Mengenal Aplikasi YoWhatsApp: Keuntungan dan Risikonya

Siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Salah satu aplikasi chat atau pesan instan yang paling populer dan digunakan oleh ratusan juta orang dari berbagai penjuru dunia.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena aplikasi WhatsApp memiliki berbagai fitur yang memudahkan para penggunanya untuk berinteraksi melalui smartphone dan selalu ada update baru yang tentunya memiliki banyak manfaat.

Namun, selalu saja ada pengguna yang merasa kurang puas dengan segala fitur yang ditawarkan WhatsApp sebagai aplikasi chat populer di dunia. Dan celah itu pun dimanfaatkan oleh berbagai pengembang aplikasi sehingga muncullah aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi (WhatsApp mod), yang menawarkan fitur yang tidak umum alias fitur yang mengakali batasan yang ada.

Baca juga: 5 Aplikasi Chat Paling Aman, Privasi Terjaga!

Sebut saja aplikasi WhatsApp Plus atau WhatsApp GB yang dikembangkan oleh XDA Developer, dimana fiturnya adalah pengguna dapat mengirim pesan dengan jadwal yang ditentukan, pengguna dapat memilih tema pada tampilan aplikasi, pengguna dapat mengirim pesan tanpa menyimpan nomor yang dituju, pengguna dapat mengunduh status pada kontak yang ada hingga pengguna memiliki keuntungan anti-banned.

Tentang YoWhatsApp

aplikasi yowhatsapp

Namun belakangan ini, YoWhatsApp yang merupakan aplikasi chat juga menjadi pembicaraan hangat di dunia maya. Dan tentu saja hal itu mengundang pertanyaan ‘apa itu YoWhatsApp?’.

Dilansir dari berbagai sumber, YoWhatsApp memiliki fungsi layaknya WhatsApp Plus atau WhatsApp GB, yaitu aplikasi WhatsApp yang telah dikembangkan oleh pihak ketiga alias bukan dari pengembang resmi WhatsApp yaitu WhatsApp Inc.

Kemudian dilansir dari laman YoWhatsApp, aplikasi tersebut pertama kali dikembangkan oleh Yousef Al-Basha. Namun karena beberapa hal, Fouad Mokdad mengambil alih pengembangan aplikasi YoWhatsApp.

Usut punya usut, Fouad Mokdad ternyata mengembangkan aplikasi WhatsApp mod lain yaitu FMWhatsApp.

Dan karena YoWhatsApp tidak resmi, maka bagi yang ingin mengunduhnya tidak bisa menemukan aplikasi tersebut di Google Play Store (bagi pengguna Android) ataupun Apple App Store (bagi pengguna iOS).

Dengan demikian, pengguna yang ingin mengunduh YoWhatsApp hanya bisa melalui file APK dari situs pengembangnya saja.

Seperti yang dicantumkan di laman YoWhatsApp, aplikasi itu telah memasuki versi 8.86 dengan update terakhir pada 30 April 2021. Tak hanya itu, YoWhatsApp bahkan telah diunduh lebih dari 13,8 juta kali.

Kamu bisa donwload aplikasi YoWhatsApp ini di situs resminya di sini.

Melihat data di atas, tentu menarik untuk mengetahui apa yang membuat YoWhatsApp diminati banyak pengguna? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan/keuntungan menggunakan YoWhatsApp

Dilansir dari laman resminya, YoWhatsApp memiliki delapan fitur unggulan yang beberapa diantaranya tidak terdapat pada aplikasi resmi WhatsApp.

  1. Mengubah tema. Aplikasi YoWhatsApp membebaskan penggunanya dengan warna tema yang disukai. Sedangkan di aplikasi resmi WhatsApp, pengguna hanya bisa menggunakan satu tema dengan warna hijau yang menjadi ciri khasnya.
  2. Emoji. Pengembang YoWhatsApp mengklaim bahwa mereka memiliki emoji bawaan yang lebih banyak dan unik yang bisa menjadi penyegaran bagi pengguna. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, karena pengguna hanya perlu mengunduh paket emoji di situs YoWhatsApp.
  3. Mengirim video dengan durasi panjang. YoWhatsApp sebagai aplikasi mod dari WhatsApp resmi memiliki keunggulan dalam hal mengirimkan video. Seperti yang diketahui sebelumnya, WhatsApp resmi hanya mengizinkan pengguna mengirimkan video dengan ukuran maksimal 100 MB. Sedangkan YoWhatsApp mengizinkan pengguna mengirimkan video dengan ukuran maksimal 700 MB
  4. Default lock. Yang menjadi salah satu keunggulan YoWhatsApp atas WhatsApp resmi adalah adanya fitur kunci aplikasi (lock app) bawaan. Pengguna bisa memilih ingin mengunci/membuka aplikasinya dengan pola, fingerprint atau PIN. Sedangkan jika menggunakan WhatsApp resmi, pengguna harus mengunduh lock app pihak ketiga.
  5. Menyembunyikan status online. Fitur yang satu ini mungkin disukai pengguna yang tidak ingin diganggu oleh orang lain pada waktu tertentu saat berkirim pesan. Pada aplikasi YoWhatsApp, fitur ini bernama freeze last seen.
  6. Privasi khusus. Seperti halnya WhatsApp resmi, YoWhatsApp juga menyematkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan tanda dua centang jika pesan terkirim, dan dua centang biru jika pesan telah dibaca.
  7. Aplikasi ganda. Salah satu fitur yang disukai dari YoWhatsApp adalah pengguna bisa menggunakan dua akun berbeda dalam satu smartphone.
  8. Tanpa root. Pada umumnya, aplikasi WhatsApp mod ‘memaksa’ pengguna melakukan proses rooting agar aplikasi bisa digunakan dengan mulus. Namun YoWhatsApp tidak memerlukan hal itu dan tentunya memudahkan pengguna.
  9. Fitur unggulan lainnya. Setelah update versi terakhir, YoWhatsApp memberikan fitur yang lebih banyak untuk para penggunanya. Misalnya, pengguna dapat mengirim video GIF berdurasi hingga 30 detik, pengguna dapat mem-pin 1.000 chat, pengguna dapat menyembunyikan nama kontak, fitur anti-delete chat atau story, pengguna dapat membuat status berupa video dengan durasi hingga 5 menit, rescue mode, foto profil pengguna dapat dijadikan background chat dan masih banyak lagi.

Kekurangan/risiko menggunakan YoWhatsApp

Jika melihat berbagai fitur yang ditawarkan dari aplikasi YoWhatsApp, tentu hal itu sangat menarik jika dibandingkan dengan aplikasi resmi WhatsApp.

Namun dibalik semua itu, sebagaimana aplikasi WhatsApp mod lainnya, mengunduh YoWhatsApp juga memiliki risiko bagi penggunanya, antara lain:

  1. Risiko Akun diblokir permanen

Menurut dari berbagai sumber, pihak pengembang WhatsApp resmi telah mengetahui kehadiran banyaknya aplikasi WhatsApp mod dan sadar bahwa banyak yang menggunakan WhatsApp yang tidak resmi.

Dengan demikian, pihak WhatsApp menegaskan bahwa aplikasi WhatsApp mod yang dikembangkan pihak ketiga tidak memiliki kaitan langsung dengan WhatsApp resmi dan hal itu telah melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp.

Pada laman FAQ resmi, pihak WhatsApp mengeluarkan ancaman bagi pengguna yang tetap memakai aplikasi WhatsApp mod dengan sanksi diblokir secara bertahap atau sementara hingga permanen.

Meskipun tidak menyebutkan nama YoWhatsApp secara spesifik, pihak WhatsApp pun mengancam pengguna yang memakai aplikasi tersebut akan diblokir.

  1. Keamanan yang tak terjamin

Bukan tanpa alasan pihak WhatsApp resmi melarang penggunaan WhatsApp mod, itu karena keamanan yang tidak terjamin.

Pihak WhatsApp selama ini selalu mengklaim bahwa mereka memiliki fitur keamanan enkripsi end-to-end untuk seluruh percakapan pengguna aplikasi WhatsApp.

Dengan kehadiran fitur enkripsi tersebut, maka pihak lain, termasuk pihak WhatsApp sendiri, tidak akan bisa mengintip percakapan pengguna.

Karena itulah pihak WhatsApp menegaskan di laman FAQ bahwa aplikasi pihak ketiga tidak bisa menjamin keamanan para penggunanya.

  1. Ancaman malware

Risiko yang satu ini sepertinya cukup membuat pengguna aplikasi WhatsApp mod, termasuk YoWhatsApp, harus lebih berhati-hati. Karena sangat mungkin aplikasi disusupi oleh malware alias software berbahaya.

Dilansir dari berbagai sumber yang telah beredar, WhatsApp GB memiliki risiko membawa malware dan spyware karena bagi yang ingin mengunduh aplikasi tersebut harus melalui file APK di situs tertentu, yang tentunya bukan dari toko aplikasi resmi.

Jadi situs untuk mengunduh file APK WhatsApp mod tersebut sangat mungkin tertanam malware. Dan jika yang tertanam berjenis spyware, maka semua data milik pengguna smartphone yang mengunduh aplikasi WhatsApp mod bisa dicuri untuk berbagai hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan jika mengunduh aplikasi resmi WhatsApp dari toko resmi, misalnya Google Play Store, pihak Google telah menggunakan teknologi Google Play Protect yang bisa melindungi pengguna dari pencurian data.

Dengan teknologi tersebut, maka aplikasi yang diunduh pengguna akan dipindai lebih dulu untuk memastikan tidak adanya malware atau masalah lain pada aplikasi.

Topik:

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER