Qualcomm Umumkan Snapdragon 888, Apa Saja Fiturnya?

ringkasan
– Prosesor mobile generasi berikutnya dari Qualcomm adalah Snapdragon 888.
– Chipset ini hadir dengan dukungan 5G, peningkatan mesin AI dan image processing, serta kinerja mobile-computing yang jauh lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Melalui event Tech Summit Digital 2020, Qualcomm resmi mengumumkan Snapdaragon 888. Chipset inilah yang akan dipakai untuk berbagai ponsel flagship kelas atas di tahun 2021 nanti.

Dalam Summit yang dilaksanakan secara virtual ini, Presiden Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon, menyoroti peran penting Qualcomm Snapdragon 8-Series sebagai platform mobile generasi berikutnya.

Menggabungkan teknologi terbaru Qualcomm dengan evolusi teknolgi jaringan 5G, mereka akan mentransformasi era digital saat ini, serta semakin memperkaya pengalaman milyaran pengguna smartphone di seluruh dunia.

qualcomm tech summit 2020 Qualcomm Umumkan Snapdragon 888, Apa Saja Fiturnya?

“Menciptakan pengalaman premium membutuhkan fokus berkelanjutan terhadap inovasi, komitmen jangka panjang, bahkan di tengah situasi penuh ketidakpastian sekali pun. Hal ini membutuhkan organisasi yang berfokus pada masa depan, untuk terus menghadirkan teknologi yang mampu mendefinisikan ulang pengalaman tingkat premium kepada konsumen,” kata Amon.

Melalui even ini juga terungkap bahwa para produsen smartphone telah ‘mendaftarkan diri’ untuk menggunakan proses Snapdragon 888 dalam perangkat terbaru mereka, termasuk ASUS, Black Shark, Sharp, Motorola, Nubia, OPPO, OnePus, realme, vivo, Ziaomi, Xiaomi, dan ZTE.

Fitur Unggulan Snapdragon 888

Alex Katouzian, Senior Vice Preciden Qualcomm mengambil alih ‘panggung’ dan memperkenalkan beberapa fitur premium yang dimiliki chipset Snapdragon 888. Antara lain:

Dukungan 5G Global
Yang pertama, Snapdragon 888 akan menghadirkan teknologi 5G melalui modem Snapdragon x60, yang telah kompatibel dengan band mmWave dan Sub-6 5G di seluruh dunia. Modem ini juga memberikan dukungan terhadap multi-SIM, peningkatan agregasi operatos seluler, termasuk Dynamic Spectrum Sharing untuk meningkatkan dukungan terhadap jaringan 4G yang telah ada saat ini.

AI Engine Gen-6
Fitur premium berikutnya adalah AI Engine generasi ke-6 melalui prosesor Qualcomm Hexagon yang telah dirancang ulang sepenuhnya. Mesin ini merupakan lompatan besar dibandingkan teknologi AI generasi sebelumnya.

AI Engine ini mampu beroperasi hingga 26TOPs (tera per detik), yang tentu akan meningkatkan performa dan kecepatan perangkat mobile. Lebih jauh lagi, platform ini juga ditingkatkan dengan QUalcomm Sensing Hub generasi ke-2, yang berarti semakin menghemat daya secara otomatis.

Elite Gaming Gen-3
Sejak awal, Qualcomm Snapdragon Elite Gaming telah menghadirkan lusinan teknologi terkait mobile-gaming ke dalam smartphone, seperti Updateable GPU Drivers, Desktop Forward Rendering, dan mampu mencapai frame rate hingga 144fps.

Generasi ke-3 dari Snapdragon Elite Gaming, yang juga hadir pada Snapdragon 888 akan membawa peningkatan teknologi tercanggih pada performa GPU Adreno milik Qualcomm.

Fotografi Kelas Atas
Fitur lain Snapdragon 888 adalah peningkatan terhadap fotografi komputasi dan transformasi ponsel menjadi sebuah kamera berkualitas profesional.

Berkat Qualcomm Spectra ISP yang lebih cepat, pengguna dapat menangkap foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik, atau sekitar 120 foto pada resolulsi 12MP. Teknologi ini lebih cepat 35% dibandingkan generasi sebelumnya.

Patut ditunggu kehadiran berbagai smartphone kelas atas yang akan mengemas Snapdragon 888 5G dalam produk mereka di tahun 2021 nanti.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER