Aplikasi Lucky Patcher Berbahaya, Benarkah?

Saat ini, kamu dapat menemukan berbagai aplikasi di Google Play Store untuk membantu mendukung berbagai kegiatanmu. Namun apa jadinya jika aplikasi tersebut di-banned oleh Google dan tidak bisa diakses lagi secara resmi di Play Store? Itulah yang terjadi pada aplikasi Lucky Patcher.

Lucky patcher disebut menjadi salah satu aplikasi yang diblokir permanen oleh Google karena tidak lolos berbagai seleksi keamanan dan terindikasi memiliki kegiatan yang ilegal di belakangnya. Hal ini tentu akan mengancam kenyamanan pengguna yang hendak menggunakan aplikasinya.

Namun apa sebenarnya Lucky Patcher itu dan kenapa disebut sebagai salah satu aplikasi yang terindikasi berbahaya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Aplikasi Lucky Patcher

Disadur dari website resminya, Lucky Patcher adalah sebuah aplikasi gratis yang memiliki fungsi untuk melakukan modifikasi (mod) pada aplikasi lain dan juga game, menghapus aplikasi bawaan dan juga blokir iklan.

Selain itu, aplikasi Lucky Patcher juga berfungsi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD hingga menghapus verifikasi lisensi dari aplikasi dan game berbayar serta masih banyak lagi yang lainnya.

Namun sayangnya, aplikasi ini sudah tidak bisa kamu temukan di Google Play Store. Sebagai gantinya, Lucky Patcher tetap dapat diunduh dengan mudah pada website resminya.

Akan tetapi dalam sebuah smartphone, melakukan download aplikasi diluar dari yang tersedia secara resmi di Play Store sangat rentan untuk terkena virus berbahaya yang merugikan, bahkan bisa merusak perangkatmu.

Cara Kerja dan Kegunaan Aplikasi Lucky Patcher

cara kerja aplikasi lucky patcher
(source: uptodown blog)

Saat masih eksis di Google Play Store, aplikasi Lucky Patcher ramai di kalangan para gamers khususnya Mobile Legends hingga Free Fife (FF). Pasalnya, Lucky Patcher banyak digunakan sebagai media untuk melakukan Cheat pada game dan aplikasi mobile lainnya.

Hal ini tentu tidak bisa terlepas dari salah satu fungsi utama Lucky Patcher yaitu untuk memodifikasi data aplikasi baik online maupun offline.

Lucky Patcher bekerja dengan cara menambahkan sebuah patch baru ke dalam data aplikasi yang pengguna miliki. Bahkan banyak sumber yang menyebutkan bahwa aplikasi ini bekerja dengan cara membobol sebuah sistem baik itu game ataupun aplikasi lainnya (cheat) dengan sangat mudah.

Patch yang disisipkan ini sudah termasuk dengan modifikasi value yang ada di dalam aplikasi tersebut. Hal ini tentu akan menjadi indikasi kegiatan ilegal terutama dalam ekosistem game yang menjunjung tinggi sportivitas.

Indikasi Kegiatan Ilegal Lucky Patcher

Dilansir dari beberapa sumber, sebelum dihapus dari play store ternyata aplikasi ini telah memiliki banyak pengguna. Namun satu-satunya info yang menyebutkan jika aplikasi lucky patcher berbahaya hanyalah Google Play Protect.

Setelah dihapus dari Play Store, Lucky Patcher menyarankan untuk mendownload aplikasinya langsung di website resminya. Tujuannya agar dapat meminimalisir terjadinya kerugian dari pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

Akan tetapi tetap saja, aplikasi ini memiliki fungsi utama seperti patching aplikasi, memodifikasi dan memanipulasi apk, menghapus iklan hingga menghilangkan fitur prabayar dalam sebuah aplikasi. Lalu untuk bisa menjalankan fungsi ini dengan maksimal, maka Lucky Patcher membutuhkan akses root.

Hal inilah yang jelas sekali fungsi dan cara kerjanya yang dilakukan oleh aplikasi  Lucky Patcher masuk ke dalam indikasi kegiatan yang ilegal sehingga tidak pernah lagi muncul di Play Store.

Bahaya Penggunaan Aplikasi Lucky Patcher

Bagi banyak game besar seperti Mobile Legends dengan sistem keamanan dan anti fraud yang kuat, penggunaan aplikasi Lucky Patcher akan sangat mudah terdeteksi di dalam sistem karena adanya perubahan data yang dilakukan.

Tentu hal ini dinilai banyak pihak akan sangat berbahaya bagi keamanan data pengguna karena menggunakan cara ilegal untuk menyusup ke dalam sebuah aplikasi.

Beberapa bahaya dari penggunaan aplikasi Lucky Patcher yang sudah diperingatkan oleh Google ini antara lain adalah:

1. Ancaman Phising

Salah satu bahaya dari penggunaan Lucky Patcher yang dikhawatirkan oleh banyak orang adalah ancaman terjadinya phising. Sebab, aplikasi ini dapat melakukan hack dan menyusup ke dalam sistem aplikasi lain.

Phising sendiri merupakan sebuah tindakan kejahatan berupa pengelabuan dengan tujuan agar bisa mendapatkan data pribadi, data akun serta data finansial pengguna tanpa disadari.

Bahkan bisa saja aplikasi Lucky Patcher menyisipkan sebuah virus atau malware sehingga dapat membaca seluruh data pada smartphone penggunanya dan mengambil alih kepemilikan akun tersebut detik itu juga.

2. Akun di-Banned pada Beberapa Aplikasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi Lucky Patcher banyak digunakan untuk melakukan cheat pada berbagai game online seperti Mobile Legend.

Namun, Mobile Legend sendiri mulai meningkatkan sistem keamanannya sejak tahun 2020  sehingga dapat mendeteksi adanya kegiatan ilegal saat menggunakan aplikasi tersebut terlebih untuk berbuat curang.

Sebagai konsekuensi yang harus ditanggung, apabila pengguna terdeteksi menggunakan Lucky Patcher oleh Mobile Legend, maka mereka akan langsung melakukan banned account hingga banned permanent.

Jadi kamu tidak akan bisa lagi menggunakan akun lamamu untuk bermain sama sekali. Sebab tindakan kecurangan dan sejenisnya merupakan hal yang tidak dapat ditolerir oleh pengguna.

Bahkan tidak hanya itu saja, aplikasi Mobile Legends juga dapat melakukan konsekuensi berupa banned device.

Hal ini tentu akan membuat para penggunanya tidak akan bisa lagi mengakses Mobile Legend meskipun sudah membuat akun baru.

3. Di-Banned Google

Bahaya lainnya dalam menggunakan Lucky Patcher yaitu adalah ancaman akun google milik pengguna yang dapat dibanned sepenuhnya oleh google.

Bahkan kasus terburuknya, selain di-banned, kamu juga bisa dikenakan denda untuk penertiban. Sebab aplikasi ini sudah terindikasi kuat menggunakan program ilegal karena dapat mengubah data di dalam game sehingga dapat merugikan banyak pihak yang perlu kamu tanggung.

Itulah penjelasan informasi lengkap untuk menjawab pertanyaan apakah aplikasi Lucky Patcher berbahaya untuk digunakan?

Walaupun sudah dibantah oleh pihak developer aplikasi ini mengenai adanya malware bawaan, tetap saja Google menghapusnya dari Play Store tentunya bukan tanpa alasan. Oleh sebab itulah alangkah lebih baiknya untuk menghindari penggunaan aplikasi Lucky Patcher sehingga keamanan data tetap terjaga.

Shopee Birthday Sale shopee birthday sale
Khansa Zhafira

Khansa Zhafira

Seorang perempuan yang menghabiskan lebih dari separuh harinya hanya untuk menulis. Memiliki passion dalam bidang teknologi serta game dan sedang berusaha mendalaminya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
2