7 Kelebihan dan Kekurangan Nokia C31, HP 1 Jutaan yang Cocok Buat Anak dan Orang Tua

Kita hidup di era tingginya keterbutuhan perangkat komunikasi dan media informasi bagi semua kalangan usia. Termasuk anak-anak dan orang tua. Bagi kamu yang sudah berkeluarga, pasti pernah terpikir untuk memberikan gawai ini buat mereka, kan?

Tak perlu didukung spesifikasi yang terlalu tinggi. Ponsel ini yang penting dapat memenuhi kebutuhan mereka yang biasanya kesulitan untuk membaca huruf di layar yang kecil, terkadang lupa mengisi ulang perangkat, atau sering menjatuhkannya tanpa sengaja.

Kebetulan sekali, belum lama ini HMD Global meluncurkan Nokia C31 yang kami yakini pasti cocok buat anak-anak atau ayah dan ibu kamu yang sudah lanjut usia.

Spesifikasi Nokia C31

Sebelum mengulas fitur, kelebihan, dan kekurangan ponsel ini, mari kita simak spesifikasi utama Nokia C31 berikut ini.

spesifikasi nokia c31
Spesifikasi Nokia C31:
  • Layar: LCD IPS 6,75 inci; 720 x 1600 pixel HD+
  • Chipset: Unisoc SC9863A
  • Memori: 4GB + 64GB
  • Kamera belakang: 13MP + 2MP + 2MP
  • Kamera depan: 5MP
  • Baterai: 5050 mAh; Fast charging 10W
  • Sistem operasi: Android12
  • Lihat spesifikasi lengkap Nokia C31

Kelebihan dan Kekurangan Nokia C31

Nokia C31 adalah perangkat entry-level yang dibanderol dengan harga satu jutaan saja. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan ponsel yang memenuhi kriteria untuk dipakai oleh orang tua dan anak di bawah umur, seperti layar yang lega, baterai yang besar, serta durabilitas yang kuat dibandingkan ponsel lain di rentang harga yang setara.

(+) Layar Lega, Lebih Jelas untuk Disimak dan Dibaca

Semakin usia bertambah, kemampuan indera manusia juga makin melemah. Seperti makin memudarnya kemampuan penglihatan yang kerap dialami orang tua. Memberikan ponsel dengan layar lega seperti Nokia C31 pasti akan membuat mereka senang.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Tablet Nokia T21

Pasalnya, Nokia C31 menampilkan konten pada layar yang sangat lega, mencapai 6,75 inci. Sehingga mereka yang lanjut usia dapat lebih nyaman saat membaca pesan atau menyimak berita di layar smartphone ini. Walau huruf sistemnya diperbesar sekali pun, layout aplikasi atau laman web tidak otomatis jadi berantakan dan menganggu penggunaan.

Resolusi HD+ memang bukan yang paling tajam, tapi ini sudah cukup untuk menampilkan huruf atau angka yang jelas terbaca, apapun font atau jenisnya. Begitu pula jika orang tua kamu mau menonton video, toh resolusinya masih oke buat menampilkan konten yang jelas dan tak mengganggu penglihatan mata ayah atau ibu kamu.

(+) Durabilitas Baik, Ada Fitur IP52 Juga

nokia c31 daya tahan bodi kuat

Kekhawatiran utama orang tua saat ingin memberikan ponsel buat buah hati mereka adalah rusaknya perangkat karena sering terbentur atau terjatuh. Dengan memberikannya Nokia C31, kekhawatiran tersebut dapat sedikit diredam.

Perlu kamu tahu bahwa HMD Global merancang Nokia C31 sebagai smartphone sejuta umat  yang punya level ketahanan yang baik. Khas perangkat besutan Nokia yang selama ini kita kenal. Keunggulan ini mereka pertahankan meski sudah lama beralih dari feature phone ke smartphone.

Ketiadaan lapisan Gorilla Glass digantikan oleh pelindung layar yang diperkuat agar komponen ini tidak gampang retak atau pecah apabila anak kamu menjatuhkannya. Selain itu, ponsel ini juga mengemas ratifikasi IP52 yang membuatnya lebih tahan terhadap debu saat ponsel tergeletak di sembarang tempat serta tidak rusak jika terciprat air. Siapa tahu anak kamu menumpahkan air putih saat main HP ini, bukan?

(+) Baterai Tahan Lama, Tak Perlu Ngecas Terlalu Sering

baterai nokia c31 awet

Orang tua, apalagi anak-anak, sering kali hanya terfokus untuk menggunakan smartphone, namun abai untuk mengisi ulang baterainya. Jika ponsel yang mereka pakai hanya dibekali baterai berkapasitas kecil, ini bisa jadi merepotkan buat kamu. Karena kamu jadi makin sering untuk mengecasnya.

Nah, Nokia C31 ini memiliki baterai berdaya 5.050 mAh. Dengan intensitas pemakaian tinggi yang kerap diperagakan oleh anak-anak dan orang tua yang hobi menonton video di YouTube atau bermain game edukatif, baterai ini masih dapat bertahan sepanjang jam kerja dan tidak akan mengganggu kamu.

(+) Konfigurasi Kamera Cukup Buat Anak-Anak dan Orang Tua

Bagian ini seharusnya jadi kekurangan apabila ditujukan bagi pengguna remaja atau kalangan profesional. Tapi jika sejak awal kamu ingin memberikan Nokia C31 bagi anak atau ayah dan ibu kamu, spek kamera yang dimilikinya dapat dianggap sebagai kelebihan.

Nokia C31 punya tiga kamera dengan konfigurasi 13MP (wide) + 2MP (depth) + 2MP (makro). Resolusi ini sudah cukup buat anak-anak saat mereka ingin memotret sesuatu yang mereka anggap menarik dan ingin dikirimkan buat kamu. Antarmuka pada aplikasi kameranya juga cukup ramah dan pasti gampang dikuasai anak dalam waktu sekejap.

Sementara orang tua juga akan diuntungkan oleh kamera depannya yang beresolusi 5MP. Ini sudah cukup, kok, buat mereka yang ingin melakukan panggilan video dengan anak cucu atau sanak saudara mereka yang berada di pulau seberang. Tak perlu efek atau filter beautification, gambar wajah terekam jelas pun orang tua sudah senang.

(+) Pembaruan Sistem Operasi yang Terjamin

Aspek ini mungkin tidak beririsan langsung dengan keuntungan bagi anak-anak atau orang tua, tapi ini tetaplah sebuah kelebihan. HMD Global memastikan bahwa Nokia C31 akan mendapatkan jaminan pembaruan sistem operasi hingga dua kali (sejak debut globalnya) serta tambalan keamanan sampai tiga tahun ke depan.

Keunggulan yang jarang ditemukan pada ponsel sejutaan dari brand lain yang rata-rata sudah diabaikan oleh produsennya dalam waktu singkat. Jangankan security patch, mendapatkan pembaruan sistem operasi terbaru meski sangat terlambat pun sudah sangat disyukuri oleh pemilik ponsel sejutaan merek lain.

(-) Isi Ulang Daya yang Lamban

Baterai 5.050 mAh yang dimilikinya memang besar, tapi smartphone yang masih menggunakan port microUSB ini tidak diberikan fitur fast charging. Dengan output daya 10W yang terlalu lamban, Nokia C31 memerlukan waktu antara dua hingga tiga jam untuk mengisi ulang baterainya dari kondisi nol sampai penuh kembali. Bisakah anak atau orang tua kamu sabar menunggunya sampai terisi?

(-) Chip Jadul, Anak-Anak Mungkin Rewel Saat Main Game

chipset nokia c31 unisoc sc9863a

Tak ada yang salah ketika sebuah produsen HP memilih chipset yang bukan dibuat oleh brand yang sudah punya reputasi sangat baik, seperti Qualcomm atau MediaTek. Namun, Unisoc SC9863A yang tertanam dalam Nokia C31 sudah sangat ketinggalan zaman. Cip ini masih menggunakan teknologi pemrosesan 28nm dan tidak memiliki inti performa dalam susunan prosesornya.

Dengan kisaran skor AnTuTu v9 di bawah 100 ribu poin, Nokia C31 akan kesulitan untuk memainkan game-game masa kini. Bisa kamu validasi sendiri, bahwa anak-anak zaman sekarang, meski masih di bawah umur, sudah tertarik dan bahkan ada juga yang sudah piawai dengan game-game online seperti Free Fire, Mobile Legends, atau PUBG Mobile.

Nokia C31 akan kesulitan untuk menjalankan game-game tersebut dengan lancar. Hal yang lebih memberatkannya lagi, judul-judul di atas juga telah melewati rangkaian optimalisasi dan permak grafis yang jauh lebih mumpuni dibandingkan awal rilisnya. Jangan kaget apabila anak kamu rewel karena kesal game kesukaannya tidak berjalan dengan baik.

Harga dan Ketersediaan Nokia C31

harga nokia c31 indonesia

Harga Nokia C31 sudah diumumkan di bulan November. Jika kamu tertarik, kamu harus mengeluarkan biaya Rp 1.699.000. Namun, ponsel ini baru dapat dipesan lewat sistem pre-order di Tokopedia pada 12-18 Desember 2022.

Konsumen yang memesan selama periode ini dijanjikan banyak bonus berupa potongan harga hingga Rp 285.000 serta paket data BundleMax Telkomsen hingga 70GB/bulan khusus 600 pembeli pertama.

Rp 1.599.000 Rp 1.699.000
Rp 1.599.000 Rp 1.699.000

Kesimpulan

Kelebihan
  • Layar luas (6.75″)
  • Durabilitas tinggi, ketahanan bodi ala Nokia
  • Baterai tahan lama
  • Spek kamera cukup memadai
  • Update OS terjamin
Kekurangan
  • Isi ulang daya lambat
  • Chip jadul

Buat kamu yang memerlukan ponsel dengan spek tinggi, Nokia C31 jelas bukan produk yang cocok buat kamu. Tapi jika kamu berniat memberikannya untuk anak atau orang tua, smartphone satu jutaan ini bisa kamu pertimbangkan karena fitur dan kelebihannya memenuhi kriteria penggunaan kalangan tersebut. Khususnya ketahanan bodi-nya yang cukup baik.

Selain C31, HMD Global juga meluncurkan Nokia C21 Plus dengan harga yang lebih murah. C21 Plus bisa menjadi alrternatif lain bagi kamu yang ingin membelikan smartphone murah untuk anak dan orang tua. Atau, jika kamu ingin gadget dengan layar yang lebih lebar, maka tablet Nokia T21 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0