Cara Memunculkan Keyboard di Layar Komputer Windows 10

Kita mungkin terbiasa menggunakan keyboard fisik, baik itu keyboard plug-in di komputer ataupun keyboard laptop. Namun bagaimana jika keyboard fisik tersebut rusak atau tidak dapat berfungsi secara normal?

Tidak perlu khawatir, karena Windows 10 telah menyediakan dua keyboard virtual yang bisa kamu gunakan, yaitu:

  1. Touch keyboard – keyboard virtual yang umumnya digunakan pada mode tablet atau komputer touchscreen.
  2. On-Screen Keyboard (OSK) – keyboard virtual ‘tradisional’, satu dari beberapa tool yang ada pada fitur Ease of Access Windows. Tool ini sudah ada sejak lama dan bisa kamu temukan juga pada Windows 7 dan 8.

Touch keyboard memiliki tampilan yang lebih sederhana, dan posisinya selalu berada di bawah. Terdapat tombol ‘X’ untuk menutup jendela Touch keyboard.

Sementara itu, On-screen keyboard memiliki tombol yang lebih banyak dan tampilannya lebih lebar. Namun kamu bisa mengatur posisi keyboard virtual ini dengan menggesernya ke berbagai arah. Jendela on-screen keyabord selalu berada di bagian paling atas, namun kamu bisa me-minimize jendela OSK.

Apapun jenis keyboard virtual yang kamu gunakan, kedianya bisa sangat berguna untuk banyak keperluan yang mungkin tidak kamu duga, misalnya saja pada keadaan darurat dimana keyboard fisik laptop kamu rusak tiba-tiba.

NOTE:
Pada komputer touchscreen, fitur ini mungkin tidak dibutuhkan, karena perangkat komputer touchscreen memiliki keyboard sentuh yang akan muncul otomatis ketika kamu menyentuh text area.

Dengan memunculkan keyboard pada layar komputer, maka kamu bisa menggunakan klik mouse untuk menekan tombol pada keyboard visual ini. Sebelum itu, letakkan kursor mouse kamu pada area ketik atau tempat dimana kamu ingin teks yang kamu ketik akan muncul.

Cara Menampilkan Keyboard di Windows 10

Untuk memunculkan keyboard di layar komputer Windows, kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa metode di bawah ini.

1

Menggunakan Touch Keyboard

Jika kamu ingin menampilkan keyboard di layar dengan cepat, kamu bisa menggunakan fitur Touch Keyabord yang ada pada Windows 10.

Untuk memunculkan touch keyboard Windows 10, klik kanan pada taskbar dan pastikan terdapat tanda centang pada opsi ‘Show touch keyboard button‘.

memunculkan keyboard di layar laptop komputer

Setelah itu, kamu akan menemukan ikon Touch keyboard pada taskbar bagian kanan. Klik atau tap ikon tersebut untuk memunculkan keyboard virtual pada layar.

cara menampilkan keyboard di layar Windows 10

Setelah keyboard muncul di layar, kamu bisa langsung menggunakan untuk menginput teks layaknya menggunakan keyboard fisik. Namun kamu harus menggunakan mouse (atau tap jika kamu menggunakan touchscreen) untuk mengetik tombol-tombol pada keyboard virtual ini.

tampilan touch keyboard windows
2

Melalui Menu Pengaturan (Settings)

cara menampilkan keyboard di layar

Cara pertama untuk membuka On-screen keyboard pada Windows adalah melalui menu Settings pada Windows. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik Start menu, lalu pilih Settings.
  2. Pilih Ease of Access.
  3. Pilih Keyboard pada panel menu sebelah kiri.
  4. Aktifkan opsi use the On-Scree Keyboard.
TIPS:
Gunakan shortcut Windows + U untuk membuka fitur Ease of Access dengan cepat.
3

Melalui Pencarian

Cara tercepat memunculkan on-screen keyboard
cara menampilkan on screen keyboard

Cara yang paling singkat dan mudah untuk memunculkan on-screen keyboard adalah dengan menggunakan fitur pencarian Windows, yang terletak di taskbar sebelah kiri bawah, di sebelah Start menu.

Cara cepat memunculkan on screen keyboard pada Windows:

  1. Klik kolom search atau pencarian Windows.
  2. Ketik ‘keyboard” atau ‘on-screen keyboard‘.
  3. Pada hasil pencarian teratas, pilih On-Screen Keyboard.
4

Melalui Windows Run

on screen keyboard di layar komputer

Cara lainnya untuk mengakses on screen keyboard adalah melalui fitur Windows Run. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membukan jendela Run.
  2. Ketik ‘osk‘ lalu klik OK atau tekan tombol Enter.

Bagaimana cara cepat memunculkan keyboard di layar laptop?

Untuk memunculkan keyboard dengan cepat, klik Start menu > ketik ‘keyboard‘ > pilih On-Screen Keyboard pada hasil pencarian teratas.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER