Monitor Gaming Murah Terbaik 2021: 144Hz, 24-27″, 1440p, dan lainnya

Rekomendasi monitor gaming murah terbaik di setiap kategori: 144Hz, 24 - 27 inch, 1440p Quad HD, hingga monitor gaming layar lengkung (curved).

Monitor gaming adalah salah satu komponen penting untuk meningkatkan pengalaman dan kenikmatan dalam bermain game di PC/komputer. Tergantung pada kebutuhan dan budget yang kamu miliki, kamu juga bisa menemukan beberapa monitor gaming murah yang bagus kualitasnya.

Terdapat banyak variabel yang berbeda pada spesifikasi dan fitur monitor gaming. Kamu akan menemukan berbagai istilah seperti 24-inch & 27-inci, 144Hz, response time <5ms, layar flat dan melengkung, serta resolusi 1080p dan1440p. Hal tersebut bisa sangat membingungkan.

Spesifikasi terpenting pada monitor gaming adalah refresh rate yang tinggi, waktu respon yang rendah, serta hadirnya fitur pendukung gaming seperti adaptive-sync (FreeSync atau G-Sync) untuk mencegah tampilan visual game yang pecah dan laggy.

Namun semuanya kembali pada preferensi dan pilihan personal masing-masing dari kamu untuk menentukan monitor mana yang paling tepat untuk PC gaming kesayanganmu.

Simak terus artikel ini untuk menemukan rekomendasi terbaik monitor gaming murah saat ini.

Quick Tips

Tips Memilih Monitor Gaming yang Berkualitas

Tahukah kamu, harga monitor gaming kelas atas bisa mencapai 100 jutaan! Jika kamu bukan atlet e-Sport profesional, mungkin kamu belum membutuhkan monitor gaming kelas wahid.

Faktanya, sangat banyak monitor gaming murah yang menawarkan kualitas display yang sangat baik untuk bermain game di komputer. Asalkan kamu tahu cara menemukannya.

Dan kami disini ingin membantu kamu menemukan monitor gaming yang berkualitas dengan harga yang tidak bikin dompet jebol.

Berikut adalah tips singkat memilih monitor gaming yang perlu kamu perhatikan:

  • Refresh rate dan response time adalah spesifikasi paling utama yang harus kamu perhatikan. Refresh rate tinggi (minimal 144Hz) dan response time yang rendah (< 5ms) akan memberikan tampilan gambar yang mulus, tajam, dan tidak pecah (nge-lag) saat adegan dalam gerak yang cepat.
  • Ukuran layar paling optimal untuk gaming adalah monitor 24 inci. Bahkan gamer profesional pun lebih memilih layar 24 inci dibandingkan ukuran lainnya. Namun jika kamu lebih suka dengan layar yang lebih besar, kamu bisa memilih monitor 27 inci. Tergantung selera masing-masing.
  • Pilih monitor gaming dengan resolusi minimal 1080 pixel atau Full HD untuk kualitas gambar yang jernih dan detail. Jika ingin lebih, kamu bisa naik setingkat ke resolusi WQHD atau QHD (1440 pixel).
  • Lihat fitur gaming pendukung yang dibawa oleh monitor tersebut. Beberapa fitur gaming yang wajib untuk mendukung game-game saat ini antara lain fitur adaptive-sync (FreeSync atau G-Sync), dan low motion blur.
  • Layar datar atau layar lengkung? Hal ini tidak penting dalam hal gaming. Pilihan ini tergantung pada selera masing-masing pengguna. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Yang pasti, layar lengkung memiliki harga lebih tinggi dibandingkan layar datar.

Kami pernah membahas secara lengkap mengenai tips memilih dan membeli monitor gaming sebelumnya. Baca: Tips memilih/membeli monitor gaming terbaik.

Karena di halaman ini kita akan fokus pada monitor gaming murah dengan kualitas yang bagus, maka faktor harga menjadi pertimbangan utama kami dalam memberikan rekomendasi untuk kamu.

Namun, walaupun harganya terjangkau, semua monitor gaming yang kami rekomendasikan sudah memenuhi semua faktor yang dibutuhkan guna mendukung pengalaman gaming sempurna dan menyenangkan.

Di bawah ini, kamu akan menemukan berbagai rekomendasi monitor gaming murah dengan kualitas yang sangat bagus, yang kami bagi dalam beberapa kategori/varian yang mungkin sesuai dengan selera kamu.

Monitor Gaming 24″

Monitor Gaming 24-inch Murah Terbaik

Para gamer profesional lebih memilih layar game berukuran 24″ dibandingkan ukuran lainnya. Alasannya, dengan ukuran tersebut mereka dapat melihat visual gameplay secara keseluruhan tanpa harus menggerakkan mata, apaliagi kepala. Saya pun sepakat dengan mereka.

Monitor gaming berukuran 24 inci, yang memiliki fitur gaming esensial, juga tergolong lebih murah dibandingkan monitor dengan layar lebih besar.

Berikut ini adalah rekomendasi terbaik monitor gaming 24-inch yang murah dan bagus:

LG UltraGear 24GL600F

monitor gaming murah

Ukuran 24 inci | Resolusi 1920×1080 FHD | Refresh rate 144Hz | Response time 1ms | AMD FreeSync.

Monitor gaming LG UltraGear 24GL600F menduduki urutan pertama sebagai monitor gaming murah dengan kualitas terbaik saat ini. Monitor ini memiliki semua fitur yang dibutuhkan untuk mendukung kualitas display game yang luar biasa dengan harga yang sangat terjangkau.

LG 24GL600F memiliki desain minimalis dengan ukuran 24-inch dan resolusi 1920×1080 pixel (Full HD). Dengan waktu respon super cepat (1ms) dan kemampuan refresh rate hingga 144Hz, monitor ini dijamin mampu menampilkan gambar yang jernih dalam scene yang bergerak cepat.

Untuk mengurangi lag saat bermain game, monitor LG 24GL600F ini didukung fitur teknologi variable refresh rate yang berfungsi untuk menyesuaikan refresh rate dengan output frame dari GPU dan game. Selain itu, monitor ini juga telah mendukung fitur FreeSync dari AMD Radeon.

Acer Nitro KG241QS

monitor gaming murah terbaik

Ukuran 23.6 inci | Resolusi 1920×1080 pixel FHD | Refresh rate 165Hz | Response time 0.5ms | AMD FreeSync

Di kelas yang sama, ada pula monitor gaming murah 24-inci besutan Acer, dengan refresh rate 144Hz yang mampu mencapai rate 165Hz setelah overclock. Waktu kecepatan respon monitor ini juga sangat cepat, yakni 0.5ms.

Monitor dengan resolusi 1920x1080p ini telah didukung teknologi gaming FreeSync dari AMD untuk mencegah gambar pecah dan lag ketika bermain game dengan gameplay yang intense dengan adegan yang cepat.

Monitor ini sedikit lebih baik daripada LG Ultragear 24GL600, namun dengan harga yang juga sedikit lebih tinggi.

ASUS TUF Gaming VG249Q

monitor gaming ASUS TUF Gaming VG249Q

Ukuran 23.8 inci | Resolusi 1920×1080 pixel FHD | Refresh rate 144Hz | Response time 1ms | AMD Free Sync, Asus Extreme Low Motion Blur.

Komponen dan aksesoris gaming dengan merk ASUS selalu menjadi yang terbaik di kelasnya. Untuk monitor gaming murah dengan refresh rate 144Hz dan segudang fitur gaming lainnya, kamu bisa memilih ASUS TUF Gaming VG249Q.

Monitor dengan teknologi IPS ini memiliki desain frameless dengan response time 1ms, dukungan teknologi adaptive-sync (FreeSync dari AMD), dan dukungan Asus Extreme Low Motion Blur yang akan mengeliminasi tampilan berbayang dan pecah pada tampilan dengan frame rate yang tinggi.

Monitor Gaming 27″

Monitor Gaming 27-inch Murah Terbaik

Menurut kami, layar 24″ merupakan ukuran terbaik untuk gaming. Namun preferensi setiap orang tentu berbeda. Jika kamu kurang puas dengan layar 24-inci, kamu bisa naik kelas ke monitor 27 inci untuk gaming.

Daftar rekomendasi monitor gaming di segmen ini adalah layar 27 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080p). Untuk monitor dengan resolusi QHD (2560x1440p) yang lebih tinggi bisa kamu temukan di segmen berikutnya.

TIP: Sebenarnya, jika kamu berniat membeli monitor gaming ukuran 27 inci, kami menyarankan untuk sekalian memilih monitor yang beresolusi QHD atau 2560×1440 pixel. Agar peningkatan ukuran layar dibarengi dengan peningkatan resolusi. Pengalaman gaming akan meningkat drastis, tentunya.

Berikut ini adalah rekomendasi monitor gaming 27-inci murah terbaik saat ini.

ViewSonic XG2705

monitor gaming 27 inci murah

Ukuran 27 inci | Resolusi 1920×1080 pixel Full HD | Refresh rate 144Hz | Response time 1ms | AMD FreeSync, SuperClear® IPS technology, Anti-Glare, Hard Coating (3H), Designed for gamers.

Rekomendasi utama kami di segmen monitor gaming 27 inci, dengan spesifikasi gaming lengkap dan harga yang murah, adalah ViewSonic XG2705. Di harga yang tidak sampai 4 juta, kamu sudah bisa memiliki monitor 27 inci yang telah memenangi banyak award di kelas monitor gaming.

Dengan resolusi Full HD dan teknologi SuperClear IPS, serta refresh rate tinggi 144Hz, monitor ini memiliki display gambar yang super tajam dan jernih. Monitor ini juga sudah didukung fitur FreeSync dari AMD.

Di samping desainnya yang minimalis dengan bezel yang sangat tipis, monitor gaming ini sangat fleksibel dan ergonomis, mudah diatur posisinya menyesuaikan posisi yang paling nyaman untuk penggunanya.

ASUS TUF Gaming VG279QM

monitor gaming 27 inci murah terbaik

Ukuran 27 inci | Resolusi 1920×1080 pixel | Refresh rate 280Hz | Response time 1ms | Nvidia G-Sync, HDR.

Dengan label ‘TUF Gaming’ pada namanya, kamu tidak perlu meragukan fitur-fitur gaming yang terdapat pada monitor ini. Kecepatan refresh rate-nya 240Hz, yang bahkan bisa dioverclock mencapai 280Hz.

Waktu respon layarnya 1ms (GTG) yang juga didukung oleh berbagai fitur game dari ASUS seperti ELMB Sync, Low Motion Blur, HDR Display untuk akurasi warna terbaik, dan juga didukung teknologi G-Sync dari Nvidia.

Singkatnya, monitor ini didesain untuk gamer profesional, yang menawarkan kualitas display game yang super mulus, anti lag dan pecah bahkan pada game dengan frame rate super tinggi.

MSI Optix G271

monitor gaming 27 inci murah

Ukuran 27 inci | Resolusi 1920×1080 pixel | Refresh rate 144Hz | Response time 1ms | AMD FreeSync, Frameless design.

Brand MSI juga sangat lekat dengan dunia PC gaming. Untuk monitor gaming 27 inci yang murah dan bagus, MSI menghadirkan monitor gaming MSI Optix G271, yang hadir dengan refresh rate 144Hz dan response time 1ms.

Monitor dengan teknologi layar IPS ini memiliki akurasi warna dan rasio kontras yang sangat baik, jauh lebih baik dibandingkan harganya yang hanya 5 juta lebih sedikit.

MSI Optix G271 ini memiliki desain yang frameless sehingga membuat tampilan tampak lebih luas dan menyeluruh. Kesan tersebut tentu memberi pengalaman yang menyenangkan ketika bermain game.

Monitor Gaming 1440p Quad HD

Monitor Gaming 1440p Murah Terbaik

Jika kamu siap dengan resolusi yang lebih tinggi dari Full-HD, cukup banyak juga tersedia monitor gaming beresolusi 2560×1440 pixel, alias Quad-HD. Dengan resolusi yang tinggi, tampilan game tentu akan lebih tajam dan detail.

Saat ini juga telah banyak game yang mendukung display 1440p, dan kemungkinan beberapa tahun mendatang resolusi QHD atau bahkan 4K akan jadi standar umum di dunia gaming.

Untuk itu, berikut ini adalah pilihan terbaik kami untuk monitor gaming 1440p murah saat ini:

MSI Optix MAG274QRF

monitor gaming qhd murah 1440p

Ukuran 27 inci | Resolusi 2560×1440 pixel QHD | Refresh rate 165Hz | Response time 1ms | Nvidia G-Sync, Rapid IPS, Quantum Dot, Gaming OSD App, HDR, Night Vision, Wide Color Gamut.

Rekomendasi utama kami untuk segmen monitor gaming 1440p adalah MSI Optix MAG274QRF, dengan ukuran layar 27 inci dan teknologi Rapid IPS, yang akan memberikan kamu waktu response kilat (1ms) sambil terus mengoptimasi tingkat warna dan kecerahan layar.

Jika kamu belum pernah bermain game dengan tingkat resolusi WQHD atau 2560×1440 pixel, maka kamu akan tercengang sebelum membiasakan diri. Tingkat detail dan ketajaman displaynya sangat kontras jika kamu ‘hanya’ terbiasa bermain di level Full HD.

Refresh rate-nya mencapai 165Hz dan didukung dengan Quantum Dot demi menyediakan akurasi warna tinggi, baik untuk bermain game ataupun menonton film dengan kualitas tinggi.

Optix MAG274QRF juga telah didukung dengan teknologi G-Sync dari Nvidia untuk menghadirkan gambar yang anti pecah dan patah-patah.

ASUS TUF Gaming VG27AQL1A

monitor gaming 1440p QHD murah

Ukuran 27 inci | Resolusi 2560×1440 pixel QHD | Refresh rate 170Hz | Response time 1ms | ASUS Extreme Low Motion Blur, Adaptive-sync, AMD FreeSync, Nvidia G-Sync, Multi HDR Mode.

Monitor gaming QHD selanjutnya adalah TUF Gaming VG27AQL1A dari ASUS, dengan bentang layar 27 inci dan refresh rate mencapai 170Hz, serta dukungan fitur gaming yang melimpah dari Asus.

Waktu response yang kecil hingga 1ms, teknologi motion blur reduction, fitur Adaptive-sync, dikombinasikan dengan spek monitor yang super tinggi, akan membuatmu betah berlama-lama menikmati game PC favorit kamu.

Singkat kata, monitor Asus yang satu ini didesain untuk gamer yang mengingkan tampilan gambar yang imersif dan super smooth.

Curved Gaming Monitor

Monitor Gaming Layar Lengkung (Curved) Murah Terbaik

Saat ini cukup banyak monitor dengan layar melengkung (curved monitor) dengan berbagai ukuran. Namun, monitor lengkung yang dilengkapi fitur gaming biasanya dibanderol dengan harga lumayan tinggi.

Pilihan antara layar datar atau layar melengkung sepenuhnya adalah preferensi pribadi masing-masing pengguna. Salah satu kelebihan layar melengkung adalah kamu bisa melihat display secara menyeluruh tanpa harus membuat mata lelah, berkat kurvatur layar yang melengkung.

Selain itu, layar melengkung terlihat lebih keren, bukan?

Berikut adalah rekomendasi untuk kamu yang mencari monitor gaming dengan layar melengkung, mulai dari yang berukuran 24 inci hingga 27 inci.

MSI Optix MAG241C

monitor gaming layar lengkung murah

Curved monitor 1500R | 178° wide view angle | Ukuran 24 inci | Resolusi 1920×1080 pixel Full HD| Refresh rate 144Hz | Response time 1ms | AMD FreeSync, Gaming OSD App, True Color, Anti-Flicker.

Dengan harga yang murah, layar monitor melengkung dengan spesifikasi gaming paling lengkap saat ini adalah MSI Optix MAG241C dengan layar 24 inci dan resolusi Full HD 1920×1080 pixel.

Walaupun harganya sangat terjangkau, monitor ini sudah mendukung semua fitur gaming dari MSI seperti refresh rate 144Hz dan response time 1ms. Dilengkapi pula dengan fitur-fitur seperti AMD FreeSync, aplikasi gaming MSI (Gaming OSD), True Color, dan Anti-flicker.

Jika kamu mencari monitor layar lengkung untuk gaming dengan harga paling terjangkau saat ini, maka pilihan utama adalah monitor Optix MAG241C dari MSI ini.

Acer AOPEN 27HC5R_P

curved gaming monitor murah

Layar lengkung 1500R | Ukuran 27 inci | Resolusi 1920×1080 pixel Full HD | Refresh rate 165Hz | Response time <5ms | Adaptyve-sync, AMD FreeSync, Flicker-less & BluelightShield™ technology.

Dengan harga yang cukup murah, ada monitor AOPEN 27HC5R_P dari Acer yang mengusung layar melengkung (curved) berukuran 27 inci, resolusi Full HD, dan tampil dengan desain ZeroFrame.

Untuk mendukung aktivitas bermain game yang imersif, monitor gaming ini memiliki refresh rate 165Hz dan kecepatan respon <5ms (GTG). Selain itu, monitor gaming ini juga dilengkapi dengan fitur AMD FreeSync, Flicker-less, dan teknologi BluelightShield.

Selain untuk gaming, monitor ini juga sangat bagus untuk keperluan umum seperti desain profesional, multimedia, dan kantoran.

MSI Optix MAG272CQR

monitor lengkung gaming murah 27 inci

Layar lengkung 1500R | 178° wide view angle | Ukuran 27 inci | Resolusi 2560×1440 pixel QHD | Refresh rate 165Hz | Response time 1ms | AMD FreeSync, Gaming OSD App, RGB Mystic Light, HDR Ready, Night Vision, Anti-Flicker and Less Blue Light.

Untuk pilihan monitor lengkung yang lebih premium –dan lebih mahal– ada monitor MSI Optix MAG272CQR, dengan resolusi QHD 2560×1440 pixel dan layar 27 inci, serta tingkat kelengkungan 1500R.

Selain resolusi Quad HD yang super tajam, monitor ini juga didukung dengan fitur premium seperti RGB Mystic Light, HDR Ready (multi-mode), Night Vision, dan fitur gaming standar lain dari MSI.

Jika kamu cukup seriuis untuk beralih ke monitor layar melengkung dengan spesifikasi gaming kelas e-Sport, maka monitor ini cocok buat kamu.

Rekomendasi & Kesimpulan

Setelah melihat seluruh rekomendasi monitor gaming yang kami berikan, tentu kamu sudah memiliki gambaran tentang spesifikasi utama dan juga harga monitor gaming murah yang sesuai untuk kamu.

Jika kamu mencari monitor gaming dengan harga paling murah, namun bagus kualitasnya, maka jangan ragu untuk memilih LG UltraGear 24GL600F. Monitor ini menawarkan paket monitor yang solid dengan harga yang sangat terjangkau.

Dari daftar di atas, monitor gaming dengan spesifikasi paling tinggi adalah ASUS TUF Gaming VG27AQL1A, dengan layar 27 inci, resolusi Quad HD, dan fitur gaming terlengkap saat ini. Harganya terbilang murah mengingat spesifikasi dan fitur yang diusungnya.

