3 Cara Mudah Cek Nomor IMEI Semua HP

IMEI, singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity, adalah nomor identifikasi unik untuk setiap perangkat smartphone. Seperti halnya sidik jari, tidak ada dua perangkat HP / ponsel yang memiliki nomor IMEI yang sama.

Nomor IMEI dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communication Association (GSMA) untuk setiap slot kartu SIM yang dimiliki oleh setiap perangkat. Sebelum dipasarkan di Indonesia, semua nomor IMEI harus didaftarkan ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

Nomor unik ini diberikan pada setiap ponsel baru, dan di-asosiasikan dengan slot kartu SIM. So, jika kamu menggunakan smartphone yang memiliki dua slot kartu SIM, maka HP kamu akan memiliki dua nomor IMEI.

Di artikel ini, kami akan membagikan cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor IMEI di semua jenis HP, merek apapun, baik lama maupun baru.

Cara Cek IMEI

Di bawah ini, arenadigital.id akan memberikan beberapa cara mudah untuk mengecek IMEI di semua ponsel Android & iOS.

1

Melalui *#06#

Untuk mengetahui IMEI HP yang kamu gunakan, metode ini adalah yang paling mudah, dan berlaku untuk semua jenis dan merek smartphone. Caranya:

  1. Buka menu dial atau panggilan di smartphone
  2. Tekan *#06#
  3. Setelah itu, informasi IMEI akan tampil di layar.
2

Melalui Menu Pengaturan

Nomor IMEI juga bisa kamu temukan di menu pengaturan HP kamu.

Untuk pengguna Android, menu IMEI dapat dilihat di Settings > About Phone > Status > IMEI Information.

menu about android cek imei
Cek imei di ponsel Android

Untuk pengguna iPhone (iOS), nomor IMEI dapat dicek melalui Settings > General > About > IMEI.

menu cek imei iphone
Cek IMEI di iPhone
3

Informasi IMEI di Kotak Penjualan HP

Nomor IMEI juga bisa kamu temukan tercetak di kotak penjualan smartphone. Informasi IMEI biasanya terdapat pada cetakan stiker bersamaan dengan informasi Serial Number perangkat tersebut.

nomor IMEI di kemasan kotak ponsel
Informasi IMEI di kotak / kemasan produk. [Photo: smex.org]

Namun tidak semua vendor menampilkan informasi IMEI di kotak kemasan penjualannya. Jika tidak ada pada kotak, nomor IMEI biasanya disertakan pada sticker di dalam kotak ponsel.

Nomor IMEI juga bisa kamu temukan pada bagian baterai ponsel. Namun cara ini sudah tidak relevan lagi saat ini, karena hampir semua smartphone modern sudah menggunakan baterai tanam (non-removeable battery).

Apakah IMEI Ponselmu Terdaftar di Kemenperin?

Seperti disebutkan di atas, semua ponsel dan smartphone yang beredar di Indonesia harus terdaftar di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Jika IMEI ponsel kamu tidak terdaftar, besar kemungkinan ponsel tersebut dipasarkan secara ilegal, alias BM (black market).

Untuk mengetahui apakah IMEI ponsel kamu terdaftar di Kemenperin, kamu bisa cek di sini.

cek status IMEI ponsel di kementerian perindustrian RI
Cek status IMEI ponsel di Kementerian Perindustrian RI.

Masukkan nomor IMEI ponsel kamu di kolom yang disediakan, lalu klik tombol cari. Setelah itu akan tampil status IMEI perangkatmu, apakah sudah terdaftar atau belum di database pemerintah Republik Indonesia.

Topik:

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER