Apa Itu Chromebook, Kelebihan dan Bedanya dengan Laptop Biasa

Penggunaan chromebook semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir, dan mereka mulai menemukan target pasar tersendiri di tengah dominasi laptop Windows dan MacBook.

Kamu mungkin tahu kalau chromebook menggunakan Chrome OS dan harganya jauh lebih murah dibandingkan laptop biasa. Namun, membandingkan chromebook dengan laptop dalam pengertian yang selama ini kita pahami dirasa kurang tepat, karena chromebook merupakan ‘spesies’ komputer baru dengan fungsi dan jenis penggunaan yang benar-benar berbeda.

Kali ini, Arenadigital.id akan membahas chromebook secara detail –apa itu chromebook, perbedaannya dengan laptop biasa, termasuk kelebihan dan kekurangan chromebook.

Apa itu Chromebook?

apa itu chromebook?

Chromebook adalah laptop yang berjalan dengan sistem operasi Chrome OS, dirancang untuk menjalankan tugas atau pekerjaan yang umumnya dilakukan menggunakan browser (Google Chrome).

Singkatnya, jika pekerjaan umumnya dilakukan melalui web browser maka chromebook dan Chrome OS mampu melakukannya. Namun untuk pekerjaan komputer lainnya yang cukup berat atau membutuhkan software tertentu, maka chromebook bukanlah pilihan yang tepat untuk keperluan tersebut.

Chrome OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google, sehingga sistem ini memiliki dukungan terbaik terhadap layanan milik Google lainnya seperti penyimpanan cloud, ekosistem Android, termasuk fitur dan sistem keamanan berlapis dari Google.

Penggunaan chromebook cukup populer di kalangan pelajar dan mahasiswa, atau untuk pekerjaan kantoran umum seperti browsing internet, mengirim email, streaming, dan lain-lain.

Dengan chromebook, pengguna tidak perlu menginstal software atau program seperti laptop umumnya. Chromebook juga memiliki banyak dukungan aplikasi, umumnya aplikasi web yang bisa kamu download di Chrome Web Store.

Saat ini chromebook juga sudah bisa menjalankan mayoritas aplikasi Android dan terhubung baik dengan Google Play Store. Hal ini membuat penggunaan chromebook semakin meluas, bukan sekedar menjalankan aplikasi berbasis web (web app).

Chromebook vs Laptop – Apa Perbedaannya?

beda chromebook dan laptop

Perbedaan utama antara chromebook dan laptop terletak pada sistem operasi yang digunakan. Chromebook menggunakan Chrome OS sebagai sistem operasinya, berbeda dengan laptop yang umumnya menggunakan Windows atau MacBook dengan sistem macOS dari Apple.

Dari segi hardware, chromebook dan laptop biasa tidaklah berbeda. Keduanya merupakan komputer portabel dengan desain dan dukungan hardware yang sama.

Hanya saja, dibandingkan laptop biasa, chromebook tidak membutuhkan memory dan kapasitas penyimpanan yang besar, karena Chrome OS umumnya bekerja menggunakan browser (Google Chrome).

Pengguna chromebook umumnya tidak membutuhkan penyimpanan yang besar, dan mayoritas menggunakan penyimpanan data online (cloud) seperti Google Drive dan layanan serupa lainnya. Jika memang diperlukan, terdapat banyak pilihan hardisk atau SSD eksternal yang bisa digunakan.

Chrome OS adalah sistem operasi yang ringan berbasis browser Google Chrome, sehingga chromebook tidak membutuhkan prosesor dan GPU tingkat tinggi seperti halnya laptop pada umumnya. Itulah mengapa harga chromebook jauh lebih murah dibandingkan laptop Windows dan MacBook.

Apa yang bisa kamu lakukan menggunakan browser di laptop atau komputer, juga bisa kamu lakukan menggunakan chromebook. Tetapi, untuk keperluan yang lebih berat seperti editing foto/video dan gaming, tentu saja chromebook tidak bisa menggantikan komputer atau laptop biasa.

Kamu tidak bisa menginstall Microsoft Office, Adobe Photoshop, ataupun software lainnya di Chrome OS. Namun hampir pasti kamu bisa menemukan aplikasi alternatif (dengan keterbatasan tertentu) seperti aplikasi Google Docs, Office 365 online, edit foto online, dan lain sebagainya.

Berikut adalah tabel perbandingan antara chromebook dan laptop Windows/macOS.

ChromebookLaptop
Sistem operasiChrome OSWindows atau macOS
Web browserGoogle ChromeSemua browser
AplikasiAplikasi web di Chrome Web Store
Aplikasi Android di Google Play Store
Semua program yang bisa diinstal di komputer
PenyimpananTidak besar, umumnya disimpan secara online/cloudButuh penyimpanan besar untuk menampung OS dan data lainnya
Perlindungan virusOtomatis dari GoogleMembutuhkan program antivirus
BateraiHemat energi bateraiTergantung pada spek baterai dan penggunaan laptop
Chromebook vs laptop Windows/macOS

Kelebihan dan Kekurangan Chromebook

kelebihan chromebook

Pertanyaannya adalah, kenapa memilih chromebook dibandingkan laptop biasa? Well, jika mayoritas penggunaan komputer dilakukan secara online melalui web browser, chromebook lebih baik dan lebih ringan. Kamu tidak membutuhkan puluhan aplikasi yang berjalan bersamaan di background –seperti antivirus, dan program lainnya– yang akan mengkonsumsi memori RAM dan memperlambat kinerja komputer seperti pada umumnya laptop biasa.

Chromebook sangat ideal untuk penggunaan tertentu, dan sangat terbatas untuk penggunaan lainnya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari chromebook dibandingkan laptop dan komputer biasa.

Kelebihan Chromebook

  • Ideal untuk pelajar dan pekerjaan kantor ringan. Chromebook merupakan pilihan sempurna untuk tugas dan pekerjaan ringan yang dilakukan di browser. Mulai dari browsing internet, pekerjaan administrasi seperti mengetik dan spreadsheet, meeting online, social media, dan banyak lainnya. Semakin banyak pula layanan yang menyediakan apliaksi versi web (online) seperti Office 365, Photoshop Express, Lightroom, dan banyak lainnya. Kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi Android untuk berbagai keperluan di chromebook.
  • Daya tahan baterai jauh lebih lama. Chrome OS sangat ringan dan tidak membutuhkan banyak resource seperti laptop Windows, sehingga penggunaan chromebook jauh lebih hemat energi.
  • Harga lebih murah. Harga chromebook biasanya jauh lebih murah dibandingkan laptop Windows dan MacBook. Dengan prosesor dan speisifikasi hardware yang sama, chromebook selalu lebih murah dibandingkan laptop. Itulah mengapa chromebook cukup populer di dunia pendidikan dan sekolah.

Kekurangan Chromebook

  • Penggunaan terbatas. Untuk penggunaan komputer yang lebih advance dan berat, chromebook bukanlah pilihan yang tepat. Terlebih lagi untuk professional di bidang kreatif seperti desainer grafis dan 3D. Seperti telah kami sebutkan di atas, kamu tidak bisa menginstal program atau software populer yang biasanya terpasang di Windows atau macOS pada laptop chromebook. Kamu juga membutuhkan dukungan kartu grafis yang cukup tinggi untuk keperluan multimedia yang berat. Ini membuat penggunaan dan fungsi chromebook sangat terbatas untuk professional.
  • Chromebook bukan untuk gaming. Chromebook tidak bisa digunakan untuk bermain game kelas berat seperti PC gaming. Walaupun begitu, kamu tetap bisa memainkan berbagai game ringan berbasis web ataupun game mobile berbasis Android di laptop chromebook.

Aplikasi Android di Chromebook

Di awal kemunculannya, aplikasi untuk chromebook hanya terbatas pada aplikasi yang tersedia di Chrome Web Store. Walaupun tersedia banyak aplikasi di sana, tentu saja tidak bisa mengalahkan banyaknya aplikasi Android di Google Play Store.

Untungnya, saat ini chromebook sudah bisa menjalankan berbagai aplikasi Android, termasuk berbagai aplikasi chatting, video call/telekonferensi, social media, editing foto/video, game, dan semua aplikasi mobile yang tersedia di Google Play Store.

Perlu diperhatikan, bahwa tidak semua aplikasi Android dioptimasi untuk Chrome OS. Tapi hampir semua aplikasi populer bisa dijalankan dengan sangat baik di chromebook.

Chromebook keluaran 2017 ke atas umumnya sudah mendukung aplikasi Android dan Google Play Store. Klik di sini untuk melihat daftar perangkat chromebook yang support Google Play Store.

Berapa Harga Chromebook?

pengertian chromebook dan harga laptop chromebook

Google bekerja sama dengan hampir semua vendor laptop untuk menghadirkan perangkat chromebook. Dengan begitu, kamu bisa menemukan laptop chromebook dari berbagai merek populer seperti Asus, Acer, Lenovo, HP, Samsung, dan juga Dell.

Harga chromebook juga terbilang jauh lebih murah dibandingkan laptop Windows dan MacBook. Kamu bahkan bisa mendapatkan chromebook dengan harga mulai dari 1 jutaan saja.

Harga laptop chromebook umumnya berkisar antara 1 jutaan – 5 jutaan rupiah. Kamu bisa melihat beragam pilihan chromebook terbaik dari berbagai merek dan spesifikasi di berbagai marketplace dalam negeri.

F.A.Q

Berikut adalah berbagai pertanyaan yang sering muncul mengenai chromebook.

Apakah Chromebook sama dengan laptop?

Dari segi bentuk, desain, dan juga hardware, Chromebook sama dengan laptop. Chromebook umumnya memiliki bentuk yang serupa dengan laptop lainnya, juga tersedia dalam desain 2-in-1 (flip).

Berapa harga Chromebook?

Harga laptop chromebook jauh lebih terjangkau dibandingkan laptop biasa. Harga chromebook berkisar antara 1 jutaan hingga 5 jutaan rupiah.

Chromebook menggunakan OS apa?

Laptop chromebook berjalan dengan sistem operasi Chrome OS, yang pada dasarnya bekerja menggunakan browser Google Chrome dengan dukungan aplikasi di Chrome Web Store dan Google Play Store (Android).

Bisakah menggunakan Microsoft Office di Chromebook?

Ya, kamu bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office yang bisa didownliad di Google Play Store. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Office online berbasis web.

Bisakah menginstal Microsoft Office dan Photoshop di Chromebook?

Kamu tidak bisa menginstal program/softwre Ms. Office, Photoshop, atau program lainnya di laptop chromebook. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan versi Office dan Photoshop online berbasis web ataupun versi Android di Google Play Store.

Topik:

Fadil

Fadil

Founder Arenadigital.id, tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain mengelola beberapa website, ia juga habiskan waktu dengan Netflix dan travelling.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0