WPA2

WPA2 adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Access 2, yaitu sebuah teknologi yang digunakan untuk mengamangan koneksi Wi-Fi. WPA2 merupakan generasi lanjutan dari WPA.

Umumnya perangkat Wi-Fi saat ini mendukung WPA dan WPA2.

WPA dan WPA2 bekerja dengan cara meng-eknripsi transfer data pada sebuah jaringan Wi-Fi. Keduanya juga membutuhkan password dengan panjang minimum 8 karakter.

Namun WPA dan WPA2 memiliki perbedaan dalam melakukan enkripsi data.

WPA menggunakan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) untuk melakukan enkripsi kunci secara dinamis antara access point dan klien dalam satu jaringan. Kunci yang selalu berubah secara dinamis memberikan otentikasi yang lebih aman dibandingkan teknologi enkripsi WEP yang sebelumnya umum digunakan.

WPA2 meningkatkan otentikasi Wi-Fi dengan CCMP, Chiper Block Chaining Message Authentication Code Protocol, yang membutuhkan sebuah kunci 128-bit.

WPA masing menggunakan metode enkripsi RC4 yang sama dengan WEP, standar yang dianggap lemah dalam dunia modern. WPA2 membutuhkan AES (advanced Encryption Standard) yang mana jauh lebih sulit untuk dipecahkan. Enkripsi AES mendukung 128, 192, dan 256-bit key.

Saat ini, mayoritas jaringan Wi-Fi menggunakan WPA2 secara default.

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0