilihat oleh siapapun. Dengan pesan yang terenkripsi, penyedia layanan aplikasi pun bahkan tidak dapat membaca chat kamu. Hanya kamu dan si penerima pesan yang dapat membacanya.

Untuk lebih memahami teknologi enkripsi, kamu bisa melihat infografi berikut:

pesan terenkripsi pada aplikasi chatting
Sumber: Chatmap.io

Namun setiap aplikasi menerapkan kebijakan privasi yang berbeda. Dan setiap aplikasi mengumpulkan data pengguna dalam jenis yang berbeda-beda pula. Dan hal itulah yang harus kamu perhatikan di setiap aplikasi yang kamu gunakan, tidak hanya pada aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan sejenisnya.

Fitur yang Harus Dipertimbangkan pada Aplikasi Chat

Saat memilih aplikasi perpesanan (messenger app) yang aman untuk komunikasi sehari-hari, berikut adalah fitur-fitur yang harus kamu pertimbangkan.

Fitur penting pada aplikasi chat yang aman:

  • End-to-End Encryption (E2). Pesan terenkripsi menjamin kerahasiaan pesan antara kamu dan penerima pesan.
  • Mode komunikasi beragam. Dengan multi-mode, kamu bisa berkomunikasi dalam bentuk teks, suara (voice), hingga panggilan video (video call).
  • Multi platform dan sinkronisasi. Fitur ini menjadi semakin penting, agar kamu bisa menggunakan aplikasi chat di HP, komputer, dan juga web browser, dengan akun yang sama.

Fitur tambahan:

  • Penghancuran pesan otomatis (Destructing Message). Dengan fitur auto-delete ini, pesan kamu akan terhapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.
  • Open source. Kode dan kemanan yang digunakan aplikasi bisa dilihat, diaudit, dan diuji oleh siapapun.

Aplikasi Chatting Paling Aman Saat Ini

Cukup banyak aplikasi chat yang aman dan menerapkan ned-to-end encryption pada platform aplikasi mereka. Di sini kami tidak perlu menyebutkan semuanya, hanya memilih beberapa yang terbaik yang layak kamu coba.

Kamu tentu tidak akan menggunakan lebih dari 2 atau 3 aplikasi chat untuk berkomunikasi, bukan?

Jika kerahasiaan sangat penting untuk komunikasi kamu, berikut ini adalah aplikasi chat paling aman saat ini untuk smartphone Android dan iOS, yang kami susun dengan membandingkan fitur dan jenis data pengguna apa saja yang mereka kumpulkan.

NOTE: Kami membandingkan data pengguna yang dikumpulkan oleh setiap aplikasi chat menggunakan data dari iOS app store, karena Android play store tidak mempublish data pengguna yang digunakan oleh aplikasi.

Berikut adalah aplikasi chat paling aman yang ada saat ini:

Signal Private Messenger

aplikasi chat aman rahasia
Aplikasi chat paling aman saat ini: SIGNAL

Pengguna Signal meningkat drastis secara instan saat ini. Dan hal tersebut terjadi karena jaminan keamanan pengguna yang mereka terapkan.

Signal Private Messenger telah menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling aman untuk pengguna Android dan iOS saat ini. Signal menggunakan enkripsi ujung-ke-ujung yang canggih untuk mengamankan semua pesan yang dibagikan dengan pengguna Signal lainnya.

Signal Private Messenger merupakan aplikasi gratis dan cukup mudah digunakan. Kenyataan bahwa Signal merupakan aplikasi open source merupakan keunggulan tersendiri dibanding aplikasi sejenisnya. Karena sifatnya open source, semua orang dapat dengan bebas memeriksa kode aplikasi untuk menemukan kekurangan dalam keamanannya.

Ada fitur lain seperti panggilan suara terenkripsi, obrolan grup, transfer media, fungsi arsip, dan semua ini tidak memerlukan kode PIN atau kredensial lainnya. Pesan juga dapat diatur ke agar terhapus otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Data pengguna yang dikumpulkan oleh aplikasi Signal

  • Informasi kontak
data pengguna aplikasi Signal
Data pengguna yang terhubung ke Signal

Data pengguna yang diakses oleh Signal hanyalah informasi kontak, yang mana data tersebut tidak terhubung langsung ke identitas pribadi pengguna.

Wire

aplikasi chat paling aman
WIRE aplikasi paling aman untuk kolaborasi tim atau perusahaan

Platform aplikasi chat yang aman selanjutnya adalah Wire. Aplikasi ini menerapkan enkripsi ujung-ke-ujung secara default pada platform mereka untuk melindungi pesan, gambar, dan file yang kamu gunakan dalam percakapan.

Hebatnya lagi, mereka menerapkan kunci enkripsi baru untuk setiap pesan. Jika sebuah kunci dapat di-dekripsi atau dibuka oleh orang lain, maka tidak terlalu berdampak negatif terhadap pesan selanjutnya yang menggunakan kunci enkripsi baru.

Wire juga sebuah aplikasi open source, sehingga setiap orang dapat memeriksa kode yang digunakan, atau bahkan meningkatkan kode tersebut di platform GitHub bersama-sama orang lain yang tertarik.

Wire cukup populer sebagai media untuk komunikasi dan kolaborasi di Eropa, dan termasuk aplikasi yang paling sering di-audit secara publik.

Data pengguna yang dikumpulkan oleh aplikasi Wire

  • Informasi kontak
  • Identitas pengguna
  • Penggunaan data
  • Diagnostik
data pengguna aplikasi Wire
Data pengguna yang terhubung ke WIRE

WIRE menggunakan data seperti kontak dan identitas untuk membantumu berkomunikasi. Selain itu, mereka juga menggunakan informasi ‘penggunaan data internet’ dan ‘diagnostik’ untuk keperluan statistik.

Telegram

aplikasi chat aman selain whatsapp
Telegram aplikasi chat aman populer selain Whatsapp

Telegram adalah aplikasi pesan terenkripsi yang cukup populer dan telah membuntuti WhatsApp selama beberapa tahun terakhir. Panggilan suara dan group chat-nya pun melibatkan end-to-end encryption. Telegram juga memiliki fitur self-destruct untuk menghapus pesan secara otomatis setelah jangka waktu yang ditetapkan.

Dengan Telegram, kamu dapat dengan mudah menyinkronkan pesan di berbagai perangkat sekaligus. Aplikasi ini juga bermanfaat untuk mengirim beberapa file seperti mengirim file media, video, dokumen jenis apa pun (.DOC, .MP3, .ZIP, dll.), atau menggunakan bot untuk tugas tertentu. Untuk group, Telegram dapat menampung hingga 200.000 member.

Saat ini telah banyak influencer atau perusahaan yang menggunakan fitur group Telegram untuk berkomunikasi dengan member/konsumen mereka.

Menurut saya, user interface (tampilan) Telegram adalah yang terbaik dibandingkan aplikasi chat lainnya. Modern dan kaya fitur, tetapi tampil dengan desain yang compact/minimalis.

Namun, metode enkripsi yang digunakan Telegram bukanlan open source, sehingga tidak dapat diaudit secara bebas oleh para ahli.

Data pengguna yang dikumpulkan oleh Telegram

  • Informasi kontak
  • Identitas pengguna
  • Daftar kontak
data pengguna aplikasi Telegram
Data pengguna yang terhubung dengan Telegram

Telegram mengumpulkan 3 jenis data pengguna, yakni info kontak, daftar kontak dan juga identitas pengguna, yang kesemuanya itu digunakan untuk kamu dalam berkomunikasi.

WhatsApp

aplikasi pesan yang aman
WhatsApp menggunakan protocol enkripsi aman untuk percakapan

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling populer di dunia dengan pengguna mencapai 1,5 milyar orang. Dan kamu mungkin sudah menggunakannya sejak lama.

WhatsApp termasuk yang pertama menerapkan end-to-end encryption super aman pada platformnya. Faktanya, WhatsApp menggunakan protokol enkripsi yang dikembangkan oleh Signal Foundation, alias metode enkripsi yang sama dengan yang digunakan oleh aplikasi Signal.

WhatsApp tidak menyimpan pesan dan komunikasi pengguna pada server mereka. Kamu bisa backup chat /percakapan WhatsApp di server cloud yang terhubung dengan akun Android dan iOS, namun kamu bisa menonaktifkan fitur backup tersebut jika kamu mengkhawatirkan keamanan penyimpananmu di cloud.

Namun sejak WhatsApp diambil alih oleh Facebook, mereka mengumpulkan lebih banyak data pengguna dibandingkan aplikasi chat lainnya. WhatsApp tidak menyimpan pesan kamu, melainkan data pengguna seperti lokasi, alamat email, minat, dan lain-lain yang akan digunakan untuk keperluan periklanan tertarget.

Data pengguna yang dikumpulkan oleh WhatsApp

  • Informasi kontak
  • Daftar kontak
  • Identitas pengguna
  • Lokasi
  • Pembelian
  • Informasi finansial
  • Konten pengguna
  • Penggunaan data
  • Diagnostik
data pengguna aplikasi Whatsapp
Data pengguna yang terhubung dengan WhatsApp

Setelah update terbaru, itulah data pengguna yang terhubung dengan WhatsApp. Data seperti lokasi, pembelian (hanya pembelian yang kamu lakukan via WhatsApp), info finansial, dan konten user, digunakan untuk keperluan mereka, misalnya menampilkan iklan dan peningkatan fitur berdasarkan profil pengguna. Namun, untuk urusan chatting, WhatsApp tetaplah aman untuk kamu gunakan.

Ada apa dengan WhatsApp?

Akhir-akhir ini semakin banyak pengguna WhatsApp yang memutuskan pindah ke aplikasi lain setelah pihak WhatsApp memperbarui kebijakan privasi aplikasinya. Di perubahan tersebut, WhatsApp mengumpulkan semakin banyak jenis data pengguna, walaupun mereka telah meng-klarifikasi jika mereka tetap melakukan enkripsi pada chat/pesan yang dikirim dan diterima di platform WhatsApp.

Untuk berkomunikasi, WhatsApp adalah media yang aman dengan pesan yang terenkripsi. Jadi kamu tidak perlu meninggalkan WhatsApp jika kamu cukup puas dengan data yang dikumpulkan oleh WhatsApp saat ini.

Namun tetap saja, WhatsApp telah kehilangan jutaan pengguna karena perubahan kebijakan tersebut. Bahkan banyak kampanye yang mengajak pengguna untuk berbondong-bondong pindah ke Telegram dan Signal.

LINE

aplikasi chat teraman dan rahasia
LINE, aplikasi chat aman yang dilengkapi banyak fitur komunitas.

Line juga termasuk aplikasi perpesanan yang cukup populer di Indonesia. Aplikasi ini juga sudah lama menerapkan layanan komunikasi pesan terenkripsi dan bisa diakses di platform smartphone dan PC.

Aplikasi chat ini pertama dikembangkan oleh sekelompok engineer dari Jepang sebagai alternatif media komunikasi setelah gempa bumi besar yang menghancurkan area Tohoku pada tahun 2011. Infrastruktur telekomunikasi yang rusak di seluruh negeri melumpuhkan komunikasi seluler, dan solusinya adalah dengan berkomunikasi melalui internet.

Sesaat setelah aplikasi ini dibangun, LINE menambahkan mode end-to-end encryption untuk meningkatkan privasi dan kemananan penggunanya melalui fitur “Letter Sealing”. Namun fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu agar dapat digunakan.

Saat ini, aplikasi LINE telah berkembang pesat, bukan hanya sekedar aplikasi untuk chat dan percakapan. LINE telah dilengkapi dengan fitur-fitur komunitas, berbagi video, hingga berita.

Data pengguna yang dikumpulkan oleh LINE

  • Identitas pengguna
  • Informasi kontak
  • Daftar kontak
  • Konten pengguna
  • Browsing history
  • History pencarian
  • Penggunaan data
  • Diagnostik
data pengguna aplikasi LINE
Data pengguna yang terhubung dengan LINE

Di daftar ini, LINE adalah aplikasi chat yang paling banyak mengumpulkan data pengguna. Selain data yang dikumpulkan oleh WhatsApp, LINE juga menggunakan data browsing history dan search history. Tapi mengingat fitur melimpah yang mereka tawarkan, tidak mengherankan jika mereka membutuhkan data lebih banyak guna meningkatkan kualitas layanan mereka terhadap pengguna.

# Special mention: iMessage

iMessage adalah aplikasi perpesanan dan chat bawaan iOS. Pengguna iPhone / iPad seharusnya tidak perlu mencari alternatif aplikasi chat untuk smartphone mereka. Namun secara fitur, iMessage memang kalah dibandingkan aplikasi chat lainnya yang juga menawarkan panggilan suara, video call, dan berbagi file.

[Bagi sesama pengguna iOS (iPhone/iPad), pesan yang kamu kirim via iMessage akan menggunakan internet, tanpa menyedot pulsa, alias gratis. Namun jika kamu mengirim pesan ke non-pengguna iPhone, maka kamu dikenakan tarif pulsa SMS dari operator jaringan yang kamu gunakan.]

Sejak awal, iMessage selalu yang terdepan menawarkan enkripsi end-to-end antara penggunanya. Kamu bahkan bisa mengontrol seberapa lama pesanmu bertahan hingga akhirnya terhapus otomatis.

Sama seperti WhatsApp, salah satu kekurangan iMessage adalah opsi backup pesan otomatis ke iCloud, sehingga jika akun iCloudmu dibajak, maka mereka dapat melihat chat dan file yang kamu cadangkan ke iCloud. Namun masalah ini gampang diatasi: jangan backup pesan/chat kamu ke iCloud. Kamu bisa mengubah opsi ini di pengaturan iPhone / iPad yang kamu gunakan.

Apa aplikasi pesan / chat paling aman?

Saat ini, Signal ada di urutan teratas dalam aplikasi pesan/chat paling aman, dengan fitur pesan terenkripsi dan tidak adanya data pengguna yang mereka kumpulkan. Selain itu, sifatnya yang independen dan open source menjadikan aplikasi ini sangat transparan dan bisa diuji keamanannya oleh siapapun.

Signal tidak mengumpulkan data pengguna dan menampilkan iklan untuk menghidupi perusahaan mereka. Dikelola oleh organisasi non-profit, Signal Foundation, Signal tumbuh dan berkembang berkat donasi dan komunitas penggunanya. Setidaknya hingga saat ini.

Misi perusahaan mereka adalah untuk mengembangkan teknologi privasi open-source yang dapat melindungi kebebasan berekspresi dan terbentuknya komunikasi global yang aman.

Apakah WhatsApp tidak aman?

Untuk percakapan, WhatsApp sangat aman digunakan. Sebagai aplikasi perpesanan atau chatting, WhatsApp menggunakan protokol enkripsi super-kuat yang dikembangkan oleh Signal Foundation (pengembang aplikasi Signal).

Kesimpulan

Pada dasarnya, sebagai aplikasi untuk komunikasi dan bertukar pesan (chat), saat ini mayoritas aplikasi tersebut menawarkan metode enkripsi yang super aman. Dengan begitu, ketika data penyedia aplikasi diretas, percakapan kamu tetap tidak bisa dibaca oleh hackers. Mereka bahkan tidak menyimpan percakapan pengguna pada server mereka.

Namun begitu, setiap aplikasi mengumpulkan dan menggunakan data pengguna untuk beberapa keperluan, seperti meningkatkan fitur dan kegunaan aplikasi, mengumpulkan statistik penggunaan aplikasi, hingga untuk keperluan komersi seperti menayangkan iklan tertarget kepada pengguna.

Kamu harus menentukan sendiri, data pribadi apa saja yang menurutmu bisa mereka ambil. Jika kamu bersedia, lanjutkan. Jika kamu tidak suka dengan kebijakan data pengguna yang mereka terapkan, hapus aplikasi tersebut.

Pada akhirnya, kamu juga harus membandingkan fitur-fitur dan kegunaan yang ditawarkan sebuah aplikasi. Aplikasi yang kamu gunakan harus memudahkan keperluanmu sehari-hari, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dan untuk keperluan chat dan bertukar pesan dengan teman, keluarga, dan juga teman kantor, lima aplikasi pesan di atas 100% aman untuk digunakan sehari-hari.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER