Apa Perbedaan Microsoft Office Versi Online dan Versi Desktop (Offline)?

Siapa yang tidak tahu Microsoft Office, software atau perangkat lunak yang terdiri dari sejumlah aplikasi yang digunakan untuk mengetik, mengolah data, membuat laporan, presentasi dan mengelola serta mengirim e-mail.

Biasanya, Microsoft Office dipasang di perangkat pengguna seperti PC, baik desktop maupun laptop. Namun software tersebut juga bisa digunakan tanpa harus dipasang pada perangkat PC dengan cara mengakses website office.com, alias digunakan secara online melalui web browser. Mirip seperti yang ditawarkan oleh Google melalui Google Docs.

Website tersebut dapat di akses kapan saja dan di mana saja, dan tak hanya itu, fungsinya pun sama dengan Microsoft Office versi desktop (offline).

Meskipun demikian, terdapat perbedaan antara Microsoft Office versi web (online) dan desktop (offline), yaitu dari cara mengaksesnya.

Agar dapat mengakses Microsoft Office versi desktop, tentu saja kamu harus memasang (install) software Office tersebut di PC dan membeli lisensinya agar dapat menggunakan seluruh fitur yang tersedia.

Sementara Office online hanya perlu diakses melalui browser internet secara gratis dan tentu saja tanpa perlu install ataupun membeli lisensinya. Namun, pengguna harus mendaftar atau masuk (login) menggunakan akun Microsoft lebih dulu.

Kemudian karena Microsoft Office versi web tidak perlu diinstall, software itu dapat diakses melalui smartphone namun dengan fitur yang terbatas.

Microsoft Office Online vs Desktop

microsoft office online

Dilansir dari laman resmi Microsoft, Microsoft Office online adalah bagian dari layanan Microsoft 365.

Layanan tersebut dapat digunakan dengan cara berlangganan setiap bulan. Jika ingin mengakses secara gratis, maka pengguna hanya perlu mendaftarkan e-mail untuk membuat akun Microsoft.

Namun pengguna gratisan hanya memiliki ruang penyimpanan 5 GB, sehingga jika ingin ruang penyimpanan lebih luas, pengguna harus berlangganan Microsoft 365 premium setiap bulan.

Untuk yang berlangganan, ada beberapa paket yang tersedia yaitu untuk penggunaan pribadi, bisnis kecil, bisnis menengah, perusahaan besar, sekolah dan organisasi nirlaba.

Tak hanya ruang penyimpanan yang lebih besar, pengguna yang berlangganan memiliki keuntungan berupa penyimpanan fitur tambahan yang terhubung ke cloud sehingga dapat berkolaborasi secara real-time dengan pengguna lainnya.

Selain itu, pihak Microsoft juga memastikan data pelanggan Microsoft Office versi web akan dijamin keamanannya.

Di sisi lain, Microsoft Office versi desktop dijual sebagai satu kali pembelian yang berarti pengguna harus membayar biaya lisensi satu kali untuk mendapatkan aplikasi Microsoft Office di satu komputer.

Akan tetapi pihak Microsoft menegaskan tidak ada pembaruan atau update, sehingga pengguna harus membeli lisensi baru jika di kemudian hari muncul Office versi terbaru.

microsoft office online

Untuk perbedaan fitur yang ada pada Microsoft Office versi web dan desktop, terutama pada empat aplikasi yang umum digunakan yaitu Word, Excel, PowerPoint dan OneNote, adalah sebagai berikut.

Microsoft Word

Dokumen word yang dibuat menggunakan aplikasi desktop Word 2.0 atau versi yang lebih baru dapat dibuka oleh Microsoft Word versi web.

.docx, .doc, .docm, .dotm, .dotx, dan .odt adalah format file yang dapat dibuka untuk View Mode (mode melihat dokumen saja).

Sementara itu .docx, .doc (akan dikonversikan ke .docx terlebih dahulu), .docm, dan .odt. adalah format yang dapat dibuka untuk Edit Mode (mode penyuntingan).

Namun perlu diketahui bahwa dokumen dengan format .pdf. tidak dapat dibuka atau di edit Microsoft Word versi online. Sedangkan untuk perbandingan fitur Microsoft Word versi desktop dengan versi web bisa disimak di tabel berikut:

Microsoft WordVersi WebVersi Desktop
Alignment guides dan live layoutTidakYa
CaptionsTidakYa
Citations and bibliographyTidakYa
Advanced CollaborationTidakYa
Cover pagesTidakYa
Creation of advanced document elementsTidakYa
Document parts and themesTidakYa
EquationsTidakYa
Ink EditorTidakYa
IRM dan password-protectionTidakYa
Learning ToolsTidakYa
Mail mergeTidakYa
Offline viewing and authoringTidakYa
Advanced page layout toolsTidakYa
Present onlineTidakYa
Advanced printingTidakYa
Advanced proofing toolsTidakYa
Reference toolsTidakYa
ResearcherTidakYa
Rich mediaTidakYa
SmartArtTidakYa
Table of AuthorityTidakYa
Table of ContentsTidakYa
Visual Basic for Applications (VBA)TidakYa
Form scriptsTidakYa
WatermarkTidakYa

Microsoft Excel

Semua dokumen Excel yang dibuat dengan aplikasi desktop Excel 97 atau versi terbaru dapat dibuka oleh Microsoft Excel versi web.

.xlsx, .xlsb, .xls, .xlsm, dan .ods adalah format file yang dapat dibuka untuk untuk View Mode (mode melihat dokumen saja). Sementara.xlsx, .xlsb, .xls (dikonversikan lebih dahulu ke .xlsx), .xlsm, dan .ods adalah format yang dapat dibuka untuk Edit Mode (mode penyuntingan).

Tetapi format .xlt dan .xltx tidak dapat dibuka atau pun di edit Microsoft Excel versi web. Sedangkan untuk perbandingan fitur Microsoft Excel versi desktop dengan versi web bisa disimak di tabel berikut:

ExcelVersi WebVersi Desktop
Advanced time filtering (Timeline slicer)TidakYa
Apply smart/recommended formattingTidakYa
Audio notes recordingTidakYa
Create external data connectionsTidakYa
Creation of advanced analysis views (Power View, Power Pivot, Slicers)TidakYa
Embed workbook on web or blog page (OneDrive)YaTidak
External referencesTidakYa
Advanced Formula toolsTidakYa
Offline viewing and authoringTidakYa
Post to social network and present onlineTidakYa
Refresh existing data connectionsTidakYa
Rename file while workbook is openYaTidak
Rights management: IRM dan password securityTidakYa
Spreadsheet audit dan complianceTidakYa
SurveysYaTidak
What if analysis toolsTidakYa
PivotChartsYa (view mode)Ya

Microsoft PowerPoint

Semua dokumen PowerPoint yang dibuat menggunakan aplikasi desktop PowerPoint 97 atau versi terbaru dapat dibuka Microsoft PowerPoint versi web.

.pptx, .ppsx, .ppt, .pps, .pot, .potx, .pptm, .potm, .ppam, .ppsm, dan .odp adalah format file yang dapat dibuka untuk untuk View Mode (mode melihat dokumen saja).

Kemudian .pptx, .ppsx, .ppt atau .pps (dikonversikan lebih dulu ke .pptx atau .ppsx), dan .odp. adalah adalah format yang dapat dibuka untuk Edit Mode (mode penyuntingan).

Namun dokumen dengan format .ppa dan .ppam tidak dapat dibuka atau di edit PowerPoint versi web. Dan untuk perbandingan fitur Microsoft PowerPoint versi desktop dengan versi web bisa disimak di tabel berikut:

PowerPointVersi WebVersi Desktop
Apply rich formatting to text, shapes, and picturesTidakYa
Broadcast slide showTidakYa
Create custom animationTidakYa
Design tools, advancedTidakYa
Embed presentation on web or blog pageYaTidak
Full ink supportTidakYa
Full selection of animations and transitionsTidakYa
Headers and footersTidakYa
Integration with Excel for chartsTidakYa
Offline viewing and authoringTidakYa
Presenter viewTidakYa
Reviewer tools, advancedTidakYa
Rights management: IRM and password securityTidakYa

Microsoft OneNote

Semua dokumen OneNote yang dibuat menggunakan aplikasi desktop OneNote 2010 atau versi terbaru dapat dibuka Microsoft OneNote versi web. Kemudian .one adalah format file yang dapat dibuka untuk View Mode (mode melihat dokumen saja) dan Edit Mode (mode penyuntingan).

Sedangkan untuk perbandingan fitur Microsoft OneNote versi desktop dengan versi web bisa disimak di tabel berikut:

OneNoteVersi WebVersi Desktop
Advanced collaboration: New content shows as unread, presenceTidakYa
Clipping experiencesTidakYa
Drag and drop section groupsTidakYa
Edit embedded filesTidakYa
Image optical character recognition (OCR)TidakYa
Inking: ink-to-text and math, customizable pens, drawing toolsTidakYa
Outlook integration (tasks)TidakYa
Rights Management: IRM and password securityTidakYa
Template supportTidakYa
Video playbackTidakYa
Ade Hery Ardian
arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0