Google Sedang Siapkan Perangkat Misterius, Dugaan Mengarah Pada Tablet

Smartphone, earbud, laptop, hingga smart speaker adalah segelintir hardware yang sudah diciptakan Google. Sebuah strategi yang sudah diinisiasi Google sejak beberapa tahun silam ini membuat mereka tidak lagi sekadar diingat sebagai perusahaan software. Namun, ada satu perangkat yang masih absen dalam portofolio mereka. Apa lagi kalau bukan tablet.

Setidaknya, dalam portofolio produk terkini mengingat perusahaan ini terakhir kali melepas produk tablet pada tahun 2015 silam melalui Google Pixel C yang kurang laris di pasaran. Pertanyaannya, apakah tablet Google kali ini akan mampu bersaing dengan produk lain yang sudah lebih dulu mapan?

Baca juga: Bocoran Spek dan Fitur Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro

Bocoran Tablet Google: Tidak Sedashyat Tablet Lain

Laporan yang berhasil dihimpun oleh situs web 91mobiles dan Kuba Wojciechowski menyebutkan bahwa Google tengah mempersiapkan sebuah tablet yang kelak akan dinamakan Pixel Tablet. Laiknya Galaxy untuk Samsung, brand Pixel memang sudah melekat kuat pada produk Google.

Sumber yang sama juga menginformasikan sejumlah spek kunci yang akan dimiliki oleh tablet generasi terbaru Google ini. Di antaranya meliputi kapasitas memori, display, dan yang paling ditunggu, pemilihan cipnya.

Bocoran render desainnya pun sudah terkuak dan mungkin akan mengecewakan sebagian pihak. Betapa tidak, sekilas Pixel Tablet seperti menyerupai desain tablet keluaran lama dengan bezel yang sangat tebal di sekeliling layarnya. Minim kesan elegan dan premium seperti yang tak pernah gagal dipancarkan oleh iPad dan Galaxy Tab series.

Kuba, yang juga merupakan seorang developer, mengatakan bahwa Pixel Tablet akan hadir dengan menyajikan layar seluas 10,95 inci. Belum diketahui besaran resolusinya. Tapi yang kami tahu kamera swafoto diposisikan di bezel bagian atas layar.

bocoran google pixel tablet

Berbicara soal kamera, aspek ini sepertinya tidak akan diunggulkan oleh Google. Pasalnya, Kuba dalam utas di akun Twitter miliknya menyebut bahwa Pixel Tablet hanya akan mengemas dua kamera beresolusi 8MP dengan tipe Sony IMX355 yang masing-masing diletakkan di depan dan belakang perangkat.

Akan tetapi, di sini kita tengah membicarakan Google. Sebuah perusahaan yang, melalui optimalisasi software yang ciamik, mampu mengubah keterbatasan hardware kamera pada Pixel 3 hingga sanggup bersaing dan bahkan menumbangkan ponsel lain yang punya resolusi kamera jauh lebih tinggi darinya.

Beralih ke dapur pacu. Google dikabarkan bakal kembali mempercayakan sektor ini pada cip buatannya, Tensor. Tapi detailnya masih simpang siur dan belum dapat dipastikan apakah mereka akan menggunakan Tensor generasi tahun ini atau justru generasi yang pertama.

Jika pilihannya jatuh pada Tensor tahun lalu, bisa dipastikan bahwa performa Pixel Tablet akan kewalahan buat menyaingi produk sejenis yang sudah edar di pasaran. Terlebih RAM yang akan mendampinginya dirumorkan hanya berkapasitas 4GB saja.

Selebihnya, Pixel Tablet akan mengemas dua pilihan kapasitas penyimpanan, 128GB atau 256GB. Ia tidak akan mendukung jaringan seluler lantaran hanya bertumpu pada Wi-Fi 6 sebagai konektivitas tunggalnya untuk terhubung ke jaringan internet. Jangan dulu mengernyitkan dahi. Karena Dalam jagat tablet, perangkat yang tidak memiliki dukungan jaringan seluler adalah hal yang lumrah.

Tablet yang kemungkinan besar akan menjalankan Android 13 ini juga akan ditemani oleh pena digital. Google sudah mendaftarkannya ke situs web Universal Stylus Initiative (USI) dan menamakannya dengan kode ‘Tangor.’

Kapan Pixel Tablet Dirilis ke Publik?

Laporan lain menyebutkan bahwa Pixel Tablet sudah memasuki tahap EVT alias Engineering Validation Test. Artinya, rumor yang sudah kami sajikan di atas kemungkinan besar akan dipakai pada produk final nantinya. Andai pun ada, perubahannya tidak akan terlalu besar.

Sementara untuk jadwal perilisannya, Google dikabarkan baru akan memperkenalkan tablet generasi terbaru besutan mereka pada tahun depan. Sampai saat itu tiba, kami akan terus mengabari kamu soal rumor terkini dari perangkat seru buatan Google ini.

Shopee Birthday Sale shopee birthday sale
Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
2