5 Laptop Gaming Harga 5 Jutaan Terbaik, Mainkan Game Terbaru dengan Lancar

Orang sering berasumsi bahwa untuk dapat memainkan game bertaraf AAA, kamu memerlukan laptop dengan spesifikasi yang tinggi pula yang ditandai oleh prosesor tangguh dengan clock speed yang paling kencang atau GPU yang sanggup mengolah grafis 3D paling rumit.

Namun, ketahui pula bahwa selama game yang kamu mainkan tidak menuntut persyaratan minimum yang tinggi, maka laptop yang kamu perlukan untuk bermain game pun tidak harus yang paling mahal.

Untuk harga paling minimum yang menurut kami masih sanggup menjalankan game-game ringan atau online kompetitif, laptop 5 jutaan adalah batas paling terjangkau yang dirasa cukup proporsional.

BACA JUGA: Tips Memilih Laptop Gaming (5 Faktor Penting)

Jangan salah, di kelas harga ini, ada banyak pilihan laptop yang sangat menarik. Berdasarkan pertimbangan spek yang meruncing pada pilihan prosesor, GPU, penyimpanan internal, hingga resolusi layar, kami dapat merekomendasikan lima laptop gaming 5 jutaan berikut untuk kamu jadikan bahan pertimbangan.


Lenovo V14 G2

rekomendasi laptop 5 jutaan buat gaming

Jika menilai dari tampangnya saja, kamu pasti mengira bahwa Lenovo V14 G2 adalah laptop kerja. Tidak sepenuhnya keliru. Ia memang mampu mendukung produktivitas kamu. Dan di saat yang bersamaan, laptop ini juga bisa kamu pakai untuk bermain game di sela aktivitas.

Pasalnya, laptop gaming 5 jutaan ini diperkuat oleh prosesor Ryzen 3 5300U dari AMD. Ini merupakan prosesor berarsitektur Zen 2 dari keluarga Lucienne yang tersusun atas empat inti serta 8 Thread. Clock speed dasarnya 2,6GHz, tapi pada performa puncak, prosesor ini mampu melesat hingga 3,8GHz.

Tidak ada GPU diskrit, tapi pengolah grafis AMD Radeon RX Vega 6 yang terintegrasi di dalamnya sudah cukup untuk menikmati game-game modern pada setelan grafis rendah.

Seperti yang ditampilkan oleh channel YouTube Widian Imantaka. Pada setelan ‘Lowest’ dengan resolusi full HD, laptop ini masih lancar menjalankan game RPG populer seperti Genshin Impact.

Lenovo V14 G2 dipasarkan hanya dengan satu varian memori saja, berkapasitas 4GB DDR4-3200 yang sudah terpasang permanen (solder). Tapi pengguna dapat memperluasnya hingga 12GB melalui satu slot kosong yang tersedia.

Kisaran Harga: Rp 5,7 Jutaan


Acer Aspire 3 A315-58

laptop gaming harga 5 jutaan

Sektor paling menarik dari laptop gaming 5 jutaan ini, tentu saja, prosesornya. Tidak tanggung-tanggung, Acer menyematkan Intel Core i3-1115G4 yang sudah berteknologi 10 nm. Prosesor Tiger Lake ini dirancang dengan dual-core dan 4 Thread saja, tapi ia menawarkan kecepatan maksimum hingga 4,1GHz dengan fitur TurboBoost.

Beralih ke sektor pengolahan grafis, kamu akan dimanjakan oleh GPU Intel UHD Graphics Xe G4. Media penyimpanannya sudah bertipe SSD PCIe NVMe Gen3 yang akan sangat membantu mempercepat proses loading game kamu. Kapasitas RAM 4GB saja, tapi pengguna berhak untuk melipatgandakannya dengan membeli keping RAM ekstra.

Bagaimana performanya saat diminta memainkan game? Untuk game-game online kompetitif seperti Valorant, DoTA 2, atau Genshin Impact, laptop gaming 5 jutaan ini masih lancar dan gegas mengeksekusinya. Begitulah menurut pengujian oleh channel john not legend. Tapi kamu harus memainkannya di setelan terendah dan disarankan meng-upgrade RAM dulu.

Hal lain yang pasti kamu sukai dari laptop ini adalah layar 15,6 inci yang terlindungi bezel yang sangat tipis untuk kelas harganya. Memberi keleluasaan pandangan tanpa terganggu bar hitam yang terlalu tebal. Oh iya, resolusi layar ini sudah memakai full HD dengan panel IPS dan dilengkapi fitur Bluelight Shield untuk perlindungan bagi mata penggunanya.

Kisaran Harga: Rp 5,9 jutaan


ASUS M409DA

laptop gaming 5 jutaan

Dengan reputasi yang sangat baik dan pusat servis yang tersebar di mana-mana, nama ASUS wajib disertakan dalam hampir semua daftar laptop terbaik. Untuk kategori laptop gaming 5 jutaan, mata kami tertuju pada ASUS M409DA.

Otak utama laptop ini adalah Ryzen 3 3200U bernama sandi Matisse yang cukup ngebut dengan kecepatan tertinggi 3,5GHz. Pengolah grafisnya adalah Radeon VEGA 3 dengan RAM dasar 4GB yang dapat dimaksimalkan hingga 12GB. Sektor audionya ditangani speaker ganda yang diinjeksikan teknologi SoniMaster Audio dari ASUS.

Meski proseor dan iGPU laptop ini kalah bertenaga dari milik Lenovo V14 G2 yang kami bahas di poin pertama, tapi laptop ASUS ini punya kelebihan tersendiri.

Pertama, layarnya yang beresolusi full HD dengan lapisan anti-glare dan NanoEdge Display untuk bezel yang tipis. Ini jelas merupakan hal mutlak untuk memperoleh pengalaman yang oke saat bermain game. Selain itu, ASUS M409DA ini juga menyediakan pemindai sidik jari untuk proteksi yang lebih modern dan praktis.

Kisaran Harga: Rp 5.7 jutaan


HP 14s-fq0562AU

laptop gaming terbaik 5 jutaan

Satu lagi HP gaming 5 jutaan yang berpenampilan seperti laptop profesional adalah produk besutan HP ini. Laptop ini mendukung layar 14 inci HD dengan teknologi SVA BrightView micro-edge. Artinya, kualitas layar ini berada di bawah laptop full HD, tapi tampak lebih baik dibandingkan resolusi HD pada umumnya.

Untuk penyimpanannya, model produk ini punya varian 1TB HDD, namun kami menyarankan kamu untuk membeli tipe SSD dengan kapasitas 512GB saja untuk performa yang lebih stabil dalam penggunaan yang lama. Ia hanya dilengkapi satu keping RAM 4GB DDR4, tapi kamu pun dapat menambah kapasitasnya, kok.

Begitu pula untuk prosesornya yang menyediakan pilihan Ryzen 3 atau Ryzen 5. Namun, harganya sudah lebih dari lima jutaan. Untuk SKU lima jutaan, kamu akan mendapatkan AMD Athlon 3050U yang tentunya bukan prosesor yang buruk. Didukung oleh iGPU Radeon Graphics yang memungkinkan kamu memainkan game ringan seperti CS:GO atau FIFA.

Keyboard layout 65% milik laptop ini mendukung fitur backlight untuk penerangan saat melakukan pengetikan di area redup cahaya. Sementara webcam True Vision 720p HD di bagian atas layarnya akan sangat berguna untuk kepentingan kerja atau studi online.

Kisaran Harga: Rp 5,4 jutaan


Infinix X2

laptop gaming 5 jutaan rekomendasi

Kami sebetulnya ingin mencantumkan RedmiBook 15 sebagai pengisi slot terakhir daftar HP gaming 5 jutaan. Namun, banderol harganya bersifat diskon dan saat normal, ia dihargai di angka 6 jutaan lebih. Lebih dari itu, stoknya sedang kosong di mana-mana. Maka kami berikan slot ini kepada produk lain yang tidak kalah mengagumkan, Infinix X2.

Jantung performanya diprakarsai oleh Intel Core i3-1005G1 yang mengintegrasikan iGPU Intel UHD. Prosesor dari gen 10 ini masih terbilang modern dan tangguh untuk aktivitas saat ini. Tanpa GPU diskrit, performa gaming laptop ini mungkin bukan yang terbaik. Tapi ia punya keunggulan di berbagai aspek lain.

Seperti layarnya yang sudah beresolusi full HD (1920 x 1080) yang mendukung gamut warna 100% sRGB dengan bezel setipis 4,7 mm dan tingkat kecerahan paling tinggi 300 nit untuk kenyamanan saat bermain game atau menonton film.

Istimewanya lagi, laptop berbahan full metal ini hanya berbobot 1,24 kg dengan ketipisan 14,8 mm. Kami yakin ia pasti muat dimasukkan ke dalam tas ransel berukuran kecil sekalipun. Walaupun tipis, tapi Infinix X2 tetap menyediakan port HDMI bertipe 1.4 yang lebih baik serta 2x USB 3.0. Lengkap dengan sensor pemindai sidik jari pula.

Adapun kekurangan utama dari laptop ini yang mesti kamu tahu adalah RAM 4GB dan SSD 256 miliknya yang tidak dapat di-upgrade karena tak menyediakan slot ekstra. Alternatif penambahan ruang penyimpanan adalah slot microSD yang tersedia di samping bodinya.

Kisaran Harga: Rp 5,9 jutaan


Kesimpulan

Semua orang tentu berharap dapat memainkan game paling berat kesukaan mereka pada setelan grafis paling ‘rata kanan.’ Namun, tidak semua orang punya anggaran yang cukup untuk membeli laptop yang sanggup memainkannya.

Nah, lima laptop gaming 5 jutaan rekomendasi kami di atas membuktikan bahwa selama kamu mau berkompromi untuk hanya memainkan game-game modern yang ringan, kamu masih bisa kok menikmati hobi kamu tersebut.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0