7 Rekomendasi Extension Google Chrome untuk Tingkatkan Produktivitas Kamu

Chrome adalah browser atau peramban web yang paling banyak dipakai oleh pengguna komputer. Mengacu pada laporan Statista, per Agustus 2022 kemarin peramban web bikinan Google ini menang mutlak dari kompetitornya dengan pangsa pasar 67,19 persen.

Popularitasnya yang tak tertandingi ini disebabkan oleh kecepatannya yang andal tiap diminta memuat suatu situs web serta integrasi yang menyeluruh dengan sederet aplikasi buatan Google, di antaranya Gmail, Google Drive, atau Google Docs.

Kapabilitas Google Chrome juga diakui berkat adanya fitur Extension. Kamu bisa menyebutnya sebagai plugin, add-on, atau aplikasi perpanjangan untuk membuat Chrome kamu jadi lebih produktif, makin seru, dan tentunya meningkatkan fungsionalitas peramban web ini.

Tapi menemukan ekstensi yang tepat dan berguna menjadi hal yang merepotkan karena di luar sana ada begitu banyak Extension yang dijajakan pada pengguna. Baik itu buatan Google langsung atau hasil karya pihak ketiga. Menurut Truelist, sampai saat ini sudah ada sedikitnya 137.345 Extension Chrome.

Oleh sebab itulah Arena Digital hadir sebagai asisten digital kamu untuk merekomendasikan mana saja Extension Google Chrome yang sebaiknya kamu unduh dan pasang di komputer kamu untuk meningkatkan produktivitas dan memudahkan pekerjaan kamu saat menggunakan browser Chrome.

Grammarly

extensi google chrome terbaik

Grammarly adalah Extension Google Chrome yang wajib dipasang bagi kamu yang sering menulis dalam Bahasa Inggris. Khususnya teruntuk kamu yang rutin menulis email lamaran kerja untuk diserahkan pada perusahaan atau sedang menyusun skripsi dalam Bahasa Inggris boleh banget memasang Extension ini.

Ia secara otomatis akan menandai salah eja atau salah ketik pada tulisan kamu serta memberi rekomendasi perbaikan yang bisa kamu input dengan satu klik saja. Baik itu di Gmail, LinkedIn, Facebook, atau aplikasi apa pun yang kamu pakai. Dijamin tata bahasa Inggris kamu akan lebih bagus lagi dan terlihat profesional.

Grammarly tersedia dalam versi berbayar untuk fitur yang lebih menyeluruh, tapi ia juga hadir dalam versi gratisan di Chrome Web Store, yang menurut kami sudah cukup memadai untuk berbagai keperluan umum.

Loom

loom extension google crome

Sedang merintis bisnis tapi kerepotan mengelola arus kerja para pegawai kamu? Coba Extension bernama Loom ini. Loom adalah aplikasi untuk merekam atau menangkap layar komputer penggunanya. Fungsinya sederhana, tapi sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis atau rekan kerja yang sedang mengerjakan proyek kelompok.

Kamu dapat membagikan screenshot atau rekaman layar komputer kamu pada sesama pengguna. Sangat memudahkan alur kerja pengerjaan proyek atau mengawasi kerja para pegawai.

Kamu juga dapat menambahkan rekaman wajah kamu. Seperti streamer gaming, perbedaannya di sini kamu dapat menjelaskan hasil kerja kamu pada rekan dengan lebih jelas. Garansi produktivitas kerja tim makin naik, setuju?

Extension ini gratis, tapi fiturnya dibatasi. Untuk fitur yang lebih lengkap, kamu bisa pilih paket bisnis yang dikenakan biaya USD 8 (sekitar Rp 120 ribuan)/bulan. Sementara paket Enterprise dapat dibeli dengan harga khusus.

Evernote Web Clipper

evernote extensi google chrome terbaik

Dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 3 juta dan ulasan yang kebanyakan bernada positif, jelas bahwa Evernote Web Clipper merupakan salah satu Extension Google Chrome yang fungsional dan wajib kamu pasang di komputer kamu.

Dengan Extension ini, kamu dapat mencuplik lalu menyimpan tangkapan layar suatu laman web ke akun Evernote kamu. Mau mencupliknya dalam format satu layar singkat, seluruh laman sampai bawah, dan bahkan memberi sorotan (seperti stabilo) dan catatan pun semuanya sah-sah saja. Menariknya, iklan atau bilah yang mengganggu tak akan ikut tercuplik.

Evernote Web Clipper memang aplikasi yang seharusnya dimiliki oleh pengguna yang hobi membaca atau mencari gagasan dengan berselancar di dunia maya.

Momentum

rekomendasi extension google chrome momentum

Tidak semua Extension harus berkaitan langsung dengan produktivitas, ‘kan? Banyak pula Extension Google Chrome yang memungkinkan kamu untuk mengkostumisasi peramban web ini. Salah satu yang paling populer adalah Momentum.

Dengan Momentum, kamu dapat mengganti dashboard atau laman awal Google Chrome kamu dengan background menarik yang disertai kutipan inspiratif. Kamu juga dapat mencantumkan tugas atau target harian kamu di sini supaya tidak terdistraksi oleh kegiatan nonproduktif.

Momentum juga mempersilakan penggunanya untuk mengintegrasikan aplikasi mereka dengan aplikasi lain seperti Trello, Microsoft To Do, bahkan GitHub. Widget ekstra yang dapat memeriahkan layar Momentum kamu adalah jam dunia atau info cuaca terkini.

LastPass: Free Password Manager

latepass extension google chrome

Berapa banyak aplikasi atau situs web yang jadi tempat pendaftaran akun kamu? Apakah kamu menggunakan satu kata sandi yang sama persis untuk setiap akun tersebut? Hati-hati, itu sangat berisiko, lho. Solusi yang lebih aman dan lebih praktis adalah mengunduh LastPass.

LastPass secara otomatis membuatkan kamu kata sandi baru dengan angka atau alfabet yang acak. Kata sandi ini (sekaligus nama pengguna) akan disimpan di dalam ‘bunker’ pribadi kamu di LastPass. Jadi, kamu hanya perlu mengingat satu kata sandi LastPass saja untuk mengakses semua akun di seluruh aplikasi atau situs web tempat kamu terdaftar.

Tapi kamu juga dapat menggunakan kata sandi buatan sendiri dan fitur LastPass Security Dashboard akan mengulas serta memberi saran improvisasi kata sandi yang lebih aman. Informasi rahasia ini dapat kamu bagikan juga kepada teman atau keluarga kamu. Tapi untuk menikmati fitur ini, kamu harus membayar biaya berlangganan per bulannya.

Tab Suspender

tab suspender untuk google chrome

Sering membuka banyak Tab di Google Chrome dan merasa komputer kamu jadi makin lemot? Jika menutup Tab bukanlah solusi yang kamu cari, cobalah menginstal Extension Google Chrome bernama Tab Suspender ini.

Dengan Tab Suspender, Tab yang terbuka di Chrome kamu dapat dinonaktifkan untuk sementara waktu tanpa perlu menutupnya. Tujuannya jelas, untuk mengosongkan memori yang terpakai serta ‘mengangkat’ beban yang memperlambat komputer kamu. Tahu sendiri, ‘kan, betapa rakusnya Google Chrome dalam melahap memori RAM?

Dengan beban yang lebih enteng, maka baterai yang dikoknsumsi komputer kamu juga makin rendah. Kami sangat merekomendasikan pemasangan Extension ringan, tapi fungsional ini pada komputer atau laptop dengan RAM berkapasitas rendah.

Eesel

best chrome extension eesel

Mencari tautan dokumen hasil kerja dari berbagai platform (Google Docs, Notion, Figma, dsb.) akan sangat melelahkan terlebih jika jumlahnya sangat banyak. Belum lagi kalau harus mencari kata kunci spesifik di riwayat pencarian yang sudah sangat lama belum pernah lagi kamu bersihkan.

Nah, hadirlah Eesel yang akan mempermudah kamu menemukan tautan dokumen yang kamu cari. Eesel akan menyaring riwayat peramban web kamu dan hanya menampilkan tautan yang berisi dokumen saja.

Tautan yang kamu cari dapat dikumpulkan dan disimpan dalam folder khusus. Folder ini juga bisa dibagikan langsung kepada kolega kamu. Asyiknya lagi, kamu hanya perlu menginstal aplikasi ini tanpa repot membuat akun terlebih dulu.


Google Chrome adalah peramban web yang paling populer dan besar kemungkinan jadi favorit kamu juga. Kami merekomendasikan tujuh Extension Google Chrome di atas supaya peramban web andalan kamu ini jadi makin fungsional serta dapat meningkatkan produktivitas kamu.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0