Membandingkan Paket Langganan Netflix: Benefit dan Biayanya

Berbicara mengenai layanan streaming yang menyediakan konten paling banyak dan beragam, serta dengan fitur dan pilihan berlangganan yang fleksibel, maka Netflix tetap jadi nomor satu.

Mungkin saja kamu baru ingin mulai berlangganan Netflix dan sedang menimbang-nimbang paket berlangganan apa yang ingin kamu pilih. Atau mungkin kamu sudah berlangganan dan ingin meninjau kembali paket langgananmu, berapa biayanya, apakah ada perubahan dalam ketentuan paket langganana tersebut.

Apapun itu, kamu tiba di halaman yang tepat. Karena di sini kita akan membahas dan membandingkan setiap paket berlangganan yang ditawarkan oleh Netflix.

Paket Berlangganan Netflix

perbedaan paket langganan netflix

Netflix menawarkan 4 jenis paket berlangganan, yaitu Mobile, Basic, Standard, dan Premium. Keempat pilihan paket tersebut menawarkan harga dan benefit yang berbeda-beda.

Namun kamu tidak perlu khawatir tentang konten dan katalog film/serial yang ditawarkan, karena setiap paket langganan tetap mendapatkan akses konten yang sama, alias tidak terbatas.

Perbedaan utama di setiap paket langganan Netflix terletak pada resolusi atau kualitas gambar/video yang akan kamu nikmati. Misalnya saja, paket Basic hanya menawarkan resolusi SD (480p), sedangkan paket Premium memungkinkan kamu menikmati film dengan resolusi hingga Ultra HD atau 4K.

Perbedaan benefit lain untuk setiap paket Netflix terletak pada berapa banyak perangkat yang bisa menikmati konten secara bersamaan. Sederhananya, berapa banyak orang yang bisa menggunakan akun Netflix yang sama dalam satu waktu.

Sebagai contoh, dengan berlangganan paket Netflix Premium kamu bisa menikmati tayangan Netflix di 4 screen dan perangkat berbeda dalam satu waktu. Dengan begitu kamu bisa membagikan akun Netflix Premium-mu ke anggota keluarga atau teman lainnya.

Berikut adalah penjelasan detail setiap paket berlangganan yang bisa kamu pilih di Netflix:

Paket Netflix Mobile

  • Harga: Rp54.000
  • Deskripsi: resolusi SD (480p), 1 screen dalam satu waktu, hanya bisa diakses melalui smartphone atau tablet.

Ini adalah paket Netflix yang paling murah untuk pelanggan Indonesia.

Sesuai dengan namanya, paket Mobile Netflix diperuntukkan untuk pelanggan yang ingin nonton Netflix di perangkat mobile seperti ponsel dan tablet. Paket Mobile hanya menawarkan resolusi SD, jadi cukup nyaman digunakan di layar berukuran kecil.

Akun Netflix Mobile hanya bisa digunakan untuk 1 screen atau perangkat dalam satu waktu. Jadi akun jenis ini tidak untuk dibagikan ke orang lain, kecuali kamu ingin nonton secara bergantian.

Paket Netflix Basic

  • Harga: Rp120.000
  • Deskripsi: resolusi HD (720p), 1 screen dalam satu waktu, bisa diakses melalui HP, komputer, dan TV.

Jika kamu tidak puas nonton Netflix di handphone, maka kamu bisa upgrade ke paket Basic, yang memungkinkan kamu menikmati konten Netflix di komputer dan TV.

Kualitas gambar yang ditawarkan hingga resolusi HD atau 720p, sehingga cukup nyaman digunakan di laptop ataupun TV berukuran kecil. Jika kamu gunakan di TV berukuran besar, misalnya 40 inci, maka kualitas gambarnya kurang memuaskan.

Seperti paket Mobile, paket Netflix Basic hanya bisa digunakan untuk 1 screen atau perangkat dalam satu waktu.

Paket Netflix Standard

  • Harga: Rp153.000
  • Deskripsi: resolusi Full HD (1080p), 2 screen dalam satu waktu, bisa diakses melalui HP, komputer, dan TV.

Paket Netflix Standard adalah paket yang paling populer saat ini, karena bisa digunakan di 2 screen atau perangkat secara bersamaan.

Kualitas videonya pun ideal untuk digunakan di layar TV karena sudah menawarkan resolusi hingga Full HD 1080p.

Paket Netflix Premium

  • Harga: Rp186.000
  • Deskripsi: resolusi Ultra HD / 4K (2160p), 4 screen dalam satu waktu, bisa diakses melalui HP, komputer, dan TV.

Paket Premium Netflix adalah pilihan paket langganan paling tinggi dan paling mahal, dengan harga 186.000 rupiah.

Dengan akun Netflix Premium, kamu bisa menikmati film dan serial favorit dengan kualitas terbaik dengan resolusi Ultra HD alias 4K.

Keunggulan paling menyenangkan dari paket Premium adalah kamu bisa menggunakan akun Netflix di 4 perangkat sekaligus dalam satu waktu, sehingga bisa digunakan bersama-sama teman dan keluarga, dengan profil masing-masing.

TIP: Kamu bisa patungan 4 orang dengan temanmu untuk berlangganan paket Netflix Premium, dengan begitu kamu bisa menikmati resolusi film kualitas tertinggi dengan biaya hanya Rp46.500/orang. Lebih murah dari paket Mobile.

Paket Netflix Apa yang Cocok Buatmu?

Saran saya, cukup pilih antara paket Standard dan Premium. Keduanya menawarkan resolusi Full HD dan Ultra HD. Jika kamu hobi nonton, kamu tidak akan puas dengan kualitas gambar yang lebih rendah dari Full HD. Kecuali kamu hanya ingin menggunakan smartphone atau tablet untuk mengakses Netflix.

Terlebih lagi, paket Netflix Standard dan Premium meungkinkan kamu patungan 2 atau 4 orang untuk mendapatkan harga jauh lebih murah dengan resolusi dan kualitas video yang lebih tinggi.

Jika kamu memiliki TV bersolusi 4K di rumah, kamu WAJIB berlangganan paket Premium. Well, tidak wajib, tapi… Tahukah kamu kalau 4K itu berarti 4x lebih tajam daripada Full HD? 4x FHD!

Menikmati film dan serial dengan kualitas 4K benar-benar akan menjadikan pengalaman nonton kamu menjadi maksimal.


Itulah berbagai pilihan paket berlangganan Netflix dan perbandingan detail setiap paket Netflix yang bisa kamu pilih.

Jika kamu sudah menentukan paket Netflix apa yang akan kamu gunakan, kamu bisa berlangganan Netflix secara langsung (tutorialnya) ataupun melalui pihak ketiga yang menawarkan paket bundling internet seperti Telkomsel dan IndiHome.

Topik:

Fadil

Fadil

Founder Arenadigital.id, tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain mengelola beberapa website, ia juga habiskan waktu dengan Netflix dan travelling.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0