Berganti Nama Menjadi eFootball, Inilah Deretan Fakta Menarik Pro Evolution Soccer

Pro Evolution Soccer atau yang familiar disebut PES adalah salah satu game yang populer di kalangan pecinta sepak bola sekaligus menjadi salah satu game paling laris yang dimainkan di dunia.

Setelah hampir dua dekade hadir di berbagai konsol game, terutama PlayStation, Pro Evolution Soccer setiap tahunnya mengalami pembaharuan seiring dengan perubahan musim sepak bola.

Bahkan pembaharuan terbaru menjadi berita sensasional di berbagai media dan mendapat banyak komentar di media sosial.

Lalu apa saja yang menjadi fakta menarik dari game Pro Evolution Soccer (PES) sehingga begitu dicintai para player-nya?

PES hadir sejak tahun 1995

Pro Evolution Soccer (PES) hadir sejak tahun 1995 atau lebih dari dua dekade lalu. Namun seiring dengan perkembangannya, siapa yang tahu bahwa Pro Evolution Soccer adalah nama game untuk pasar Eropa? Sedangkan khusus pasar Asia terutama di Jepang, game sepak bola ini bernama Winning Eleven.

Hingga tahun 2020 lalu, Konami yang memproduksi game ini merilis pembaharuan versi yaitu Pro Evolution Soccer 2021.

Penjualan PES melampaui 1 miliar copy

Sepak bola adalah olahraga yang universal dan hampir semua orang di berbagai penjuru dunia menyukainya. Dengan begitu, tidak heran jika apapun yang dijual terkait olahraga ini laris terjual, termasuk game Pro Evolution Soccer (PES).

Tercatat sampai saat ini, Pro Evolution Soccer telah terjual lebih dari 1 miliar copy di seluruh dunia. Bahkan untuk versi mobile yang dirilis sejak 23 Mei 2017 telah diunduh lebih dari satu miliar kali.

PES dipertandingan di Asian Games

Sebenarnya Konami sebagai produsen game sepak bola populer ini telah menggelar kejuaraan dunia khusus Pro Evolution Soccer sejak tahun 2011 dengan total hadiah miliaran rupiah.

Setelah beberapa kali digelar secara khusus, game ini akhirnya dipertandingkan juga di acara olahraga internasional Asian Games pada 2018 lalu dan dimasukkan ke kategori eSports sebagai cabang olahraga baru.

Pada acara tersebut, Indonesia mengirimkan dua wakil yaitu Elga Cahya Putra dan Setia Widianto.

PES jadi game lintas konsol

Sejak pertama kali diluncurkan untuk konsol Playstation, Pro Evolution Soccer (PES) telah bertransformasi menjadi game yang lintas konsol.

Setelah PlayStation 1, game ini turut hadir di PlayStation 2, 3 dan 4, PlayStation Portable (PSP), Xbox 360 hingga Nintendo Wii. Bahkan PES juga hadir untuk versi Personal Computer (PC) dan juga mobile alias untuk pengguna smartphone.

PES punya berbagai fitur unik

Dalam game Pro Evolution Soccer (PES), terdapat beberapa fitur unik diantaranya mode Master League yang membuat player bisa membentuk tim impian, Become a Legend di mana player bisa bermain sebagai pesepakbola secara personal dan tidak lupa ada fitur di mana player bisa menggunakan kostum hewan seperti penguin.

Bahkan ada pula tampilannya di mana pemain di atas lapangan menaiki Burung Unta hingga Dinosaurus.

PES berganti nama menjadi eFootball

Pro Evolution Soccer (PES) adalah nama yang melekat dari game ini, namun pada hari Rabu (21/7/2021) Konami sebagai produsen game PES memutuskan pergantian nama menjadi eFootball. Pergantian nama itu juga berlaku untuk Winning Eleven pada market Asia.

PES 2021 / eFootball menjadi game gratis (free-to-play)

Bukan hanya perubahan nama, PES yang bertransformasi menjadi eFootball akan menggunakan sistem digital secara keseluruhan. Selain itu, Konami juga mengumumkan bahwa game ini bisa dimainkan secara gratis untuk berbagai platform yang berarti tidak akan lagi menggunakan CD.

Kemudian, Konami juga mengungkapkan PES atau eFootball ini tidak lagi mengeluarkan perubahan edisi tahunan seperti sebelumnya, namun akan ada update secara berkala.

Untuk masalah grafisnya, para penggemar tidak perlu khawatir karena Konami mengumumkan penggunaan Unreal Engine sehingga tidak ada perbedaan antar platform.

Disukai banyak pesepakbola top dunia

Bukan rahasia lagi bahwa Pro Evolution Soccer (PES) menjadi salah satu game yang digemari para pesepakbola top dunia.

Sebagai contoh, Fernando Torres saat masih berseragam Liverpool pernah membangun gaming room khusus bermain PES di PC.

Kemudian ada juga James Rodriguez yang mengaku menghabiskan masa kecilnya dengan bermain game besutan Konami tersebut.

Selain itu pada perhelatan di Piala Dunia 2010, para pemain timnas Belanda yaitu Robin van Persie, Van Bronckhorst dan yang lainnya sering live streaming sambil bermain PES di sebuah ruang hotel.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER