Xiaomi Poco X3 NFC: Spesifikasi & Harga di Indonesia

Poco X3 NFC hadir sebagai HP gaming performa tinggi dengan layar FHD+ 120Hz. Harganya? Murah!
spesifikasi poco x3 nfc indonesia

Xiaomi Indonesia meluncurkan smartphone gaming terbaru di kelas mid-range: Poco X3 NFC. Dirilis dalam dua versi, HP dengan performa tinggi ini dihargai Rp 3.199.000 (6GB/64GB) dan Rp 3.599.000 (8GB/128GB). Seperti apa spesifikasinya?

Berdiri di jajaran smartphone kelas menengah, spesifikasi yang dibawa Poco X3 NFC bukan kaleng-kaleng. Beberapa tahun silam, ponsel dengan spesifikasi seperti ini sudah pasti masuk kategori flagship dengan harga mahal.

Apa saja spesifikasi dan fitur-fitur unggulan yang disematkan pada Poco X3 NFC? simak terus ulasannya dihalaman ini.

Spesifikasi POCO X3 NFC

Spesifikasi utama Poco X3 NFC:

  • Layar: 6,67″; resolusi 2400 x 1080 pixel; refresh rate 120Hz; Gorilla Glass 5.
  • Chipset: Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm): Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver); Adreno 618.
  • Memori: 6GB/64GB, 8GB/128GB.
  • OS: Android 10 + MIUI 12.
  • Kamera Belakang: 64MP + 13MP + 2MP + 2MP; Dual-LED flash, HDR, panorama.
  • Kamera Depan: 20MP; HDR, panorama.
  • Baterai: 5160mAh; pengisian cepat 33W (mengisi 62% dalam 30 menit).

Lihat spesifikasi lengkapnya di sini.

Berikut ini adalah uraian spesifikasi POCO X3 NFC beserta fitur-fitur unggulan yang dibawanya.

Desain

spesifikasi poco x3 nfc
Poco X3 NFC (Xiaomi)

Tidak seperti biasanya, seri Poco kali ini sama sekali tidak mirip dengan pendahulunya, Poco X2. Poco X3 NFC hadir dengan desain yang unik dan baru, serta fitur-fitur desain pilihan.

Hal pertama yang mencolok adalah desain panel pada bagian belakang, yang berbahan policarbonate dengan bebepara lapisan tekstur dan warna. Kesan metalik tampak pada logo POCO yang merefleksikan cahaya berbeda-beda tergantung pencahayaan di sekitar.

Dan desain quad-camera yang agak ‘aneh’ bisa menjadi khas Poco X3 NFC, dengan bentuk persegi panjang horizontal dan dikelilingi oleh bentuk oval. Untuk kamera depan, Xiaomi memilih ‘menghilangkan’ kamera depth-sensor 2MP yang ada di Poco X2, sehingga lubang kamera menjadi lebih kecil pada bagian tengah atas, memberi lebih banyak ruang untuk layar 6,67″ milik X3 NFC.

Selebihnya, mirip dengan kebanyak smartphone modern saat ini. Bagian depan dilindungi dengan Gorilla Glass 5, rangka aluminimum, dan panel plastik di belakang.

Dengan dimensi 165,3 x 76,8 x 9,4 mm dan berat 215 gram, Poco X3 NFC terasa agak besar, namun kokoh dan nyaman digenggam bahkan dengan satu tangan. Dibandingkan dengan pendahulunya, Poco X3 NFC memang lebih besar dan tebal, namun itu bisa dimaklumi dengan tambahan kapasitas baterai yang lebih besar dan fitur NFC.

Selain itu, ponsel ini juga telah mengantongi sertifikat IP53 untuk proteksi dan ketahanan terhadap debu dan percikan air. Hal ini tentu sangat melegakan bagi konsumen.

Xiaomi memilih dua warna untuk ponsel ini, yaitu Shadow Gray dan Cobalt Blue.

Layar

layar poco x3 nfc

Poco X3 NFC menggunakan layar IPS LCD sebesar 6,67 inci, dengan lubang hitam kecil untuk kamera selfie. Seperti disebutkan di atas, layarnya dilindungi dengan lapisan Gorilla Glass 5. Dalam kemasan penjualan, Xiaomi juga memberikan screen protector, namun kualitasnya biasa saja.

Layarnya telah didukung oleh HDR10 dan teknologi Widevine L1 DRM, yang artinya kamu bisa streaming konten dengan kualitas HD dari berbagai layanan favorit kamu seperti Youtube dan Netflix.

