Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Update otomatis Windows 10 seringkali mengganggu aktivitas kita di komputer. Ketahui cara mematikan Windows Update otomatis dan melakukan update secara manual.
cara mematikan update otomatis windows

Di Windows 10, salah satu fitur yang cukup kontroversial adalah Windows Automatic Updates (Update Otomatis Windows). Windows biasanya akan merilis update secara massal dengan jumlah file yang besar. Hal ini bisa sangat mengganggu bagi pengguna Windows karena mereka harus merestart komputer pada saat yang tidak diinginkan.

Umumnya, proses update Windows akan menggunakan koneksi internet untuk men-download file update dan membutuhkan satu (atau lebih) restart komputer. Tentu kamu tidak menginginkan hal ini terjadi saat kamu sedang melakukan sebuah pekerjaan di komputer, atau ketika sedang streaming video di YouTube.

Kita tidak terlalu membutuhkan update Windows 10 secara OTOMATIS, karena kita bisa melakukannya kapan saja ketika kita sedang tidak melakukan hal penting di komputer. Kamu bisa mengecek update Windows secara berkala, misalnya setiap 2 minggu atau 1 bulan, dan memilih waktu yang tepat untuk melakukan update Windows secara manual.

Untungnya, kita dapat melakukan beberapa pengaturan pada Windows Update untuk menunda atau bahkan menonaktifkan proses update otomatis Windows secara permanen.

Cara Mematikan Windows Automatic Update melalui Settings

Jika kamu hanya ingin menunda proses update pada Windows 10, maka kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui Windows Update settings. Dengan opsi ini, kamu bisa menunda proses update hingga 35 hari.

Untuk mematikan Windows Update secara sementara, ikuti langkah berikut:

1. Klik Start lalu pilih Settings.

2. Pilih Update & Security.

cara matikan windows update

3. Pilih Windows Update.

4. Klik tombol Advanced options.

windows update setting

5. Pada bagian Pause Updates, pilih waktu kapan fitur update otomatis Windows kembali aktif.

cara menunda windows update

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, maka proses update Windows 10 tidak akan dilakukan hingga tanggal yang telah kamu tentukan.

Cara mematikan Windows Automatic Update melalui Group Policy

Jika kamu menggunakan Windows 10 Pro, makan kamu bisa menggunakan Local Group Policy Editor untuk menonaktifkan update otomatis Windows secara permanen.

Untuk mematikan Windows Automatic Update secara permanen:

1. Klik Start.

2. Ketik gpedit.msc lalu pilih hasil pencarian teratas untuk membuka Group Policy Editor.

cara mematikan windows update

3. Pada panel navigasi sebelah kiri, pilih: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.

4. Pada panel kanan, temukan dan klik dua kali pada Configure Automatic Updates.

cara mengatur windows update

5. Pilih Disabled.

disabled automatic updates

6. Klik tombol Apply.

7. Klik tombol OK.

Setelah menyelesaikan langkah di atas, Windows 10 tidak lagi melakukan update otomatis di komputermu.

Cara menjalankan Windows Update secara manual

cara mematikan windows update
Update Windows 10 secara manual

Setelah menonaktifkan update otomatis Windows 10, kamu tentu ingin melakukan update secara berkala agar tidak tertinggal dengan fitur-fitur terbaru dari Windows, serta berbagai security updates yang dirilis Windows agar sistem Windows 10 kamu tetap aman.

Untuk melakukan update Windows 10 secara manual, caranya adalah:

  1. Klik Start.
  2. Pilih Settings.
  3. Pilih Update & Security.
  4. Pilih Windows Update.
  5. Lalu klik tombol Check for updates.

Setelah itu Windows akan mengecek apakah ada update atau pembaharuan yang bisa kamu lakukan.


Perlu digarisbawahi bahwa Windows Update merupakan hal yang sangat penting untuk keamanan sistem operasi Windows di komputer. Selain fitur dan perbaikan bug, Windows Update juga berisi berbagai pembaruan keamanan sistem.

Namun dengan menonaktifkan automatic update, kamu bisa menjalankan Windows Update di waktu yang tepat sesuai yang kamu inginkan, tanpa mengganggu aktivitas yang sedang kamu lakukan di komputer.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER