MacBook Air M2 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Harga Mulai Rp21 Juta

Dalam pagelaran WWDC 2022 yang sukses digelar Juni lalu, Apple merilis salah satu gawai yang kehadirannya sudah ditunggu-tunggu oleh pengguna setia mereka, MacBook Air versi terbaru 2022 yang mengandalkan chip M2.

Sudah jelas, aspek unggulan yang dimiliki oleh laptop tipis Apple ini adalah penggunaan chip M2. Sebuah chipset (bukan prosesor) kencang yang bahkan melampaui performa sejumlah prosesor saingannya dengan efisiensi daya yang sungguh mengagumkan.

Kabar baik buat calon peminatnya di Indonesia, MacBook Air M2 sudah bisa dipesan melalui mitra distributor resmi Apple di Tanah Air, iBox per tanggal 12 September kemarin. MacBook Air M2 tersedia dalam dua opsi penyimpanan, yakni 256GB dan 512GB.

Berapa harga MacBook Air M2 di Indonesia?

Berikut adalah harga MacBook Air M2 untuk masing-masing variannya:

  • MacBook Air M2 256GB – Rp 21 juta
  • MacBook Air M2 512GB – Rp 26 juta

Spesifikasi MacBook Air M2

spesifikasi Macbook Air M2 2022

MacBook Air M2 mengalami revisi desain di mana kali ini ia tampil lebih ramping dengan bobot yang sedikit lebih ringan. Penggunaan sistem pendingin tanpa kipas (fanless) berkontribusi besar pada desainnya yang sejak dulu sudah tampil elegan dan tipis ini.

Dengan desainnya yang sangat ramping, MacBook Air M2 masih menyediakan dua port Thunderbolt (USB 4) dengan tambahan dukungan terhadap MagSafe. Namun, jangan harap kamu bakal menemukan colokan HDMI.

MacBook Air M2 juga kedatangan dua warna baru, Midnight (hitam kebiruan) dan Starlight (emas pucat). Jika melihat postingan promosi terbaru di kanal media sosial iBox, tampaknya dua warna baru ini turut dihadirkan ke Tanah Air.

Bezel atas layar MacBook Air M2 kini jadi semakin tipis. Hanya saja, pada generasi kali ini pengguna akan disuguhkan dengan notch yang menampung kamera web. Setidaknya, resolusi kamera web ini meningkat dari HD menjadi full HD (1080p). Luas layarnya berukuran 13,6 inci dengan resolusi 2560 x 1664 piksel.

Peningkatan juga diberikan kepada layarnya yang kali ini menggunakan panel Liquid Retina yang dikenal punya kontras tajam serta dukungan spektrum warna hingga miliaran. Spesifikasi ini akan sangat diapresiasi oleh mereka yang bekerja di bidang desain.

Sekarang, mari kita sedikit membahas soal bintang utamanya, M2. Chipset ini punya konfigurasi 8 inti dengan dua klaster terpisah, empat inti performa dan empat inti efisiensi daya. Apple menjanjikan adanya peningkatan performa hingga 18 persen pada konsumsi daya yang sama seperti M1.

MacBook Air M2 yang dijual di Indonesia menyediakan dua opsi pengolah grafis, GPU 10 inti dan GPU 8 inti. Khusus untuk varian GPU 10 inti, pengguna akan menikmati selisih performa grafis hingga 35 persen lebih baik dari MacBook generasi sebelumnya.

harga MacBook Air M2 2022

Apakah laptop tipis ini bisa memainkan game AAA? Secara teknis, peranti keras yang dimilikinya menyanggupi. Tapi sangat sedikit game AAA yang dioptimalkan untuk ekosistem Apple. Saat menjalankan game seperti Tomb Raider atau Metro Exodus, pengguna akan lebih sering mengalami gejala throttling dan penurunan frame rate yang signifikan.

Bagaimana dengan daya tahan? Sektor ini juga mendapat peningkatan dari 49,9 Wh menjadi 52,6 Wh. Dengan efisiensi sebaik chip M2, pengguna boleh berharap ketahanan daya hingga lebih dari 15 jam sebagaimana yang dimiliki oleh MacBook Air M1.

Baterainya dapat diisi hingga 50 persen dalam hitungan 30 menit dengan charger 67 watt yang belum dapat kami pastikan apakah akan disertakan dalam paket penjualan atau hanya tersedia untuk varian GPU/storage yang lebih tinggi saja.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0