Satu lagi yang cukup mencengangkan adalah dukungan refresh rate 120Hz, sehingga tampilan layar mampu mencapai 120fps dan menampilkan gambar yang sangat-sangat mulus. Ditambah dengan sensor sentuhan yang sangat sensitive sebesar 240Hz sampling rate, yang tentu sangat disukai oleh pemain game. Layar smooth, dan sensor yang lebih responsive terhadap sentuhan.

Performa

Poco X3 NFC adalah ponsel dengan performa sangat tinggi dengan harga yang murah. HP ini menggunakan chipset Snapdragon 732G, prosesor Snapdragon seri 700 terbaik saat ini. X3 NFC adalah ponsel pertama di Indonesia yang menggunakan Snapdragon 732G.

Chipset ini hadir dengan teknologi AI yang tangguh dengan Advanced Qualcomm AI Engine. Di tambah dengan fitur LiquidCool 1.0 Plus, teknologi pendingin 3D berkecepatan tinggi. Teknologi ini diklaim mampu menurunkan suhu hingga 6 derajat celsius, memastikan Poco X3 NFC tidak terasa panas dalam penggunaan intensif seperti gaming, kamera, stream HD, dan multitasking sehari-hari.

Dilengkapi dengan RAM 6GB atau 8GB LPDDR4X dan memori internal hingga 128GB UFS 2.1, Poco X3 NFC mampu menghadirkan performa yang super cepat layaknya smartphone kelas atas.

Berdasarkan software Antutu 8, Poco X3 NFC mampu meraih skor 284937, lebih baik dari beberapa smartphone yang jauh lebih mahal seperti Samsung M51.

SmartphoneSkor Antutu 8
realme 7 Pro288084
Samsung Galaxy S9285442
Poco X3 NFC284937
Redmi Note 9 Pro278513
Samsung Galaxy M51272099
Samsung Galaxy A71264019
Perbandingan benchmark Poco X3 NFC dengan beberapa kompetitor, menggunakan Antutu 8

Dengan semua dukungan hardware dan teknologi yang disematkan pada Poco X3 NFC, bisa dipastikan kamu bisa melakukan apapun dengan ponsel ini, mulai dari gaming seharian, penggunaan grafis tinggi, apalagi untuk penggunaan standar sehari-hari.

Kamera

Selain desain kamera belakang yang unik, Poco X3 NFC juga memiliki jajaran kamera kelas atas. Poco X3 NFC memiliki 4 kamera belakang + 1 kamera depan.

Untuk formasi kamera belakang, kamera utamanya menggunakan Sony IMX 682 berkekuatan 64 megapixel, bukaan lensa f/1.9, 0.8µm pixel, PDAF, dan mendukung mode malam.

kamera poco x3 nfc
Tampilan kamera belakang Poco X3 NFC (image: gsmarena.com)

Kamera utama tadi ditemani oleh 3 kamera lain, yakni kamera 13 megapixel ultra-wide, kamera macro 2 megapixel, dan terakhir ada kamera depth-sensor 2 megapixel untuk mengambil gambar potret dengan background blur.

Kamera depan menggunakan sensor berkekuatan 20 megapixel dengan bukaan lensa f/2.4 dengan dukungan autofocus.

Seperti biasa, kamera dari Xiaomi dilengkapi dengan aplikasi kamera khas MIUI, dengan berbagai mode dan filter unik. Jika kamu terbiasa dengan fitur kamera MIUI, maka kamu tahu mudahnya berganti antar berbagai mode saat ingin mengambil foto.

Ada juga mode Pro, yang bisa digunakan untuk lensa utama, ultrawide, dan lensa makro. Ada pula mode manual yang hanya berlaku untuk kamera utama. Di situ, kammu bisa mengatur berbagai hal seperti ISO, shutter speed, pencahayaan, dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan, Poco X3 NFC dilengkapi dengan jajaran kamera kelas atas dengan teknologi AI yang canggih dan beragam ala Xiaomi.

Hasil tangkapan kameranya cukup bagus dibandingkan smartphone lain di harga yang sama. Hasilnya kurang begitu memuaskan pada mode malam, namun bukan yang terburuk.

Untuk video, hasilnya sangat baik. Poco X3 NFC mampu menghasilkan video beresolusi 4K (30fps), plus ada teknologi stabilization agar tangkapan video tidak terlalu goyang. Kamu bisa menghasilkan rekaman video ala profesional dengan Poco X3 NFC.

