Spesifikasi OPPO A15 vs vivo Y12s: Membandingkan 2 Ponsel Harga 1,9 Juta

Jelang akhir tahun 2020, OPPO dan vivo Indonesia sama-sama meluncurkan smartphone entry-level, yakni OPPO A15 dan Vivo Y12s. Seperti yang kamu tahu, OPPO A series dan Vivo Y series adalah dua lini ponsel murah dari kedua brand tersebut.

Dirilis hampir bersamaan, OPPO A15 dan vivo Y12s dijual dengan harga yang sama, yakni Rp 1.999.000, alias hampir 2 juta.

OPPO juga telah merilis OPPO A15s, versi updrade dari OPPO A15. Lihat perbandingan spesifikasi keduanya di sini.

Walaupun harganya sama, keduanya tentu memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing. Simak ulasannya sampai selesai di arenadigital.id.

Perbedaan OPPO A15 dan vivo Y12s

Sebelum membandingkan 2 hp murah harga 1,9 juta ini, mari kita lihat spesifikasi dasar keduanya.

Spesifikasi OPPO A15

  • Prosesor: Mediatek Helio P35 (octa-core)
  • Layar: 6,52 inci, resolusi 720 x 1600 pixel HD+
  • RAM: 3 GB
  • Memori internal: 32 GB
  • Kamera belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera depan: 8 MP
  • Sistem operasi: ColorOS 7.2 (berdasarkan Android 10)

Lihat spesifikasi lengkap OPPO A15 di sini.

Spesifikasi vivo Y12s

  • Prosesor: Mediatek Helio P35 (octa-core)
  • Layar: 6,51 inci, resolusi 720 x 1600 pixel HD+
  • RAM: 3 GB
  • Memori internal: 32 GB
  • Kamera belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera depan: 8 MP
  • Sistem operasi: Funtouch 11 (berdasarkan Android 10)

Lihat spesifikasi lengkap vivo Y12s di sini.

Desain Bodi dan Layar

Secara fisik, dimensi keduanya hampir sama walaupun OPPO A15 sedikit lebih tipis dibandingkan vivo Y12s. OPPO A15 memiliki ketebalan 7,9 mm, sedangkan vivo Y12s tebalnya 8,4 mm. OPPO A15 juga lebih ringan dengan bobot 175 gram dibandingkan vivo Y12s dengan berat mencapai 191 gram.

Membawa ciri khasnya masing-masing, vivo Y12s hadir dengan finishing seperti kaca, corak berwarna dan elegan ala vivo, sedangkan OPPO A15 tampil dengan lebih simpel dengan varian warna hitam dan putih.

Perbedaan cukup mencolok ada di bagian belakang, tepatnya pada formasi kamera dan letak sensor fingerprint.

Kamera OPPO A15 berbentuk kotak persegi, terdiri atas 3 kamera dan 1 lampu flash LED. Posisi sensor fingerprint-nya juga masih konvensional, yakni di belakang bodi.

Berbeda dengan vivo Y12s yang mengusung formasi kamera vertikal. Di bagian belakang bodi vivo Y12s juga tidak ada sensor sidik jari, karena vivo Y12s menggunakan teknologi Ultra Fast Side Fingerprint, dimana sensor sidik jari menyatu dengan tombol power di bagian samping.

Pada segmen layar, keduanya menggunakan layar 6,5 inci dengan resolusi 720×1600 pixel (HD+). OPPO A15 dan vivo Y12s juga sama-sama mengusung desain poni waterdrop untuk tempat kamera selfie.

Tak banyak perbedaan pada bagian layar antara keduanya. Namun sayangnya vivo Y12s tidak memberikan perlindungan pada layarnya, sementara OPPO memberi proteksi Corning Gorilla Glass 3 pada layar 6,5 inci OPPO A15.

Hardware & Software

Pada bagian hardware, lagi-lagi keduanya membawa spesifikasi yang serupa. OPPO A15 dan vivo Y12s sama-sama menggunakan prosesor Mediatek Helio P35 (octa-core 2.35 GHz), dan didukung dengan memori RAM sebesar 3 GB.

Kapasitas penyimpanan keduanya pun identik, sebesar 32 GB, dan bisa diupgrade menggunakan microSD hingga 256 GB.

Sama-sama berjalan di atas sistem operasi Android 10, masing-masing memoles tampilan antar-muka dengan software UI bawaan tersendiri. OPPO A15 dengan ColorOS 7.2 dan vivo Y12s dengan Funtouch OS 11.

Kamera

Untuk urusan kamera, OPPO A15 sedikit unggul dengan mengusung 3 kamera belakang, berupa lensa 13MP untuk kamera utama, diikuti dengan lensa 2MP ultrawide, dan lensa 2MP untuk kamera potret.

Berbeda dengan vivo Y12s yang hanya mengusung dual-camera, berupa kamera utama 13MP dan kamera potret sebesar 2MP.

Lagi-lagi kita bertemu pada spek yang identik untuk kamera depan, dimana keduanya hadir dengan kamera selfie berkekuatan 8MP.

Seperti umumnya smartphone masa kini, keduanya tentu akan diperkuat dengan software dan fitur fotografi masing-masing, yang memiliki program edit foto dan beragam filter agar pengguna bisa berkreasi pada hasil tangkapan kamera.

Baterai

Kekuatan kedua ponsel ini adalah pada daya tahan baterainya, dimana keduanya sama-sama menggunakan baterai besar dengan kapasitas 5000 mAh.

Jujur saja, susah untuk menemukan ponsel murah dengan baterai yang memiliki daya tahan lama seperti OPPO A15 dan vivo Y12s.

Untuk penggunaan standar, OPPO A15 dan vivo Y12s bisa bertahan hingga 2 hari penuh, sedangkan untuk penggunaan yang intensif seperti streaming video HD keduanya mampu bertahan hingga 16 jam.

Namun kedua ponsel ini juga belum didukung fitur pengisian cepat, sehingga membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh (dari posisi kosong).

Kesimpulan

Di harga yang tidak sampai 2 juta, OPPO A15 dan vivo Y12s memberikan ponsel dengan spesifikasi yang memadai untuk penggunaan standar sehari-hari, khususnya untuk belajar dan bekerja online di masa pandemi saat ini.

Keunggulan OPPO A15

  • Dibandingkan vivo Y12s, OPPO A15 sedikit lebih tipis (berbeda 0,5 mm).
  • OPPO A15s mengusung 3 kamera belakang, sedangkan vivo Y12s hanya mengusung 2 kamera di belakang.

Keunggulan vivo Y12s

  • Desain lebih elegan dan berwarna, dengan finishing Elegant Glass Look ala vivo.
  • Teknologi Ultra Fast Side fingerprint, dimana sensor mampu mendeteksi sidik jari hanya dalam 0.23 detik untuk membuka kunci ponsel.
  • Letak sensor sidik jari menyatu dengan tombol power di samping bodi ponsel, sehingga lebih memudahkan dalam membuka kunci ponsel.

Setelah membandingkan spesifikasi keduanya yang hampir identik, tentu sulit menentukan yang lebih baik antara keduanya.

Personally, saya lebih memilih vivo Y12s karena fitur Ultra Fast Side Fingerprint dan desainnya yang lebih futuristik dengan desain glass look. Walaupun jumlah kamera OPPO A15 lebih banyak, namun hasil tangkapan kameranya tidaklah jauh berbeda. Dan sektor kamera memang bukanlah keunggulan dari 2 HP murah ini.

Yang pasti, dengan harga OPPO A15 dan vivo Y12s sama-sama Rp 1.999.000, keduanya mampu menghadirkan ponsel yang cukup solid di kelasnya.

UPDATE:
Di harga yang sama, kamu juga bisa mendapatkan Samsung Galaxy A02s dengan spesifikasi yang lebih unggul. Galaxy A02s mengusung RAM 4GB dan memori internal 64GB dengan harga 1,9 juta rupiah. Baca perbandingan antara Galaxy A02s, Vivo Y12s, dan OPPO A15 di sini.

Harga Terbaru vivo Y12s & OPPO A15

Saat pertama kali dirilis, kedua ponsel ini dibanderol dengan harga yang sama: Rp 1.999.000,-

Berikut adalah harga terbaru OPPO A15 dan vivo Y12s di toko online resmi OPPO dan vivo Indonesia.

Update Harga Vivo Y12s:


Update Harga OPPO A15:

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER