Cara Cek dan Update Android ke Versi Terbaru

Android merupakan sistem operasi (OS) mobile terpopuler saat ini, dan kamu mungkin sudah lama menggunakannya di smartphone yang kamu miliki. Dikembangkan oleh Google, Update Android selalu menghadirkan perbaikan dan pengembangan sistem untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna Android.

Sejalan dengan pembaharuan OS Android, para vendor smartphone juga akan memperbaharui sistem dan software pada perangkat mobile buatannya.

Namun, pembaharuan itu membutuhkan waktu sebelum sampai di ponsel penggunanya, karena mereka harus menyesuaikan fitur dan perubahan terbaru Android dengan software dan UI sistem bawaan masing-masing ponsel.

Itulah sebabnya update Android tidak bisa langsung kamu terapkan di ponsel kamu. Kamu harus menunggu update Android versi terbaru dari vendor smartphone yang kamu pakai saat ini.

Setiap vendor ponsel memiliki software UI masing-masing yang berjalan di atas OS Android. Ada Funtouch OS (Vivo), realme UI, MIUI, One UI (Samsung), dan lain sebagainya. Pembaruan pada OS Android mengharuskan para vendor melakukan berbagai penyesuaian terhadap sistem dan software produk mereka.

Setelah vendor smartphone selesai melakukan pembaruan pada sistem mereka, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan update Android pada ponsel mereka masing-masing.

Cara mengetahui versi Android yang kamu gunakan

Kamu bisa mengecek versi Android yang ada di HP kamu melalui Pengaturan (Settings), termasuk info security update dan level Google Play yang terpasang di ponselmu.

Cara mengecek versi Android yang kamu gunakan:

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan di HP kamu
  2. Gulir ke bawah, lalu pilih System > Advanced > System update.
  3. Lihat info “Android version” dan “Security patch level.”

Cara Update Android ke versi terbaru

Kamu juga akan mendapatkan notifikasi ketika ada update yang bisa kamu instal di perangkat yang kamu miliki. Kamu bisa lengsung membuka notifikasi tersebut dan melakkukan update Android ke versi terbaru yang tersedia untuk ponselmu.

Jika kamu melewatkan notifikasi update Android, kamu bisa melakukan Update Android secara manual di menu Settings.

Untuk update Android ke versi terbaru, caranya adalah:

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan di HP kamu
  2. Gulir ke bawah, lalu pilih System > Advanced > System update.
  3. Jika ada Update Android yang tersedia, buka notifikasinya dan ikuti instruksi yang tampil di layar.

Saat proses pembaruan OS Android berlangsung, ponselmu akan melakukan restart secara otomatis. Pastikan ponselmu memiliki daya baterai yang cukup sebelum melakukan update Android.

Setiap smartphone memiliki menu dan tampilan yang berbeda. Langkah-langkah update Android di atas mungkin berbeda di HP yang kamu gunakan, namun secara garis besar, caranya sama saja.

Setiap smartphone memiliki batasan upgrade versi Android yang berbeda-beda. Jika ponsel yang kamu gunakan telah mencapai batas maksimal versi Android, maka kamu tidak akan mendapatkan notifikasi updata Android dan tidak bisa melakukan upgrade ke versi terbaru.

Jika kamu mendapatkan notifikasi pembaharuan sistem dan versi Android, sangat disarankan untuk segera melakukan update. Setiap update OS selalu menghadirkan fitur terbaru, perbaikan bug, dan pembaruan keamanan yang penting untuk sistem operasi smartphone yang kamu gunakan.

Topik:

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER