9 Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 4 Pro, Alternatif HP Gaming 2 Jutaan Terbaik

Apa yang biasa kamu cari dari sebuah HP gaming? Biasanya, sih, mayoritas pengguna akan memprioritaskan performa yang ngebut untuk mengeksekusi game berat, sistem pendingin yang padu, atau fitur penunjang seperti motor feedback yang baik demi merasakan pengalaman gaming yang diidamkan.

Sayangnya, semua fitur tersebut sering kali baru tersedia seluruhnya pada HP gaming dengan harga yang tinggi. Sedangkan jika membeli HP gaming terjangkau, tak jarang pengguna harus memilih beberapa saja dan mengorbankan keunggulan lainnya. Tapi ceritanya berbeda kalau kamu membeli TECNO POVA 4 Pro.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 4 Pro

Ya, TECNO POVA 4 Pro punya semua aspek gaming penting sebagaimana kami sebutkan di atas. Tak berhenti sampai di situ, ia juga dilengkapi dengan desain sangar ala perangkat gaming serta baterai jumbo untuk main game tanpa gangguan notifikasi daya low-bat. Dan yang paling penting, kamu cukup menukarkan uang dua jutaan saja untuk dapat menikmati semuanya.

Selengkapnya, kamu bisa menyimak ulasan kelebihan dan kekurangan smartphone gaming TECNO POFA 4 Pro berikut ini hingga tuntas.

(+) Gaming Lancar Jaya Dengan Helio G99

tecno pova 4 pro chipset  helio g99

Harus diakui bahwa Helio G99 adalah SoC populer yang jadi pilihan banyak smartphone gaming di kelas menengah yang dirilis sepanjang paruh kedua tahun 2022 ini. Dengan 2x Cortex-A76 sebagai prosesor performanya, produk semikonduktor buatan MediaTek ini dengan mudah menembus angka 300 ribuan poin di platform AnTuTu versi terbaru.

TECNO POVA 4 Pro jadi ponsel kesekian yang ditunggangi oleh Helio G99. Chipset berarsitektur 6nm yang lebih ramah terhadap daya baterai perangkat serta disusupi teknologi HyperEngine 2.0 yang memastikan pengalaman gaming kamu sama baiknya seperti ponsel flagship keluaran beberapa tahun lalu.

(+) Sudah Dilengkapi Sistem Pendingin

Kami jarang membahas sistem pendingin sebagai kelebihan bagi smartphone di harga dua jutaan. Bukan karena kualitasnya yang kurang baik. Tapi semata karena jarang ponsel di kelas harga ini yang memilikinya. Pengecualian untuk HP gaming dari TECNO ini.

Paham bahwa gamer mobile sejati bakal menghabiskan berjam-jam waktu permainan, TECNO meyisipkan sistem pembuangan panas multilapis yang dipadukan tabung pendingin berbahan grafit. Sistem pendingin ini diklaim dapat melindungi baterai, papan induk, dan face shell serta menjaga performa perangkat tetap stabil sepanjang waktu. Gas push rank seharian? Siapa takut!

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 3

(+) Giroskop dan Motor Feedback yang Lebih Canggih

Sering kali pengalaman seru bermain game tidak melulu ditentukan oleh kencangnya performa ponsel atau padunya sistem pendingin yang disematkan di dalamnya. Tapi juga komponen lain yang tak kalah penting. Di sini kami membicarakan soal giroskop dan motor getar.

TECNO POVA 4 Pro dilengkapi hardware yang mereka sebut Hard Gyroscope. Sebuah sensor yang memungkinkan kamu menggerakkan arah bidikan saat memainkan game-game FPS atau balap mobil, namun dengan kemampuan yang ditingkatkan dari giroskop standar. Main CoD Mobile atau Asphalt pasti jadi lebih asyik, nih.

Selanjutnya ada motor Linear Z-Axis yang siap memberi penggunanya efek getar yang lebih interaktif dan senada dengan alur permainan di dalam game. Entah itu saat menembak, mobil terguncang, atau tercebur ke dalam air.

(+) HP Gaming 2 Jutaan Desain Terbaik

desain terbaik hp gaming tecno pova 4 pro

Oh tentu saja TECNO POVA 4 Pro mendapat modifikasi desain yang menarik. Hanya saja, kami pun terkejut karena tampilannya mungkin terlalu keren untuk HP gaming 2 jutaan.

TECNO mengaplikasikan teknik desain yang terinspirasi dari pola Windmanstatten yang berbentuk kristal nikel-baja berukuran panjang. Hasilnya, pengguna akan memperoleh HP gaming dengan tampilan punggung yang mencolok berkat penampang kamera dan tarikan garis yang membentuk prisma serta dipenuhi pola unik tersebut.

(+) Layar 90Hz AMOLED Untuk Gaming dan Streaming

Seperti berhasrat mempersembahkan HP gaming 2 jutaan terbaik, TECNO POVA 4 Pro juga mendapatkan panel layar AMOLED dengan kecepatan 90Hz. Resolusinya full HD+ dengan layar 6,6 inci serta notch mini tradisional yang menghiasi bezel bagian atasnya.

Dengan panel AMOLED, kamu bisa lebih puas saat menikmati konten visual seperti film atau video dari platform langganan kamu. Begitu pula untuk hiburan interaktif, panel AMOLED yang dilengkapi refresh rate 90Hz akan membuat kamu jadi lebih nyaman saat main bareng bersama teman-teman satu lingkaran kamu.

(+) Baterai Jumbo, Isi Ulang  Tetap Singkat

Tidak tanggung-tanggung, kenyamanan gaming pengguna sudah dijamin TECNO dengan memberikan baterai berkapasitas 6.000 mAh untuk HP gaming 2 jutaan ini. Sampai-sampai TECNO mengeklaim bahwa sisa 20% baterai ponsel ini dapat kamu manfaatkan untuk menelepon hingga 12 jam, bermain PUBG selama 3 jam, atau menghabiskan daftar video di watchlist YouTube kamu selama empat jam.

Meski baterainya besar, tapi proses isi ulang tetap kencang. Musababnya, TECNO telah menginjeksikan fitur Pengisian Daya Super 45W. Baterai yang kosong dapat terisi kembali separuhnya hanya dalam waktu 24 menit.

Kalau kamu punya gawai wearable seperti smartwatch atau smartband yang sedang kehabisan daya, kamu bisa memperoleh daya dari ponsel ini yang mendukung reverse charging. Namun, karena belum bersifat wireless, kamu memerlukan adaptor tambahan untuk melakukan metode pengisian ulang ini.

(+) Sensor dan Konektivitas yang Lengkap

Selain giroskop yang diperbagus, TECNO POVA 4 Pro juga punya segudang sensor dan konektivitas lain yang membuatnya jadi (nyaris) sangat lengkap. Di antaranya adalah jack audio 3.5 mm, speaker stereo dengan DTS Audio, dukungan OTG, dan kehadiran sensor sidik jari fisik yang lebih disukai beberapa pengguna.

Tidak lupa pula, TECNO menyertakan fitur NFC untuk kemudahan dalam bertraksasi nontunai untuk pengguna ponsel gaming POVA 4 Pro ini.

(-) Tanpa Slot microSD

Andai fitur ini hadir, TECNO POVA 4 Pro bakal jadi ponsel yang lengkap. Tapi dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan TECNO, pasti ada fitur yang harus dikorbankan. Dan fitur tersebut adalah slot microSD. Jadi pengguna harus pintar memanfaatkan ruang internal 128GB yang tersedia.

Sejatinya TECNO POVA 4 Pro juga menghadirkan varian 256GB yang lebih lega. Namun, dari hasil pencarian kami di situs ecommerce, varian ini sudah sulit ditemukan dan toko resmi TECNO juga sudah tidak menjualnya.

(-) Kualitas Kamera Utama Kurang Oke

kamera tecno pova 4 pro

Sensor 50MP untuk kamera utamanya terdengar meyakinkan. Tapi ponsel ini malah membuktikan asumsi bahwa “resolusi tinggi tidak selalu menjamin kualitas terbaik.” Dari sampel gambar yang dibagikan beberapa YouTuber, terlihat bahwa hasil foto TECNO POVA 4 Pro jauh dari kata natural dengan kontras yang kurang serta noise yang semarak di kondisi low-light.

Maklum, TECNO sepertinya benar-benar memfokuskan produk ini untuk kebutuhan gaming. Kamu yang berencana membeli TECNO POVA 4 Pro sebagai ponsel fotografi sebaiknya berpikir dua kali karena hasil gambarnya tidak terlalu baik jika dibandingkan ponsel kamera bersensor 50MP lain dengan harga yang sama.

Spesifikasi TECNO POVA 4 Pro

spesifikasi tecno pova 4 pro

Lihat spesifikasi utama HP TECNO POVA 4 Pro berikut ini.

Spesifikasi utama TECNO POVA 4 Pro:
  • Layar: AMOLED 6,66 inci; 1080 x 2460 pixel FHD+; refresh rate 90Hz
  • Chipset: MediaTek Helio G99
  • RAM: 8GB
  • Storage: 128GB dan 256GB
  • Kamera belakang: 50MP + AI Lens
  • Kamera depan: 8MP
  • Baterai: 6.000 mAh, fast charging 45 watt
  • Sistem operasi: Android 12
  • Lihat spesifikasi lengkap TECNO POVA 4 Pro

Harga TECNO POVA 4 Pro di Indonesia

harga tecno pova 4 pro

HP gaming menarik ini bisa kamu dapatkan di toko resmi TECNO di ecommerce favorit kamu dengan harga Rp 2.999.000 untuk varian tunggal 8GB + 256GB.

Kamu dapat memilih satu dari semua varian warna yang masih tersedia, yaitu Orange, Fluorite Blue, dan Uranolith Grey.


Kesimpulan

Melalui TECNO POVA 4 Pro, sekali lagi TECNO membuktikan bahwa mereka bersungguh-sungguh untuk menggarap pasar Indonesia. Dan HP gaming ini seperti surat cinta bagi gamer mobile di Indonesia yang jumlahnya masif dan semakin bertambah setiap harinya. Kalau kamu mencari HP gaming dua jutaan, TECNO POVA 4 Pro pasti dapat membuat kamu terpikat.

Tapi kalau kamu mencari smartphone dengan kapabilitas fotografi yang lebih mumpuni, baik kamera depan atau kamera belakang, sebaiknya kamu incar smartphone dari merek tetangga yang kualitasnya sudah lebih teruji.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0