3 Keunggulan Google Nest Cam dan Spesifikasi Lengkapnya

15/08/2021

Saat ini banyak perusahaan teknologi yang tidak hanya berfokus pada kecanggihan namun juga keamanan. Misalnya saja iPhone yang baru saja membuat teknologi pelacak predator pornografi pada anak. Sedangkan Google, justru menghadirkan sebuah produk keamanan rumah yang mereka namai Google Nest Cam.

Kamera keamanan dari Google ini bisa diletakan di semua jenis ruangan, baik indoor maupun outdoor. Ada dua jenis kamera keamanan yang diciptakan Google dengan nama yang hampir mirip.

Yang pertama mereka namakan Google Nest Cam Battery, yang memungkinkan kamu meletakannya baik di dalam maupun luar ruangan. Untuk kamera keamanan pertama ini dibanderol dengan harga $ 179,99 atau sekitar 2,6 juta rupiah.

Sementara yang kedua adalah Google Nest Cam Wired, kamera khusus di dalam ruangan dan terhubung dengan kabel, yang dijual dengan harga $ 99,9 atau sekitar 1,4 juta rupiah.

Kamu bisa memesannya di Google Store untuk mengikuti masa pre order Nest Cam. Google bahkan memberikan sistem pembayaran kredit dengan membayar setiap bulan sebesar $ 7,50 saja.

Penasaran kenapa kamera keamanan ini harus kamu miliki di rumah? Baca terus halaman ini untuk mengenal fitur dan kegunaan Nest Cam dari Google, berikut ini.

Pendeteksi Pintar

fitur google nest cam

Kesulitan dari kamera keamanan pada umumnya adalah aliran listrik. Jika listrik mati, kamera keamanan biasanya akan ikut mati sehingga terkadang orang menyediakan listrik khusus untuk hal ini. Namun Google Nest Cam memiliki kemampuan menyimpan video meskipun tidak ada aliran listrik.

Masalah kedua yang biasa dihadapi adalah koneksi internet. Memang kamera keamanan kamu tetap menyala, namun tanpa koneksi internet semua itu percuma.

Nah, berbeda dengan kamera keamanan lainnya, Google Nest Cam mampu menyimpan power di dalam perangkat kamera hingga tiga jam lamanya. Banyak penjahat yang memanfaatkan pemadaman listrik sebelum beraksi. Namun dengan kamera ini, kamu bisa lebih tenang karena aktifitas di luar dan dalam rumah tetap terpantau.

Selain itu, chip di dalam kamera ini memiliki kecerdasan dan kesadaran terhadap objek yang direkam. Kamera ini mampu mengidentifikasi siapa yang ada di dalam layar kamera, bahkan untuk seekor anjing sekalipun.

Untuk mendeteksi wajah, kamu hanya perlu mengupgrade ke Nest Aware jika ingin wajah tersebut dikenali secara mendetail.

Tidak perlu takut mengenai baterai, karena kamera ini memiliki sistem daya internal dan pengisian menggunakan kabel bahkan tidak berpengaruh jika kamu tidak mencabutnya. Sehingga kamu tidak perlu takut apakah baterai internal yang ada akan menggelembung akibat dicolok terus menerus.

Metode penyimpanan yang ada di kamera ini bisa menyimpan data hingga 60 hari lamanya. Namun untuk di luar ruangan, Google lebih menyarankan untuk menggunakan kabel tahan cuaca yang mereka jual terpisah. Meskipun demikian, kabel bawaan dari produk Nest Cam dari Google ini sudah cukup untuk digunakan di luar ruangan.

Kualitas Video Google Nest Cam Sangat Mumpuni

kelebihan google nest cam

Kendala yang hampir dirasakan oleh banyak orang adalah kualitas video di luar ruangan. Banyak kamera keamanan yang hanya mampu menampilkan kualitas gambar rendah untuk kamera keamanan. Namun berbeda dengan Google Nest Cam, kamera ini tetap menampilkan gambar berkualitas HD bahkan dalam kondisi cuaca yang buruk.

Jika kamu ingin menambah keamanan ekstra, Google menyediakan floodlight yang merupakan lampu led untuk bisa meningkatkan kualitas video di malam hari. Namun solusi ini tidak terlalu murah, karena Google menjual floodlight ini seharga $ 279,99.

Meskipun secara tujuan mungkin kamu memerlukan lampu ini jika memiliki uang lebih. Karena Google Nest Cam mendeteksi gerakan, floodlight akan membantu menyinari setiap gerakan yang ada. Selain itu cahaya terangnya juga sekaligus bisa menakuti orang yang ingin berbuat kejahatan.

Namun tanpa floodlight ini tentu saja kualitas video yang ditampilkan tetaplah baik. Itulah kenapa floodlight ini hanya menjadi opsi jika kamu ingin keamanan ekstra. Karena harganya yang terbilang cukup mahal.

Harga Google Nest Cam Terjangkau untuk Keamanan Dalam Rumah

harga google nest cam

Google Nest Cam Wired adalah kamera keamanan dalam ruangan yang benar-benar terjangkau. Google hanya mematok harga sekitar Rp 1,4 juta untuk kamera pintar ini. Desainnya yang modern dengan dudukan kecil membuat kamera ini benar-benar tersamarkan.

Meskipun harganya murah, namun kualitas video yang ditampilkan tetaplah HDR dan tidak mempengaruhi ketika kamu menggunakan mode rekam maupun live streaming. Selain itu, kamera keamanan ini mampu bergerak hingga 130 derajat dan melakukan 6x optical zoom.

Sama seperti kamera lainnya, Google Nest Cam Wired ini dilengkapi teknologi pintar untuk mendeteksi pergerakan dan objek. Jika kamu memiliki hewan peliharaan di dalam rumah tentu saja kamera ini akan sangat membantu mengawasi mereka.

Menariknya kamera ini juga tersedia dengan varian berwarna kayu. Hal ini tentu akan sangat cocok jika kamu tidak ingin kamera keamanan kamu benar-benar terlihat oleh orang lain. Desain canggih dan warna kayu akan membuat orang berpikir bahwa itu adalah pajangan dengan gaya futuristik.

Semua kamera yang ada telah terintegrasi dengan Google Home, sehingga kamu bisa dengan mudah memantau dan melihat rekaman keamanan rumah melalui smartphone.

Sayangnya Google belum memberikan informasi resmi mengenai tanggal rilis Nest Cam Wired ini.

Namun untuk Google Nest Cam Battery telah memasuki masa pre order dan akan rilis pada tanggal 24 Agustus 2021. Jika kamu tertarik, buruan beli sekarang juga karena Google memberikan paket hemat dengan hanya $ 596 (sekitar Rp 5,6 juta) kamu akan mendapatkan 4 kamera keamanan dan ongkir gratis.

Spesifikasi Lengkap Google Nest Cam

spesifikasi google nest cam

Berikut adalah spesifikasi lengkap Google Nest Cam (indoor dan outdoor):

Google Nest Cam Battery Google Nest Cam Wired
Tahan CuacaTidak Tahan Cuaca
Sensor Gerak, Orang, hewan dan KendaraanSensor Gerak
Deteksi Wajah dan SuaraDeteksi orang dan Suara
Penyimpanan video internal 3 jamPenyimpanan video internal 3 jam
HD 1080p HDR dan Night VisionHD 1080p dan Night Vision
24/7 Live Streaming24/7 Live Streaming
Penyimpanan video hingga 60 hariPenyimpanan video hingga 60 hari
Berbicara dan mendengarBerbicara dan mendengar
Merekam selama 1 jam tanpa Wi-fiTidak dapat mereka tanpa Wi-Fi
Menggunakan baterai dan kabelMenggunakan kabel
130 derajat rasio 16:9130 derajat rasio 16:9
Spesifikasi Google Nest Cam

Kesimpulan

manfaat google nest cam

Kamera Google Nest Cam ini memiliki desain dan fitur yang benar-benar membantu kamu dalam hal estetika dan keamanan. Fitur yang ada juga sangat membantu kamu mengawasi setiap sudut ruangan.

Hal terpenting adalah kamera ini sudah terintegrasi dengan semua perangkat Google melalui layanan Google Home yang juga bisa kamu akses melalui berbagai perangkat.

Dan jika kamu ingin membuat smart home dengan keamanan dan kecanggihan futuristik, tentu berinvestasi dengan kamera keamanan ini akan memberikan manfaat dan ketenangan yang sepadan bagi kamu. Harga murah, fitur lengkap dan desain yang sangat futuristik, sepertinya Google Nest Cam akan menjadi pesaing kuat dalam pasar CCTV dan kamera keamanan dalam waktu dekat ini.

Topik:

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER