Mengenal Fitur Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1, Chipset Terbaru dari Qualcomm

Qualcomm luncurkan dua System on Chip (SoC) kelas flagship terbaru, dengan peningkatan performa, fitur gaming, dan efisiensi daya tingkat tinggi.

Qualcom baru saja mengumumkan peluncuran dua System on Chip (SoC) alias mobile processor terbaru untuk perangkat Android, yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. Apa saja fitur baru dan kelebihannya, dan bisakah kedua chipset ini masuk dalam jajaran chipset HP terbaik tahun ini?

Bersama MediaTek, Qualcomm merupakan produsen besar SoC untuk smartphone dan tablet Android. Chipset dari keduanya menjadi mesin utama perangkat Android, mulai dari kelas entry hingga flagship. Brand-brand besar smartphone dan tablet seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo, dan Realme adalah pengguna rutin chipset dari MediaTek dan Qualcomm.

Sekedar informasi, di akhir tahun 2021 lalu, Qualcomm telah meluncurkan SoC kelas flagship Snapdragon 8 Gen 1, yang telah digunakan berbagai smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy S22 series, OPPO Find X5 Pro, Xiaomi 12 Pro, dan Realme GT 2 Pro.

Sebagai penerus dari Snapdragon 8 Gen 1, maka chip 8+ Gen 1 yang baru diluncurkan ini dipastikan menjadi SoC tertinggi dari Qualcomm saat ini.

Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 1 adalah chipset pertama di seri Snapdragon 7 yang menggunakan model nama ini. Chipset ini menjadi penerus dari Snapdragon 778G yang juga dirilis tahun lalu, dan telah menjadi otak bagi Samsung Galaxy A73 5G, Vivo T1 Pro 5G, dan juga Realme GT Master Edition.

Kedua chipset premium yang sudah mendukung jaringan 5G ini disinyalir memiliki performa yang powerful untuk keperluan gaming, multimedia, dan aktivitas berat lainnya di perangkat mobile.

Mari kita lihat seperti apa fitur dan keunggulan yang dibawa kedua chipset terbaru dari Qualcomm ini.

Snapdragon 8+ Gen 1

fitur snapdragon 8+ gen 1

Dengan menambahkan tanda “PLUS”, bisa dikatakan chipset ini merupakan penyempurnaan dari Snapdragon 8 Gen 1, bukan upgrade mayor yang membawa peningkatan signifikan dari generasi pendahulunya. Namun begitu, peningkatan dari chipset powerhouse Snapdragon 8 Gen 1 pasti menjadikan chipset ini luar biasa tangguh.

Berdasarkan informasi dari website resmi Qualcomm, Snapdragon 8+ Gen 1 menawarkan performa CPU Kryo yang 10% lebih baik dan 30% lebih hemat daya dibandingkan pendahulunya. Chipset ini memiliki kecepatan clock CPU hingga 3.2 GHz, dimana pendahulunya ‘hanya’ bisa berlari sekencang 3.0 GHz.

Sektor kartu grafisnya (GPU Adreno) juga mengalami peningkatan, dimana performanya juga 10% lebih tinggi dan 30% lebih hemat energi.

Selain itu, prosesor HP ini memberikan peningkatan performa dan efisiensi daya secara keseluruhan, seperti pengalaman gameplay yang lebih baik dan 80 menit nonton streaming video lebih lama.

Paket Snapdragon Elite Gaming yang ada di Snapdragon 8+ Gen 1 juga menawarkan kualitas visual gaming setara komputer berkat fitur-fitur seperti Variable Rate Shading Pro, Volumetric Rendering, dukungan Unreal Engine 5, Adreno Frame Rate Motion Engine, dan lain sebagainya.

Kemampuan pemrosesan gambar (ISP) 18-bit miliknya juga memberikan kemampuan penangkapan gambar dalam keadaan cahaya super rendah dan, pertama kali dalam dunia mobile, kemampuan untuk merekam video 8K HDR.

Ada pula fitur Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System yang memungkinkan pengguna untuk menikmati kecepatan Wi-Fi hingga 3.6 Gbps. Teknologi modem Snapdragon X65 5G-nya juga menawarkan peak download hingga 10 Gb per detik.

Mesin AI generasi ke-7 yang mereka sebut Qualcomm Hexagon, adalah prosesor tercanggih dari Qualcomm saat ini. Secara umum, pengguna bisa mendapatkan performa-per-watt yang 20 persen lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Bisa dikatakan, Snapdragon 8+ Gen 1 membuat “chipset tercanggih” saat ini menjadi lebih hebat, dan siap mengisi dapur pacu smartphone flagship teratas dalam waktu dekat ini.

Spesifikasi Snapdragon 8+ Gen 1
  • CPU: Qualcomm Kryo CPU 64-bit (4 nm), up to 3.2 GHz.
  • GPU: Qualcomm Adreno GPU.
  • Modem seluler: Snapdragon X65 5G Modem-RF, up to 10 Gbps.
  • ISP: Qualcomm Spectra, Triple 18-bit ISP. Up to 200 MP sensor. 8K video capture.
  • Display: 4K @ 60 Hz, QHD+ @ 144 Hz. Support HDR10+
  • Memory: LPDDR5, 3200 MHz.
  • Charging: Qualcomm Quick Charge 5 technology.
  • USB: Type-C 3.1
  • Konektivitas: Wi-Fi 6e (3.6 Gbps), Bluetooth 5.3, NFC, etc.
  • Sensor lokasi: Beidou, Galileo, GLONASS, NavIC, GPS, QZSS

Snapdragon 7 Gen 1

chipset snapdragon 7 gen 1

Chipset Snapdragon 7 Gen 1 adalah paket SoC gaming tingkat tinggi. Secara umum, chipset terbaru di family Snapdragon 7-series ini menjanjikan kemampuan mobile gaming dengan konektivitas super cepat dan peningkatan luar biasa pada audio dan visual grafis.

Berbeda dengan Snapdragon 8+ Gen 1, chipset ini membawa peningkatan yang signifikan dari pendahulunya, Snpadragon 780G, khususnya dalam hal gaming dan visual.

Selain telah mendukung resolusi Quad HD+, GPU Adreno-nya menawarkan visual gaming kualitas HDR dengan latensi super rendah dan kemampuan rendering grafis yang 20 persen lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Fitur Elite Gaming bawaan dari Snapdragon juga mempercepat tingkat respon hingga hitungan milidetik.

CPU-nya berintikan Qualcomm Kryo 64-bit dengan kecepatan clock maksimal mencapai 2.4 GHz. Tingkat kecepatan koneksi WiFi-nya setara dengan Snapdragon 8+ Gen 1 karena sama-sama didukung dengan teknologi sistem koneksi FasConnect 6900. Untuk urusan jaringan 5G, chipset ini dibekali modem Snapdragon X62 dengan kecepatan download maksimal mencapai .4 Gbps.

Di sektor ISP, yang bertanggung jawab untuk urusan fotografi, Snapdragon 7 Gen 1 dilengkapi dengan ISP Spectra Triple 14-bit yang mendukung Hardware Accelerator for Computer Vision (CV-ISP).

Dengan begitu, vendor yang menggunakan Snapdragon 7 Gen 1 bisa menggunakan kamera dengan resolusi 200MP di perangkat smartphone mereka, serta kemampuan untunk merekam video hingga 4K HDR.

Melihat spesifikasi dan sejarah pendahulunya, SoC Snapdragon 7 Gen 1 ini akan menjadi andalan bagi smartphone kelas menengah-ke-atas (upper mid-range).

Spesifikasi Snapdragon 7 Gen 1
  • CPU: Qualcomm Kryo CPU 64-bit (4 nm), up to 2.4 GHz.
  • GPU: Qualcomm Adreno GPU.
  • Modem seluler: Snapdragon X62 5G Modem-RF, up to 4.4 Gbps.
  • ISP: Qualcomm Spectra, Triple 14-bit CV-ISP. Up to 200 MP sensor. 4K video capture.
  • Display: 4K @ 60 Hz, QHD+ @ 144 Hz. Support HDR10+
  • Memory: LPDDR5, 3200 MHz.
  • Charging: Qualcomm Quick Charge 5 technology.
  • USB: Type-C 3.1
  • Konektivitas: Wi-Fi 6e (3.6 Gbps), Bluetooth 5.3, NFC, etc.
  • Sensor lokasi: Beidou, Galileo, GLONASS, NavIC, GPS, QZSS

Mari kita tunggu, smartphone premium apa saja yang akan menggunakan Soc Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1 terbaru untuk mengisi dapur pacunya.

Shopee Birthday Sale shopee birthday sale
Fadil

Fadil

Founder Arenadigital.id, tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain mengelola beberapa website, ia juga habiskan waktu dengan Netflix dan travelling.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0