11 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Laptop adalah perangkat portable yang membuat kamu bisa mengoperasikan komputer kapan saja dan di mana saja untuk mengerjakan banyak aktivitas, mulai dari menyelesaikan tugas sekolah/kuliah, hingga bermain game.

Namun penggunaan laptop dibatasi oleh daya baterainya, terlebih lagi jika kamu sulit mendapatkan colokan untuk mengecas laptop.

Kendala tersebut bisa diperparah jika kondisi kesehatan baterai laptopmu sudah tidak optimal akibat cara penggunaan dan perawatan yang salah.

Sebenarnya, laptop kekinian sudah dilengkapi dengan teknologi dan software untuk menghemat baterai agar kamu bisa menggunakannya lebih lama tanpa terus-menerus mencolok adaptor charger. Tapi itu bukan berarti kamu bebas menggunakan laptop dalam jangka lama karena sewaktu-waktu bisa kehabisan daya.

Lalu untuk menunjang segala aktivitasmu di laptop, terlebih lagi agar usia baterai laptop kamu lebih panjang, berikut adalah beberapa tips dan cara merawat baterai laptop agar awet:

Hindari overheat dan perhatikan suhu laptop

Menggunakan laptop secara intense, misalnya saat menonton film ataupun bermain game akan membuat suhu pada laptop meningkat, terlebih lagi jika tidak didukung kipas laptop yang memdai, akan membuat laptop overheat (kepanasan).

cara baterai laptop agar tahan lama

Suhu laptop yang panas akan meningkatkan penggunaan daya baterai laptop. Maka dari itu, pastikan kamu menjaga suhu laptop tetap stabil dan gunakan kipas laptop agar baterai lebih awet.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan lingkungan saat menggunakan laptop apakah suhunya terlalu panas atau terlalu dingin, karena hal itu bisa membuat laptop bekerja lebih keras dan menguras daya baterai hingga kemampuan menyimpan daya pun semakin berkurang.

Sebagai contoh, baterai jenis lithium-ion harus berada di lingkungan dengan suhu antara 10 hingga 35 derajat Celcius. Jika di atas itu, maka kapasitas penyimpanan daya akan semakin berkurang.

Waktu pemakaian

Semua barang elektronik tentu saja memiliki kapasitas berbeda, dan jika kamu ingin merawat baterai laptop agar awet, maka perlu memperhatikan waktu pemakaiannya.

Misalnya dengan tidak memforsir laptop untuk pemakaian terlalu lama. Salah satu cara menjaga agar baterai laptop awet yaitu dengan istirahat untuk beberapa saat dan kemudian bisa menggunakan laptop kembali.

Tidak menggunakan banyak aplikasi

Bukan hanya hardware yang perlu diperhatikan agar baterai laptop awet, karena membuka banyak aplikasi dalam satu waktu pasti membuat laptop bekerja lebih keras sekaligus menguras daya baterai lebih cepat.

Karena itu, pastikan kamu menutup semua aplikasi yang tidak digunakan yang tentunya menjadi salah satu cara menjaga agar baterai laptop awet.

Atur cahaya pada layar laptop

Salah satu tips agar baterai laptop awet adalah mengatur cahaya pada layar dengan mode rendah.

Selain menjadi cara mengatasi baterai laptop cepat habis dan menjaga kualitasnya, tentu hal itu baik untuk kesehatan mata kamu.

Jangan biarkan laptop mati total

baterai laptop awet

Terlalu fokus bekerja, nonton film atau bermain game seringkali membuat orang lupa mengecas laptop hingga akhirnya mati total. Perlu diingat bahwa kebiasaan seperti itu akan membuat kualitas baterai laptop menurun dan berakibat fatal.

Hal itu karena laptop yang tiba-tiba mati kehabisan daya membuat komponen pada baterai menjadi cepat rusak. Jadi, jika ingin merawat baterai laptop agar awet, pastikan kamu mengisi daya sebelum di bawah 20%.

Cabut baterai charger jika sudah 100%

Tips agar baterai laptop awet yang berikutnya adalah jangan membiarkan laptop di charge terlalu lama karena arus listrik akan terus mengaliri baterai. Akibatnya, komponen pada baterai laptop menjadi cepat rusak.

Matikan laptop saat di charge

Mematikan laptop saat di charge tentu saja membuat baterai lebih cepat penuh. Selain itu, dengan tidak menggunakan laptop saat di chager juga membantu baterai laptop tetap awet karena terhindar dari aktivitas berat.

Gunakan charger asli

Perlu diperhatikan juga agar baterai laptop awet adalah menggunakan charger asli atau bawaan dari laptop itu sendiri. Memang menggunakan charger KW membuat kamu lebih hemat uang, namun akibatnya arus listrik ke laptop menjadi tidak stabil dan baterai akan cepat rusak.

Jadi agar baterai laptop lebih awet adalah kamu perlu menggunakan charger asli.

Update software secara berkala

tips merawat baterai laptop

Siapa sangka melakukan update software secara berkala merupakan salah satu tips agar baterai laptop awet. Hal itu karena update berkala akan memperbaiki bugs, mengoptimasi penggunaan resource sebuah program, dan secara tidak lansung turut memperpanjang umur baterai laptop kamu.

Selalu lakukan update Windows dan aplikasi yang ada di laptop kamu untuk memaksimalkan penggunaan baterai laptop.

Aktifkan mode ‘Power Saver’

Banyak generasi laptop saat ini yang bisa mengatur mode ‘balance’. Hal itu dimaksudkan untuk menghemat daya ketika keadaan kritis atau memperpanjang masa pakai laptop.

Caranya adalah melalui control panel atau klik ikon baterai yang terdapat pada taskbar di pojok kanan bawah layar, lalu pilih mode ‘Power Saver’.

Simpan laptop dengan baik

Terakhir, tips agar baterai laptop awet adalah dengan menyimpan baterai dengan baik. Misal kamu hendak bepergian dalam jangka lama dan tidak membawa laptop, maka lepas baterainya dan simpan di tempat yang aman.

Jika laptop kamu menggunakan baterai tanam, caranya adalah dengan memastikan baterai terisi penuh atau 0%. Kemudian simpan laptop di tempat dengan suhu normal.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER