OPPO Kembali Merajai Pasar Smartphone Indonesia untuk Periode Q3 2022
Firma riset global, Canalys, telah merilis laporan penjualan smartphone di Indonesia dalam rentang periode kuartal III tahun 2022. Terjadi perubahan dalam daftar lima besar yang, sebetulnya, tidak terlalu mengejutkan.
Posisi pertama dalam daftar terbaru kali ini dihuni oleh OPPO. Perusahaan asal China ini sebelumnya juga berhasil mengamankan posisi puncak pada kuartal pertama tahun ini. Kemenangan yang terasa manis karena ini kali kedua OPPO sukses merebut predikat nomor satu dari rival beratnya, Samsung.
Mengutip Detik.com, Public Relations OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, berkomentar bahwa keberhasilan ini merupakan buah performa dari penjualan produk yang dirilis sepanjang kuartal III tersebut.
Beberapa ponsel yang diklaim laris manis adalah OPPO A57 dan A16 series yang menempati segmen entry-level. Area mid-range juga cukup oke di mana kontribusi terbesarnya diperoleh dari penjualan Reno 8 series.

Berdasarkan info tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa OPPO pintar memanfaatkan momentum penetrasi jaringan 5G dengan menjual smartphone yang punya kapabilitas untuk menggunakan jaringan next-gen tersebut.
Secara keseluruhan, sepanjang Q3 2022 ini OPPO meraup 23% pangsa pasar di Indonesia. Angka ini sedikit menurun dari rekor 24% yang mereka torehkan saat jadi penguasa di kuartal I tahun ini.
Samsung dan vivo Turun Peringkat

Di posisi kedua ada Samsung yang harus rela lengser dari singgasana yang mereka kuasai pada Q2 2022. Produsen Korea Selatan ini mendapatkan jatah 21% dari keseluruhan pangsa pasar smartphone di Indonesia.
Maklum, selama bulan Juni-September kemarin, Samsung memang jarang merilis smartphone baru. Tecatat hanya ada Galaxy A23 yang merupakan satu-satunya wakil Samsung yang mengisi slot ponsel 5G.
Sementara trio Galaxy A04 series tidak dibekali cip yang mendukung konektivitas 5G. Meski demikian, dari hasil penjualan di berbagai ecommerce, terbukti bahwa ketiga ponsel tersebut tetap menarik di mata pembeli dan cukup laris.
Menguntit di posisi ke-3 ada vivo yang juga turun satu peringkat dari posisi sebelumnya. Brand “saudara” OPPO ini amankan 20% kue ekonomi sepanjang Q3 2022 di Indonesia. Akan tetapi, performa penjualan tahunannya menurun hingga 23%.
Smartphone terbaik vivo yang dirilis resmi di Tanah Air pada periode ini adalah vivo V25e. Ponsel menengah ini punya keunggulan pada segi fotografi dan gaming dengan sensor kamera 64MP (OIS) serta cip Helio G99 yang dipadukan layar full HD+ AMOLED dengan kecepatan hingga 90Hz.
Sub-brand mereka, iQOO sudah meluncurkan kanal media sosial resminya di Indonesia dan dipastikan akan meluncurkan perangkat flagship mereka. Namun, belum diketahui kapan ponsel tersebut akan diumumkan.

Posisi ke-4, ada Xiaomi yang tidak bergeming dari posisi yang sama di periode sebelumnya. Terlepas dari rangkaian smartphone mereka yang menarik dari segi spek dan harga serta memiliki basis penggemar yang besar, pangsa pasar mereka justru jauh tertinggal dari kompetitor mereka di atasnya dengan hanya mengamankan 13% saja.
Posisi mereka di kuartal IV tahun 2022 kemungkinan besar dapat naik atau setidaknya meraup persentase yang lebih tinggi seandainya salah satu seri ponsel mereka yang sangat diantisipasi penggemar, Redmi Note 12 series, sudah resmi hadir di Indonesia.
Daftar lima besar smartphone paling laris di Indonesia digenapkan oleh realme yang menduduki posisi paling akhir. Dengan pangsa pasar 12%, realme sukses menyabotase posisi ini setelah sebelumnya dikunci oleh nama yang cukup mengejutkan, Infinix.
Perubahan posisi yang fluktuatif menandakan betapa dinamisnya persaingan smartphone di Indonesia. Konsumen sudah pintar memilih mana produk yang harus mereka beli. Kini tinggal pihak produsen saja yang menentukan apakah mereka dapat menghasilkan produk terbaik yang mampu bersaing atau justru sebaliknya.
Baca juga:

Faisal Bosnia
Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.