4 Cara Membuka Mode Incognito di Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang memiliki banyak fitur, salah satunya adalah mode Incognito atau safe mode. Dengan Incognito, aktivitas browsing menjadi lebih aman dan terjaga privasinya.

Mode Incognito adalah mode aman (safe mode) yang tidak akan menyimpan history website yang kamu kunjungi, cookies, dan data website.

Selain itu, mode Incognito juga menjadikan browser Google Chrome berjalan tanpa extension dan plugin dari pihak ketiga (kecuali kamu mengaktifkannya di pengaturan), membuatnya jadi lebih cepat dan tanpa modifikasi.

Sebagai browser terpopuler di muka bumi, Google Chrome memiliki ribuan ekstensi atau plugin yang bisa kamu gunakan untuk memperkaya fungsi dan fitur Chrome. Namun menggunakan terlalu banyak extension bisa menyebabkan browser Chrome kamu menjadi lambat, berpotensi konflik dengan ekstensi lain, atau bahkan menyebabkan beberapa webiste yang kamu akses menjadi error.

Untuk itu, mode Incognito pada Google Chrome sangat berguna untuk mengidentifikasi masalah (troubleshoot) atau sekedar membuat aktivitas browsing menjadi lebih cepat. Khususnya jika kamu tidak ingin menghapus extension yang sedang terpasang di Chrome mode normal.

Setelah mengetahui semua fungsi dan kegunaan dari mode Incognito Chrome, berikut adalah berbagai cara untuk membuka dan mengaktifkan mode Incognito (safe mode) di browser Google Chrome.

Cara mengaktifkan Incognito di Google Chrome

Cara pertama untuk membuka mode Incognito di browser Chrome bisa kamu lakukan melalui pengaturan browser. Caranya adalah:

  • Buka browser Google Chrome.
  • Klik ikon menu tiga titik di pojok kanan atas.
  • Pilih New Incognito Window.
    • Pilih Jendela Samaran Baru jika browsermu menggunakan bahasa Indonesia.
membuka incognito mode chrome 4 Cara Membuka Mode Incognito di Google Chrome

Setelah itu, jendela browser Incognito akan terbuka, dimana kamu bisa browsing internet dengan aman dan juga tanpa ekstensi pihak ketiga.

Cara membuka Chrome Incognito menggunakan tombol shortcut

Kamu juga bisa membukan mode privasi aman atau Incognito menggunakan shortcut Google Chrome, yaitu dengan menekan tombol keyboard Ctrl + Shift + N secara bersamaan.

Setelah itu, jendela Incognito mode akan terbuka seketika seperti halnya metode pertama.

Cara membuka mode Incognito melalui Chrome Action

Selain menggunakan shortcut, cara selanjutnya untuk membuka Incognito secara cepat adalah dengan menggunakan fitur Chrome Action.

Caranya, ketik Incognito di kolom address bar Google Chrome lalu pilih Open Incognito window.

chrome action incognito mode 4 Cara Membuka Mode Incognito di Google Chrome

Seperti sebelumnya, jendela mode Incognito langsung terbuka dan siap kamu gunakan.

Cara agar Chrome selalu terbuka dalam mode Incognito

Ketiga metode sebelumnya di atas mengharuskan kamu membuka browser Chrome dalam mode normal terlebih dahulu sebelum membuka mode Incognito.

Bagaimana cara agar Google Chrome langsung terbuka dalam mode Incognito? Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut ini:

chrome selalu terbuka dalam incognito 4 Cara Membuka Mode Incognito di Google Chrome
  • Klik kanan ikon shortcut Google Chrome di layar desktop.
  • Pilih Properties.
  • Pilih tab Shortcut, lalu klik pada kolom Target.
    — Kolom Target seharusnya berisi teks ini: "C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe"
  • Letakkan kursor di akhir teks, tambahkan spasi lalu ketik -incognito.
    — Hasil akhirnya, kolom Target akan berisi teks ini: "C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe" -incognito
  • Klik Apply lalu OK.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, setiap kali kamu membuka Google Chrome melalui ikon shortcut tadi, Chrome langsung terbuka pada mode Incognito. Jika kamu ingin membalikkan langkah di atas, cukup hapus teks -incognito pada kolom Shortcut > Target lalu klik OK.

Itulah 4 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuka dan mengaktifkan mode Incognito di browser Google Chrome.

Koleksi Handphone Favorit Diskon s/d 50% | 8-14 Ags arenadigital.id promo
Fadil

Fadil

Founder Arenadigital.id, tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain mengelola beberapa website, ia juga habiskan waktu dengan Netflix dan travelling.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech secara umum. Hubungi kami melalui [email protected]

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0