Cara Mempercepat Booting Windows 10 Menggunakan Fast Startup

Windows 10 memiliki fitur bernama ‘Fast Startup’ yang bisa kamu aktifkan untuk mempersingkat waktu start Windows 10 di komputer / laptop.

Ini bukanlah sesuatu yang baru di Windows, karena fitur ini sudah ada sejak edisi Windows 8. Fitur fast startup bekerja dengan cara menggabungkan mode Hibernate dan proses Shut down untuk menghasilkan boot Windows yang lebih cepat.

Di tutorial Windows 10 kali ini, Arenadigital.id akan menjabarkan bagaimana cara mengaktifkan atau menonaktifkan fast startup di komputer Windows.

Apa itu fast startup di Windows 10?

Seperti namanya, Fast startup adalah fitur atau mode yang berfungsi untuk mempercepat waktu start atau booting Windows pada komputer.

Jika kamu terbiasa atau pernah menggunakan mode Hibernate pada Windows, maka prosesnya hampir mirip. Hampir, karena terdapat sebuah perbedaan mendasar antara keduanya.

Ketika kamu mengaktifkan Hibernate, Windows 10 akan menyimpan data yang aktif di memory RAM ke harddisk melalui sebuah file “hiberfil.sys”. So, ketika kamu menyalakan kembali komputer dari mode Hibernate, maka Windows akan menampilkan sesi terakhir yang sedang aktif dengan cepat.

Rekomendasi: Hibernate pada Windows 10 dan cara mengaktifkannya.

Fast startup juga bekerja dengan cara yang sama, hanya saja mode ini akan menyimpan sesi komputer dalam keadaan ‘log out’ sehingga menyimpan lebih sedikit data dan akan start lebih cepat.

Fast startup bekerja saat komputer start / nyala kembali setelah dimatikan (Shut down). Karena tidak menyimpan sesi apapun seperti Hibernate, maka fast startup menggunakan lebih sedikit energi dan resource komputer, sehingga proses boot berjalan lebih cepat dibandingkan Hibernate.

Cara mengaktifkan fast startup di Windows 10

Untuk mengaktifkan Fast startup Windows 10, cara adalah sebagai berikut:

1. Buka Settings.

2. Pilih Power & sleep.

3. Klik Additional power settings.

fast startup mempercepat waktu start windows 10

4. Klik Choose what the power buttons does pada panel menu sebelah kiri.

mempercepat booting windows 10 dengan fast startup

5. Pilih Change settings that are currently unavailable.

6. Di bagian Shutdown settings, centang opsi Turn on fast startup.

cara mengaktifkan fast startup windows 10

7. Klik tombol Save changes.

Selesai. Kini komputer Windows kamu akan boot / start lebih cepat daripada sebelumnya. Kamu bisa mencobanya dengan mematikan (shutdown) dan menyalakan kembali komputer.

TIP:
Menggunakan SSD akan mempercepat proses booting Windows 10, baik kamu mengaktifkan fitur fast startup ataupun tidak.

Cara menonaktifkan fast startup di Windows 10

Walaupun fitur ini sangat membantu dalam mempercepat waktu start Windows 10, ada kalanya kamu ingin menonaktifkannya kembali. Misalnya untuk menjalankan proses troubleshoot atau mengalami masalah dengan konfigurasi sistem komputer.

Namun jika kamu komputer atau laptop kamu termasuk keluaran terbaru, atau memiliki spek yang cukup modern, maka fast startup tidak akan menimbulkan masalah dan sebaiknya diaktifkan.

Untuk menonaktifkan mode fast startup, kamu cukup membalik proses di atas dan menghilangkan tanda centang pada opsi Turn on fast startup.

mamatikan fast startup windows 10

Selengkapnya, cara menonaktifkan fast startup Windows 10 adalah:

  1. Buka Settings.
  2. Kilk Power & sleep.
  3. Pilih Additional power settings.
  4. Klik Choose what the power buttons does pada panel menu sebelah kiri.
  5. Pilih Change settings that are currently unavailable.
  6. Di bagian Shutdown settings, hilangkan tanda centang pada opsi Turn on fast startup.
  7. Klik tombol Save changes.

Setelah kamu menonaktifkan fast startup, maka ketika kamu mematikan (shut down) komputer, proses booting akan lebih lambat saat kamu menyalakannya kembali.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER