Mouse DPI: Cara Mengaturnya dan Setelan DPI Terbaik untuk Gaming

Jika kamu ingin membeli mouse pasti kamu sering bertemu dengan istilah mouse DPI. Faktanya, mouse DPI selalu ditulis dengan ukuran besar pada kotak kemasan sebuah mouse, khususnya pada mouse gaming.

Produsen mouse tahu bahwa DPI adalah hal penting, terlebih lagi bagi gamer. Karena itu mereka selalu mengiklankan DPI maksimum mouse mereka. Namun banyak orang yang tidak terlalu mengerti apa itu DPI pada mouse.

Namun apa sebenarnya arti DPI pada sebuah mouse? bagaimana cara mengatur mouse DPI, dan setelan DPI yang mana yang paling bagus? Di halaman ini kami mencoba mengulas semua yang perlu kamu ketahui tentang mouse DPI.

Apa itu Mouse DPI?

DPI adalah singkatan dari dots per inch, atau sering juga disebut dengan pixels per inch.

Mouse DPI adalah ukuran yang menunjukkan seberapa jauh kursor pada layar bergerak per 1 inci gerakan mouse. DPI adalah standar yang digunakan untuk mengukur tingkat sensitivitas mouse.

Misalnya, jika mouse kamu memiliki 1600 DPI, maka menggerakkan mouse 1 inci akan menggerakkan kursor sebesar 1600 pixel pada layar komputer.

Tinggi rendahnya DPI berpengaruh pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan di komputer. Contohnya saja, mouse DPI tinggi sangat berguna jika kamu menggunakan komputer untuk desain, bermain game, menggunakan monitor yang besar atau jika kamu memakai dual-monitor.

Semakin tinggi setelah DPI pada mouse, semakin jauh pula kursor bergerak hanya dengan sedikit gerakan fisik mouse di tangan kamu. Dalam kata lain, semakin tinggi DPi, semakin sensitif pula mouse kamu.

Cara Mengubah DPI pada Mouse

apa itu mouse dpi
Tombol DPI on-the-fly pada mouse

Pada mouse gaming modern biasanya terdapat tombol DPI (On-the-fly) yang bisa kamu gunakan untuk mengubah setelan DPI secara langsung, bahkan saat sedang bermain game. Umumnya tombol DPI pada mouse akan mengubah DPI mouse menjadi 400 – 800 – 1600 – 3200 DPI.

Beberapa merk mouse gaming seperti Logitech, Razer, dan Steelseries menyediakan software khusus untuk melakukan kustomasi DPI dan sensitivitas mouse.

setelan dpi terbaik untuk gaming
Pengaturan mouse DPI pada software Logitech Gaming

Di sana kamu bisa mengganti setelan DPI mouse dan juga menyetting setelan DPI pada tombol DPI mouse.

Cara Mengatur DPI (Sensitivitas) Mouse pada Windows

Mouse yang digunakan untuk komputer rumahan atau kantor biasanya tidak memiliki tombol DPI on-the-fly untuk mengubah setelan DPI secara langsung. Untungnya, Windows 10 memiliki fitur untuk mengatur tingkat sensitivitas mouse melalui Settings.

Untuk mengatur DPI di Windows, caranya adalah:

  1. Klik tombol Windows untuk membuka Start Menu, lalu pilih Settings.
  2. Pilih Devices.
  3. Pilih Mouse di panel menu sebelah kiri.
  4. Pilih Additional mouse options untuk membuka jendela mouse properties.
    cara mengatur mouse dpi windows
  5. Pilih tab Pointer Options.
    mengatur sensitivitas dpi mouse windows
  6. Pada bagian Motion, geser slider ke kanan untuk meningkatkan sensitivitas mouse. Geser slide ke kiri untuk menurunkan sensitivitas mouse. Note: Jangan centang Enhance pointer precision, karena itu akan mengacaukan pengaturan DPI mouse yang kamu gunakan.
  7. Klik OK. Setelah itu kamu akan merasakan perbedaan kecepatan kursor mouse kamu.

Setelan DPI Terbaik untuk Gaming

Apa settingan DPI mouse terbaik untuk bermain game? Ini adalah pertanyaan yang sangat sering muncul, namun tidak pernah ada jawaban yang pasti. Ini karena setelan DPI terbaik akan berbeda bagi setiap orang.

Faktanya, setelan DPI terbaik adalah yang paling nyaman kamu gunakan, tergantung pada game apa yang sedang kamu mainkan dan gaya bermain kamu.

Setelan DPI tinggi tidak selalu yang terbaik. Misalnya pada jenis game FPS Shooter seperti CS-GO, umumnya gamer professional menggunakan setelah DPI rendah antara 400 – 800 1600 DPI untuk meningkatkan akurasi dalam membidik sasaran.

Sedangkan pada game jenis MOBA, MMO dan RPG yang mengandalkan pergerakan tinggi karakter, setelan mouse agak tinggi lebih baik agar gerakan karakter game menjadi lebih lincah.

Ukuran monitor juga mempengaruhi setelan DPI yang pas untuk kamu gunakan. Ukuran layar yang besar membutuhkan setelan DPI yang cukup tinggi, agar kamu tidak perlu menyeret mouse kamu di seluruh meja untuk menggerakkan kursor pada layar.

Untuk menentukan setelan DPI terbaik untuk kamu, coba mainkan game favorit kamu dengan setelah DPI yang berbeda hingga kamu menemukan setelan yang paling pas dengan gaya bermain kamu. Dengan begitu, kamu bisa menentukan sendiri setelah yang paling nyaman kamu gunakan, dan setelan DPI yang paling bisa meningkatkan kualitas permainan kamu.

Pengaturan DPI mouse terbaik untuk bermain game adalah setelan yang paling nyaman kamu gunakan. Bisa berbeda-beda untuk setiap orang dan untuk setiap game yang dimainkan.


Pertanyaan yang sering diajukan

Selalu muncul banyak pertanyaan mengenai mouse DPI dan cara mengatur DPI yang bagus untuk main game. Berikut adalah beberapa yang paling populer.

Apa itu DPI pada mouse?

DPI adalah singkatan dari Dots per Inch, yaitu ukuran tingkat sensitivitas kursor pada layar komputer terhadap gerakan fisik mouse.

Apakah DPI tinggi lebih baik?

Tidak juga. Semakin tinggi DPI, maka semakin sensitif pula gerakan kursor. Setelan DPI disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna.

Menggunakan setelan DPI tinggi biasanya baik jika kamu menggunakan monitor yang besar atau ketika sedang bermain game yang menuntut kecepatan kursor.

Apa setelan DPI terbaik untuk gaming?

Setelan DPI terbaik berbeda-beda tiap orang, tergantung pada jenis game dan gaya bermain (play-style) tiap orang.

Untuk menemukan setelah DPI terbaik, cobalah mainkan game favorit kamu dengan setelan DPI berbeda-beda, mulai dari DPi rendah hingga tinggi, sampai kamu menemukan setelan DPI yang paling cocok dengan gaya bermain kamu.

Apa setelan DPI rata-rata yang digunakan gamer?

Para gamer biasanya menggunakan setelan DPI rendah untuk meningkatkan akurasi. DPI yang digunakan antara 400 – 1200 DPI, dipadukan dengan pengaturan sensitivitas mouse pada game settings.

Penutup

Mouse DPI adalah variabel penting, khususnya bagi gamer dan desainer grafis, yang membutuhkan akurasi dan kecepatan tertentu pada pergerakan kursor di layar komputer. Untuk penggunaan biasa, mouse DPI tidaklah terlalu penting.

Setelan DPI yang terbaik untuk setiap orang akan berbeda, tergantung pada kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna.

Kamu harus mencoba dan merasakan sendiri beberapa pengaturan DPI yang berbeda untuk menemukan setelan yang tepat untukmu, baik itu untuk bermain game ataupun keperluan lainnya. Tidak butuh waktu lama untuk mengetahuinya.

Setelah menemukan setelan sensitivitas dan DPI mouse yang pas, tentu akan semakin meningkatkan pengalaman kamu dalam melakukan aktivitas kamu di komputer.

Topik:

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER