Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite, Alternatif Flagship dengan Spesifikasi Mumpuni

Memiliki ponsel flagship adalah impian banyak orang. Main game apa pun tanpa khawatir lag, menghasilkan konten foto dan video yang sebening kristal, atau menikmati visual memanjakan mata dari layar terbaik adalah sederet keuntungan yang akan kamu dapat dari memiliki ponsel flagship. Namun, dengan harga yang kelewat mahal, tidak semua orang dapat mencicipi ponsel di kelas ini.

Xiaomi punya solusi atas keresahan ini. Seperti kamu tahu, dalam tiap generasi flagship yang mereka rilis, Xiaomi juga kerap menghadirkan varian “Lite.” Perangkat ini dicirikan dengan jeroan yang tetap memikat, meski banyak disunat, dan tentunya ditawarkan dengan harga yang lebih bersahabat. Untuk tahun ini, mereka punya Xiaomi 12 Lite.

Spesifikasi Xiaomi 12 Lite

Sebelum membaca ulasan fitur dan kelebihan Xiaomi 12 Lite, ketahui dulu spesifikasi utama yang diusungnya.

spesifikasi dan kelebihan xiaomi 12 lite
Spesifikasi Xiaomi 12 Lite:
  • Layar: AMOLED 6,55 inci; 1080 x 2400 pixel FHD+; refresh rate 120Hz; Gorilla Glass 5
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 778G 5G (2.4 GHz)
  • Memori RAM: 8 GB
  • Internal storage: 256 GB
  • Kamera belakang: 108MP + 8MP + 2MP
  • Kamera depan: 32MP
  • Baterai: 4.300 mAh + fast charging 67 watt
  • Sistem operasi: Android 12, MIUI 13
  • Lihat spesifikasi lengkap Xiaomi 12 Lite

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite

Dengan harga yang hampir separuh lebih murah dari Xiaomi 12, Xiaomi 12 Lite tak bisa kamu pandang sebelah mata. Ponsel yang masuk kategori upper mid-range ini benar-benar menarik dari segala sisi, baik itu desain, performa, maupun kameranya. Sangat ideal bagi konsumen yang mau upgrade dari ponsel entry-level yang saat ini jadi daily driver mereka.

Ponsel ini pun bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin mencicipi kesan flagship dengan harga yang lebih murah. Sebelum memutuskan untuk membelinya, simak dulu kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Lite berikut ini.

(+) Desain Compact dan Stylish

kelebihan xiaomi 12 lite - desain kompak dan stylish

Meski sasis atau bingkainya terbuat dari plastik, sebagian besar bagian bodi lain Xiaomi 12 Lite ini terbuat dari kaca. Ponsel ini tampak begitu cantik dengan ketebalan yang hanya 7,3 mm, bagian samping yang flat, serta bobot total keseluruhan yang ringan, yakni 173 gram saja. Seperti mengangkat dua bungkus mie instan.

Dan meski berbahan kaca (lebih tepatnya frosted glass), HP ini tidak mudah melorot dari genggaman. Permukaannya juga lumayan kebal dari noda sidik jari yang kasat mata dan merusak penampilan. Pasar Indonesia kedatangan semua warna yang tersedia, yaitu Black, Lite Green, dan Lite Pink. Dua warna terakhir sebaiknya yang kamu pilih jika ingin tampil beda.

(+) Layar AMOLED 120Hz

Minus bezel yang tipis, perlindungan Gorilla Glass Victus, dan tepian melengkung, spesifikasi layar Xiaomi 12 Lite pada dasarnya sama dengan Xiaomi 12. Ia hadir dengan layar berukuran 6,55 inci serta resolusi full HD+ yang sudah tinggi dan tidak menguras daya seperti quad HD+. Untuk memproteksi layar ini, Xiaomi menggunakan Gorilla Glass 5.

Menikmati kelanjutan serial TV favorit kamu di ponsel ini juga dijamin makin seru karena layarnya diinjeksikan dengan sederet atribut penting seperti panel AMOLED yang detail dan tajam, refresh rate 120Hz, hingga sertifikasi Dolby Vision dan HDR10+ yang menampilkan gambar film atau video yang jauh lebih baik.

(+) Snapdragon 778G Masih Jadi yang Terbaik di Kelasnya

Snapdragon 778G 5G Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite, Alternatif Flagship dengan Spesifikasi Mumpuni

Terlepas dari fakta bahwa tanggal kelahirannya terjadi pada pertengahan tahun lalu, tapi sampai kini Snapdragon 778G masih jadi cip terbaik di kelasnya. Chipset ini jadi pilihan banyak smartphone upper mid-range yang dibanderol dengan harga setara flagship. Untungnya, Xiaomi 12 Lite tetap dibanderol dengan harga yang ramah di kantong.

Chip berfabrikasi 6 nm yang telah mendukung konektivitas 5G ini menggunakan sistem tri-klaster dengan satu Cortex-A78 sebagai inti primernya. Dikombinasikan dengan Adreno 642L, Snapdragon 778G siap melibas game atau aplikasi yang dulu mungkin hanya sekadar nangkring di wishlist kamu karena ponsel lama kamu tidak sanggup untuk menjalankannya.

(+) Sensor Kamera Utama 108MP, Khas Flagship

Kelebihan Xiaomi 12 Lite selanjutnya adalah kamera 108MP. Kamera dengan resolusi setinggi ini bisa kamu manfaatkan kalau-kalau kamu ingin menggunakan foto hasil pribadi untuk dipasangkan pada spanduk yang besar. Dengan sedikit polesan di dapur aplikasi pengeditan gambar, hasilnya pasti akan tampak memuaskan. Kamu bisa mengambil foto beresolusi tinggi ini di Mode 108MP.

Namun, secara default, kamera Xiaomi 12 Lite ini hanya menghasilkan gambar 12MP yang merupakan hasil proses teknologi nona-binning yang menggabungkan sembilan piksel menjadi satu untuk memproduksi gambar yang lebih sempurna. Lensa utama 108MP ini didampingi oleh sensor ultra-wide 8MP dan makro 2MP.

(+) Baterai 4.300 mAh Ditopang Fast Charging 67 Watt

kelebihan xiaomi 12 lite - fast charging 67 watt

Berperan sebagai paru-parunya ada baterai 4.300 mAh. Bukan kapasitas paling besar, namun dengan cip yang efisien daya, Xiaomi 12 Lite setidaknya dapat menemani kamu selama menjalani jam kerja. Dengan catatan, kamu tidak memforsir baterainya dengan terus-menerus bermain game atau merekam video 4K.

Untungnya, ponsel ini diberikan teknologi pengisian daya kencang yang mencapai 67 watt. Mengisi baterai dari kondisi nol sampai penuh hanya memerlukan waktu 41 menit saja. Dan ya, adaptor daya 67 watt sudah tersedia di kotak penjualan.

(+) Konektivitas Lengkap, dari NFC hingga Sensor Inframerah

Perlu NFC untuk kemudahan transaksi nontunai? Ada. Wi-Fi 6 untuk mengunduh film lebih cepat? Ada. Bahkan, sensor inframerah yang ikonik juga tersedia di ponsel ini.

Begitu pula rangkaian fitur navigasi seperti GPS, GLONASS, BDS, atau Galileo. Xiaomi 12 Lite memang memiliki nyaris semua konektivitas untuk mendukung kebutuhan pengguna. Nyaris dan baru benar-benar lengkap andai Xiaomi tidak mengabaikan kekurangan di bawah ini.

(-) Tanpa Slot microSD dan Jack Audio 3.5 mm

Storage internal berkapasitas 256GB yang ditawarkannya memang besar. Tapi jika Xiaomi menyertakan slot microSD sebagai opsi penampungan ekstra, itu akan  lebih baik.

Xiaomi juga memilih untuk tidak menyediakan lubang earphone. Jadi, kalau kamu ingin mendengarkan musik secara privat, kamu terpaksa menggunakan earphone TWS yang terhubung lewat Bluetooth.

(-) Belum Mendapatkan Ratifikasi IP

Jika ada satu hal yang acap membedakan ponsel upper mid-range dengan mid-range reguler, itu adalah sertifikasi IP. Xiaomi 12 Lite, sialnya, tidak menyertakan fitur ini.

Padahal, ponsel di bawahnya sudah banyak yang mengemas IP53 atau IP54. Rivalnya, Samsung Galaxy A52S yang dirilis di tahun yang sama dengan harga yang mirip, bahkan melenggang dengan dilindungi oleh sertifikasi IP67 yang umumnya dimiliki ponsel premium.

Harga Xiaomi 12 Lite

harga xiaomi 12 lite

Xiaomi 12 Lite hanya tersedia dalam pilihan memori 8GB + 256GB dan dirilis dengan harga Rp 5.799.000.

Apabila kamu ingin harga yang lebih miring, kamu bisa coba berburu perangkat ini di toko online nonresmi di berbagai e-commerce. Tenang, versi yang dijual tetap resmi, kok. Bukan barang internasional yang, biasanya, ribet saat hendak mengeklaim garansinya.

Kesimpulan

Kelebihan
  • Desain kompak dan stylish
  • Layar AMOLED 120Hz
  • Performa kencang Snapdragon 778G
  • Sensor kamera utama 108MP, level flagship
  • Fast charging 67 watt
  • Konektivitas lengkap, NFC dan infrared
Kekurangan
  • Tanpa slot microSD dan audio jack 3.5mm
  • Tidak ada sertifikasi IP rating

Xiaomi 12 Lite adalah smartphone upper mid-range yang diposisikan sebagai perangkat alternatif bagi penggemar yang tidak dapat menikmati produk flagship Xiaomi akibat keterbatasan anggaran.

Akan tetapi, smartphone ini tetap terasa mengagumkan karena hadir dengan kamera beresolusi besar 108MP, fast charging kencang (67 watt), serta performa apik dari Snapdragon 778G. Kekurangannya bisa kamu siasati dengan membeli earphone TWS serta lebih teliti untuk tidak menggunakan ponsel ini saat hujan tiba.


Xiaomi Official Store

Cek update harga Xiaomi terbaru, serta promo dan penawaran terbaik saat ini di toko resmi Xiaomi Indonesia:

shopee indonesia
Shopee Birthday Sale shopee birthday sale
Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0