Software & UI

Poco X3 NFC menggunakan software terbaru khas Xiaomi, MIUI 12, yang berjalan pada Android 10.

Terdapat beberapa penyegaran interface dari versi MIUI sebelumnya, seperti tampak pada tampilan baru app drawer dan animasi bawaan yang sedikit berbeda, serta transisi yang lebih smooth.

MIUI 12 bukanlah perubahan besar-besara dari versi 11, namun tamplan yang lebih segar dan smooth adalah peningkatan berarti.

Fitur lain yang tidak mengejutkan, karena tertulis pada namnya, adalah NFC. Fitur ini semakin populer digunakan saat ini, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang membuat transaksi cash-less meningkat tajam.

Sensor sidik jari yang ditanam di samping juga terasa super responsif dan akurat. Salah satu yang tercepat saat ini. Tersedia juga sensor pengenal wajah untuk membuka Poco X3 NFC.

MIUI 12 juga berisi beberapa bloatware dan aplikasi yang belum tentu akan kamu gunakan. Namun kamu bisa menghapusnya dengan mudah.

Baterai

Xiaomi menyematkan baterai jumbo 5160mAh pada Poco X3 NFC untuk mendukung performa tinggi dan teknologi layar 120Hz miliknya. Dengan begitu, kamu bisa bertahan lebih lama menggunakan ponsel ini sehari-hari.

Xiaomi mengklaim baterai Poco X3 NFC mampu digunakan bermain game hingga 10 jam dan streaming video hingga 17 jam.

Melengkapi itu semua, Poco X3 ini didukung dengan fitur pengisian cepat dan adaptor charger 33 watt. Ponsel ini dapat mengisi daya sebanyak 62% dalam waktu 30 menit. Dan terisi penuh 100% dalam waktu 65 menit dari posisi baterai kosong.

Harga POCO X3 NFC

Xiaomi merilis Poco X3 NFC dalam dua versi, yakni 6GB/64GB dan 8GB/128GB. Masing-masing dibanderol Rp 3.199.000 dan Rp 3.599.000.

Pada saat peluncurannya, Poco X3 NFC langsung ludes terjual hanya dalam beberapa menit. Xiaomi Indonesia mengatakan akan membuka penjualan gelombang selanjutnya dalam bentuk flashsale.

Masih dalam even peluncurannya, Xiaomi Indonesia memberi potongan Rp. 100.000 untuk setiap pembelian Poco X3 NFC. Potongan tersebut masih berlaku hingga saat ini.

Lihat update harga terbaru POXO X3 NFC di toko resmi Xiaomi Indonesia berikut:

Kesimpulan

Poco X3 NFC adalah hp gaming yang sangat bagus secara keseluruhan. Ponsel ini membawa fitur-fitur yang biasanya cuma ada pada ponsel Android mahalan, seperti performa gaming tinggi dengan Snapdragon 732G, layar 120Hz, dan baterai bertenaga jumbo.

Mengingat harga yang ditawarkan berada di angka 3-3,5 jutaan, maka Poco X3 NFC menawarkan spesifikasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan harganya.

Di harga yang tidak berbeda jauh, kamu bisa menemukan Realme Narzo 20 Pro yang mengusung chipset gaming Helio G95 dari MediaTek, RAM 8GB, dan penyimpanan 128GB.

Baca juga: Xiaomi Poco X3 NFC vs Realme Narzo 20 Pro

Haruskah kamu membeli Poco X3 NFC?

Saya merekomendasikan Poco X3 NFC jika kamu adalah gamer yang intensif memainkan game yang haus grafik seperti Fortnite dan ARK: Survival Evolved. HP ini adalah yang terbaik yang bisa kamu dapatkan di harga 3 jutaan.

Juga, jika kamu ingin ponsel yang handal untuk penggunaan apapun dengan daya tahan baterai yang tinggi, maka Poco X3 NFC layak untuk kamu beli.

Dan alasan terakhir adalah harganya. Harga Poco X3 NFC dirasa jauh lebih murah jika dibandingkan dengan apa yang akan kamu dapat. Yep, sekali lagi kita berbicara tentang Snapdragon 732G dan layar 120Hz di sini, yang sudah pasti mengalahkan smartphone manapun di harga yang sama pada saat tulisan ini kami buat.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER