7 Kelebihan dan Kekurangan Acer Aspire Vero 14, Laptop Keren dari Sampah Daur Ulang

Kesadaran untuk memelihara dan menjaga lingkungan terus diupayakan oleh berbagai pihak lewat jenis kontribusinya masing-masing. Sebagai perusahaan yang punya reputasi baik di industri komputer dan pendukungnya, Acer ikut turun tangan dalam kampanye global berkelanjutan ini dengan cara memproduksi sebuah laptop yang ramah lingkungan hasil dari daur ulang sampah.

Setelah awal tahun ini merilis Acer Aspire Vero yang merupakan hasil kolaborasi dengan National Geographic, kali ini Acer melepas produk penerusnya yang lebih ‘komersial’ tanpa embel-embel logo media internasional tersebut. Laptop yang kami maksud adalah Acer Aspire Vero 14 (AV14-51-59QK).

Kelebihan dan Kekurangan Acer Aspire Vero 14

Apa yang kamu cari dari sebuah laptop? Performa yang gegas dipakai kerja dan gaming? Daya tahan sepanjang hari? Atau port lengkap dengan Thunderbolt 4? Bagaimana kalau kami mengatakan bahwa dengan membeli Acer Aspire Vero 14 ini, selain mendapatkan semua aspek tersebut, kamu juga akan memperoleh sebuah laptop yang mendukung kampanye ramah lingkungan?

(+) Material Hasil Daur Ulang yang Tampak Berkesan

desain material acer aspire vero 14

Bukan aluminium apalagi magnesium. Sekujur bodi Acer Aspire Vero 14 ini, baik cover, keyboard, touchpad, atau bezel, menggunakan plastik dalam kadar tertentu. Namun, ini merupakan plastik daur ulang, ya. Bukan polikarbonat murahan. Jadi, dengan membeli laptop ini, secara tidak langsung kamu sudah berkontribusi dalam memelihara lingkungan, lho.

Dan, entah mungkin karena ini bahan daur ulang atau memang Acer menggunakan teknologi khusus yang mengagumkan, permukaan pada laptop ini jadi tampak berkesan dengan bercak-bercak putih serta tekstur yang unik.

Sejalan dengan inisiatifnya untuk mengurangi limbah lingkungan, kamu juga tak akan menemukan tempelan stiker prosesor atau VGA seperti kebanyakan laptop berbahan konvensional. Namun, ada tulisan Post Consumer Recycled dan Aspire Vero yang diembos langsung pada bodi laptop.

Inovasi Acer untuk kesinambungan lingkungan yang lebih baik ini tidak hanya diterapkan pada laptopnya saja, namun juga pada tas maupun kotak kemasannya. Bukan yang paling estetik, tapi ia fungsional di mana pengguna dapat mengalihfungsikannya sebagai kotak penyimpanan dan memanfaatkan separuh bagiannya untuk dirakit menjadi stand laptop.

(+) Intel Core i5 Alder Lake, Cukup Kencang Buat Semua Orang

Dalam bodinya yang “boxy”, tersemat prosesor kencang generasi baru Intel Core i5-1235U yang berasal dari keluarga Alder Lake. Sebuah prosesor efisien daya yang masih cukup oke untuk kamu geber bermain game dengan susunan 10 inti (Deca-Core) yang terdiri atas 2 inti performa dan 8 inti efisiensi.

Kinerja prosesor ini didukung oleh RAM LPDDR4X berjumlah 8GB serta SSD NVMe Gen4 berkapasitas 512GB. Bagi pengguna yang ingin melakukan upgrade, cukup lepas cover bawah laptop yang proses bukanya tidak terlalu menyulitkan dan kamu akan menemukan slot untuk SSD NVMe.

(+) Punya Thunderbolt 4 dan Sensor Pemindai Sidik Jari

fitur dan kelebihan acer aspire vero 14

Aspire Vero 14 memiliki aneka port lengkap yang salah satunya merupakan USB-C yang telah tersertifikasi teknologi Thunderbolt 4. Sehingga proses transfer data atau berkas dari dan ke laptop kamu akan semakin kencang. Begitu pula dengan fast charging yang dalam hal ini mendukung input daya hingga 65 watt.

Selain itu, laptop ramah lingkungan ini juga menyediakan keamanan berbasis biometrik. Yakni sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan Windows Hello yang diposisikan di pojok kiri atas touchpad. Akses buka kunci laptop jadi lebih aman dan praktis, bukan?

(+) Daya Tahan Baterai Mengagumkan

Kamu yang berniat menggunakan Aspire Vero 14 ini sebagai laptop produktivitas pasti bakal makin kepincut dengan fakta bahwa daya tahannya mengagumkan. Mengusung baterai 3 sel berkapasitas 53Whr, laptop ramah lingkungan ini sanggup bertahan hingga 10 jam lebih untuk web browsing atau video playback.

Upaya Acer dalam menjaga bumi juga dapat dirasakan pada sektor baterai ini yang dilengkapi software VeroSense. Pada tataran fungsi yang paling sederhana, VeroSense bekerja laiknya Saving Mode pada ponsel yang mengoptimalkan daya tahan perangkat serta menentukan kapasitas maksimum pengisian baterai demi menjaga kesehatan komponen ini dalam jangka waktu yang lebih lama.

(-) Kenyamanan Keyboard Dipertanyakan

Dari berbagai ulasan yang berhasil kami himpun, Aspire Vero 14 mengidap satu kelemahan yang mengganggu, yaitu pada bagian keyboard-nya. Pengalaman mengetik dengan laptop ini disebut-sebut kurang menyenangkan karena jarak travel kunci yang terlalu dangkal serta kurang empuk saat pengguna melakukan pengetikan dengan cepat.

Juga tak sedikit yang mengeluhkan kesalahan pengetikan akibat layout huruf ‘R’ dan ‘E’ yang sengaja Acer susun terbalik dengan warna kuning untuk menegaskan inisiatif dalam memelihara lingkungan lewat slogan Rethink, Recycle, dan Reduce. Ketidaknyamanan ini mungkin disebabkan oleh separuh material keyboard yang terbuat dari bahan daur ulang.

(-) Bezel Terlalu Tebal

Pengalaman visual yang diberikan Aspire Vero 14 tergolong standar di kelasnya. Kamu akan memperoleh sebuah layar berukuran 14 inci dengan resolusi full HD dan gamut warna sRGB yang persentasenya 95%.

Namun, dimensi bezel yang mengelilingi layar ini sangat tebal. Entah itu bagian samping apalagi bezel bawahnya yang sangat kentara. Tentu saja, kenyamanan kamu saat menonton film atau bekerja jadi tergadaikan. Andai Acer mampu memangkas bezel tebal ini, mungkin rasio aspek layar Aspire Ver 14 dapat diperluas menjadi 16:10.

(-) RAM Tidak Dapat Ditambah

Meski material pada desain laptop ini benar-benar memenuhi aspek keberlanjutan, sayangnya hal ini tidak selaras dengan aspek upgarade perangkat. Pengguna memang dapat menambah ruang penyimpanan internalnya. Namun, tidak dengan komponen RAM yang sudah tersolder pada dua kanal yang tersedia. Sehingga pengguna harus puas dengan RAM 8GB yang diberikan.

Spesifikasi Acer Aspire Vero 14

Berikut adalah spesifikasi utama Acer Aspire Vero 14 (AV14-51-59QK)

SpesifikasiAcer Aspire Vero 14
CPUIntel® Core™ i5-1235U processor
OSWindows 11 Home
Display14″, FHD 1920 x 1080, IPS
100% sRGB, Acer ComfyView™ LED-backlit TFT LCD
GraphicsIntel Iris Xe Graphics (80 EU)
Memory8 GB LPDDR4X Dual Channel
Storage512 GB SSD NVMe Gen4
WebcamFHD camera (1920 x 1080) resolution
1080p HD video at 60 fps with Temporal Noise Reduction
KeyboardBacklight Keyboard
CommsIntel® Wireless Wi-Fi 6E AX211 with MU-MIMO
Bluetooth 5.2
AudioAcer Purified Voice technology with two built-in microphones.
Compatible with Cortana with Voice
SecuritySmart Fingerprint Reader (on touchpad)
I/O ports1x Thunderbolt 4 port
2x USB 3.2 Gen 1 (Type-A, 1x with USB Charging)
1x RJ45
Spesifikasi laptop Acer Aspire Vero 14 (AV14-51)

Harga Acer Aspire Vero 14 di Indonesia

harga acer aspire vero 14

Laptop penggagas kampanye ramah lingkungan ini dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp 10.699.000. Secara default, jika kamu membelinya langsung dari toko resmi Acer di ecommerce, laptop ini sudah menjalankan Windows 11 terbaru dengan Microsoft Office Home dan Student edisi 2021.

Selain itu, kamu juga berhak mendapatkan beberapa jenis garansi resmi, yakni 1 Years Parts, 3 Years Service, dan 1 Year Accidental Damage Protection).


Kesimpulan

Upaya Acer untuk berkontribusi terhadap pengurangan limbah dan menjaga lingkungan diwujudkan secara nyata dan gaya melalui produk baru dari lini seri eco-friendly mereka, Aspire Vero 14. Spesifikasinya mungkin bukan yang paling cadas di kelasnya, tapi dengan membeli laptop ini, berarti kamu sudah jadi bagian dari kampanye penyelamatan lingkungan.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0