Untuk menyimpulkan daftar di atas, berikut adalah tabel rekomendasi monitor gaming murah terbaik saat ini, beserta harga dan spesifikasinya:

ProdukSpesifikasiFitur PendukungHargaToko Online
LG UltraGear 24GL600FUkuran: 24 inci
Resolusi: 1920x1080p FHD
Refresh rate: 144Hz
Response time: 1ms
AMD FreeSync, DAS Mode, Game Mode, Black Stabilizer, etc.Rp 2.329.000Shopee
Tokopedia
Acer Nitro KG241QSUkuran: 24 inci; Resolusi: 1920x1080p FHD; Refresh rate: 165Hz; Response time: 0.5msAMD FreeSync, Flicker-less & BluelightShield™ technology.Rp 2.424.000Shopee
Lazada
ASUS TUF Gaming VG249QUkuran: 24 inci
Resolusi: 1920x1080p FHD
Refresh rate: 144Hz
Response time: 1ms
AMD FreeSync, Nvidia G-Sync, ASUS Extreme Low Motion Blur (ELMB), GameVisual, Shadow Boost.Rp 2.999.000Lazada
Shopee
ViewSonic XG2705Ukuran: 27 inci
Resolusi: 1920x1080p FHD
Refresh rate: 144Hz
Response time: 1ms
AMD FreeSync, SuperClear® IPS technology, Flicker-Free, Blue light filter.Rp 3.799.000Tokopedia
Shopee
ASUS TUF Gaming VG279QMUkuran: 27 inci
Resolusi: 1920x1080p FHD
Refresh rate: 280Hz (OC)
Response time: 1ms
AMD FreeSync, Nvidia G-Sync, ASUS Fast IPS, ASUS Extreme Low Motion Blur (ELMB), Multi-HDR Mode, etc.Rp 5.857.000Shopee
Lazada
MSI Optix G271Ukuran: 27 inci
Resolusi: 1920x1080p FHD
Refresh rate: 144Hz
Response time: 1ms
AMD FreeSync, Wide Color Gamut, Night Vision, Anti-flicker, Less blue light, etc.Rp 5.099.000Shopee
Tokopedia
MSI Optix MAG274QRFUkuran: 27 inci
Resolusi: 2560x1440p QHD
Refresh rate: 165Hz
Response time: 1ms
Gaming OSD App, AMD FreeSync, HDR Ready, Mystic Light RGB, Wide Color Gamut, Night Vision, Anti-flicker, Less blue light, etc.Rp 7.999.000Shopee
Tokopedia
ASUS TUF Gaming VG27AQL1AUkuran: 27 inci
Resolusi: 2560x1440p QHD
Refresh rate: 170Hz
Response time: 1ms
AMD FreeSync, Nvidia G-Sync, ASUS Fast IPS, ASUS Extreme Low Motion Blur (ELMB), Multi-HDR Mode, etc.Rp 6.700.000Tokopedia
Shopee
MSI Optix MAG241CUkuran: 24 inci
Resolusi: 1920x1080p FHD
Refresh rate: 144Hz
Response time: 1ms
AMD FreeSync, Wide Color Gamut, Night Vision, Anti-flicker, Less blue light, etc.Rp 3.550.000Shopee
Tokopedia
Acer AOPEN 27HC5R_PUkuran: 27 inci
Resolusi: 1920x1080p FHD
Refresh rate: 165Hz
Response time: <5ms
AMD FreeSync, Flicker-less & BluelightShield™ technology.Rp 4.449.000Lazada
Shopee
MSI Optix MAG272CQRUkuran: 27 inci
Resolusi: 2560x1440p QHD
Refresh rate: 165Hz
Response time: 1ms
Gaming OSD App, AMD FreeSync, HDR Ready, Mystic Light RGB, Wide Color Gamut, Night Vision, Anti-flicker, Less blue light, etc.Rp 6.550.000Shopee
Tokopedia
Daftar monitor gaming murah terbaik beserta harga dan spesifikasinya.

So, apakah kamu sudah menentukan monitor mana yang akan kamu gunakan untuk komputer gaming kesayanganmu? Apapun itu, semoga rekomendasi monitor gaming murah di atas dapat membantu kamu dalam memilih monitor gaming yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki saat ini.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0