7 Masalah Umum yang Terjadi Pada Smartphone Android dan Cara Mengatasinya

Teknologi smartphone yang semakin canggih seiring berjalannya waktu, nyatanya tak serta merta membuatnya terbebas dari kendala apapun. Masih saja terdapat berbagai masalah yang kerap menyertainya. Tentunya hal ini cukup merugikan para penggunanya.

Tak terkecuali pada smartphone Android, para pengguna Android sendiri mungkin sebagian sudah merasakan berbagai masalah umum yang kerap terjadi baik pada bagian software maupun hardware.

Untuk itu, Arena Digital akan mengulas sederet masalah yang umum terjadi pada smartphone Android dan cara sederhana untuk mengatasinya.

So, tidak perlu berlama-lama, bagi kamu yang pernah atau mungkin tengah mengalami masalah tersebut, yuk segera simak ulasan berikut ini.

Masalah Umum yang Sering Menimpa Smartphone Android dan Cara Mengatasinya

mengatasi masalah android
1

Baterai Boros

Baterai yang cepat habis merupakan masalah umum yang dialami oleh sebagian pengguna Android. Sistem Android sendiri memang masih terus berupaya untuk mengoptimalisasi penggunaan baterai dan belum sepenuhnya berhasil mengatasi kendala tersebut.

Atas dasar itulah, tak sedikit dari pengguna yang masih mengeluhkan masalah pada baterai yang dirasa cepat habis tersebut.

Adapun cara sederhana untuk mengatasi masalah boros baterai ini sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa coba mematikan beberapa fitur yang sedang tidak dipakai, misalnya seperti GPS, WiFi dan lainnya.

Selain itu, pengaturan brightness juga cukup berpengaruh pada ketahanan baterai. Kamu bisa mengatur dengan menurunkan tingkat kecerahan handphone, sehingga penggunaan baterai menjadi sedikit lebih awet.

Baca juga: Cara Ampuh Memperpanjang Daya Tahan Baterai Smartphone

2

Aplikasi tiba-tiba berhenti

Sepertinya tak jarang pengguna Android mengalami masalah aplikasi yang tiba-tiba berhenti, meskipun saat sedang digunakan. Hal ini pasti sangat menjengkelkan, bukan?

Masalah ini terjadi biasanya akibat terlalu banyak aplikasi yang berjalan sekaligus sehingga membuat sistem Android menjadi terhenti.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kendala ini yaitu dengan cara membersihkan file cache yang terdapat pada smartphone. Hal ini juga dianggap efektif mengatasi kendala handphone yang lemot. Selain membersihkan file cache kamu juga bisa mencoba restart smartphone terlebih dahulu.

3

Hang

Meskipun kendala berupa handphone yang hang ini jarang terjadi pada smartphone dengan spesifikasi tinggi, namun untuk smartphone Android kelas menengah, masalah ini tak jarang dijumpai.

Beberapa smartphone Android bahkan mengalami hang ketika tengah menjalankan suatu aplikasi, khususnya aplikasi yang berat dan menguras resource smartphone.

Cara sederhana untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Persis seperti solusi sebelumnya, Kamu hanya perlu rajin membersihkan file cache, karena file tersebut memang kerap mengakibatkan Android menjadi hang dalam beberapa kasus.

4

Ponsel Cepat Panas

Ponsel yang suhunya tiba-tiba terasa cepat panas merupakan salah satu masalah umum yang kerap dialami pengguna smartphone Android.

Masalah suhu ponsel Android yang dengan cepat menjadi sangat tinggi atau terasa panas ini biasanya terjadi akibat penggunaan smartphone yang cukup intens, atau bisa juga karena kondisi jaringan sedang tidak stabil. Alasannya, ketika jaringan tidak stabil, maka smartphone akan berusaha mencari jaringan secara terus-menerus. Hal itu tentu berpengaruh menyebabkan smartphone Android menjadi cepat panas.

Nah, solusi yang bisa kamu lakukan sangatlah mudah, kamu bisa mematikan koneksi internet terlebih dahulu ketika jaringan sedang kurang stabil, atau bisa juga mengaktifkan mode pesawat dalam beberapa menit kemudian mematikannya kembali. Cara lainnya, kamu juga bisa mengurangi aktivitas penggunaan smartphone yang berlebihan, salah satunya ketika bermain game.

5

Terserang Virus

Meskipun para produsen smartphone terus berupaya menangani masalah keamanan perangkat Android, namun tetap saja terdapat beberapa kasus smartphone terserang virus malware yang tak kalah canggih untuk mengalahkan sistem keamanan pada perangkat tersebut.

Adapun solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan melibatkan aplikasi antivirus pihak ketiga yang sudah terpercaya.

Di Google Play Store terdapat banyak pilihan antivirus dengan rating yang bagus untuk menghalau serangan malware.

6

Sulit Download Aplikasi Play Store

Apa Kamu pernah mengalami kejadian ketika sedang menginstall aplikasi di Google Play Stote tiba-tiba selalu gagal? Tentu hal tersebut cukup mengganggu, ya!

Nyatanya, masalah yang satu ini kerap dirasakan oleh para pengguna Android. Kendala seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain koneksi internet yang kurang stabil, memori terlalu penuh, atau mungkin karena file cache yang sudah menumpuk lantaran jarang dibersihkan.

Cara mengatasinya tentu saja dengan mencoba membersihkan cache, mengosongkan memori internal, atau bisa juga beralih menggunakan koneksi Wi-Fi yang stabil ketika melakukan pengunduhan aplikasi.

7

Bootloop

Beberapa pengguna Android tentu pernah mengalami kejadian ketika smartphonenya bootloop secara tiba-tiba. Bootloop sendiri merupakan keadaan dimana hp berhenti berproses atau tidak dapat masuk ke sistem Android. Contoh yang paling umum adalah ponsel hanya stuck di bagian logo ketika baru dinyalakan.

Masalah bootloop pada Android memang kerap terjadi. Hal ini biasanya ditandai oleh smartphone yang mengalami hang lalu tiba-tiba mati. Kemudian, ketika kembali dihidupkan justru hanya stuck pada bagian logo yang tak kunjung masuk ke sistem dan menyala.

Solusi untuk mengatasi masalah ini memang cukup rumit. Namun jika kamu menggunakan smartphone dengan seri lama, Kamu bisa mencobanya dengan terlebih dahulu mematikan handphone, kemudian melepas baterai, SIM Card, dan Memory Card selama beberapa saat, lalu coba kembali hidupkan smartphone setelah memasangkan kembali semua yang sebelumnya dilepas.

Adapun kebanyakan smartphone saat ini memang sudah menggunakan baterai model tanam.

Namun jika cara tersebut tidak dapat dilakukan ataupun tidak membuahkan hasil, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

Wipe Cache

Kamu tak perlu khawatir ketika melakukan Wipe Cache Partition sebagai upaya mengatasi bootloop, karena cara ini tidak akan menghapus data-data yang ada di perangkat smartphone. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Recovery handphone dengan cara: tekan tombol Power + Volume Up atau tombol Power + Volume Down (cobalah atu per satu).
  • Muncul Recovery Mode Android, apabila terdapat gambar robot tidur, maka tekan tombol Power.
  • pilih Wipe Cache Partition, lalu tunggu hingga proses tersebut selesai.
  • Jika sudah selesai, pilih Reboot System Now untuk masuk kembali ke sistem Android.
  • Selanjutnya tunggu proses booting selesai.

Proses booting awal setelah melakukan wipe cache biasanya memerlukan waktu cukup lama, yakni sekitar 5-10 menit.

Factory Reset

Factory reset adalah proses mengembalikan perangkat smartphone ke pengaturan awal, sehingga semua file termasuk aplikasi yang ada di ponsel Android milikmu akan hilang dan kembali kosong seperti semula. Langkah-langkahnya hampir mirip dengan cara sebelumnya, yaitu:

  • Pertama, masuk ke Recovery di handphone kamu dengan cara; tekan tombol Power + Volume Up atau Power + Volume Down  (coba satu-persatu).
  • Kemudian kamu akan masuk ke Recovery Mode Android.
  • Pilih Wipe Data/Factory Reset, kemudian pilih Yes.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Jika sudah selesai, pilih Reboot System Now dan tunggu booting selesai.

Seperti booting awal, proses ini juga memakan waktu yang cukup lama.

Jika beberapa cara tersebut tak juga berhasil, maka pilihan terakhir adalah membawa ponsel ke tempat service handphone.


Itulah sederet masalah umum yang kerap menyerang smartphone Android beserta cara yang bisa kamu lakukan untuk menanganinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk untuk kamu yang tengah mengalami salah satu kendala di atas, ya!

Topik:

Yayah Hifziyah
arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0