Rumor Spesifikasi PlayStation 5 Bocor, Diperkirakan Rilis Tahun Depan

Di luar sana masih banyak pengguna yang belum memiliki PlayStation 5. Entah karena belum cukup biaya atau masih mengantre untuk mendapatkannya. Dan ketika kepemilikan mesin gaming next-gen ini belum merata, Sony justru dirumorkan sudah menyiapkan versi terbarunya yang lebih gahar, PlayStation 5 Pro.

Sejak era PlayStation 4, sudah jadi kebiasaan Sony dalam merilis versi upgrade konsol gaming mereka sebelum melahirkan suksesor sejatinya. Versi awal PlayStation 4 dirilis pada November 2013. Sementara versi Pro-nya diperkenalkan ke hadapan publik pada bulan yang sama tahun 2016.

Masih di bulan yang sama tahun 2020, Sony menggemparkan jagat gaming dengan mengumumkan PlayStation 5. Dan apabila pola perilisannya mengikuti konsol generasi sebelumnya, bisa kita asumsikan bahwa Sony akan melahirkan PlayStation 5 Pro paling lambat pada bulan November tahun 2023.

Baca juga: Razer Edge Turut Panaskan Persaingan Konsol Game, Apa Saja Keunggulannya?

Bocoran PlayStation 5 Pro, Apa Saja yang Dimutakhirkan?

bocoran playstation 5

Peningkatan pada sektor grafis dan polesan visual adalah keniscayaan. Inilah yang terjadi ketika Sony meluncurkan PS4 Pro yang tampil lebih memanjakan mata dibandingkan PS4. Bayangkan saja, jika sebelumnya gamer hanya dapat menikmati resolusi full HD, pada versi upgrade tersebut mereka bisa memainkan game favorit mereka pada resolusi 4K!

Ini pula yang akan gamer dapatkan dari PS5 Pro. Dan secara mengejutkan, perusahaan elektronik TCL menyajikan presentasi yang sekaligus memberi bocoran soal spesifikasi PS5 Pro nantinya.

Pertama soal kartu grafis. AMD RX6700XT yang dipakai di PS5 reguler akan ditukar dengan RX7700XT yang lebih bertenaga dengan peningkatan pada aspek komputasi, clockspeed, serta memori GDDR6. Kinerja Ray Tracing konsol ini juga akan berlipat ganda hingga 2,5 kali.

PS5 Pro juga diyakini akan mendapatkan upgrade pada jantung prosesornya dengan nantinya ditempati oleh AMD Zen 4 Ryzen 7000. Prosesor ini baru saja dilepas pada September 2022 dan dirancang dengan fabrikasi 5 nm dan PCle 5.0 yang lebih baru.

Menurut TCL, PS5 Pro dapat menjalankan game pada format resolusi hingga 4K dan bahkan 8K dengan frame rate mencapai 120fps. Paling tidak, output 4K akan stabil di @60fps dan tidak akan mengalami penurunan sama sekali. Sesuatu yang sulit untuk diamini, kecuali kita diperlihatkan demo yang sebenarnya.

Selanjutnya adalah sektor penyimpanan. Pergantian HDD pada PS4 menjadi SSD untuk PS5 sebetulnya sudah merupakan peningkatan yang luar biasa signifikan. Gamer modern bakal kesulitan untuk membaca tips yang ditampilkan di layar loading.

PS5 Pro diprediksi akan hadir dengan SSD yang punya kecepatan lebih tinggi lagi. Selain itu, opsi penyimpanannya diharapkan meningkat daripada kapasitas 800GB sebagaimana yang dimiliki PS5 saat ini.

Wajar, game-game keluaran terbaru memang hadir dengan kapasitas yang monster. Sebut saja Cyberpunk 2077 yang punya size dasar (tanpa DLC) sebesar 158GB. Gran Turismo, mobil balap dengan visual yang apik, memakan space hingga 183GB. Sementara game FPS paling populer di muka bumi, Call of Duty: Black Ops Cold War punya size 225GB.

Apakah Harganya Akan Ikut Naik?

Belum tentu. Kita bisa bercermin dari situasi pada generasi sebelumnya. Pasalnya, PS4 Pro dibanderol dengan harga yang sama dengan PS4 reguler saat awal rilisnya yang dijual dengan harga USD 399.

Namun, dengan masih tingginya antusiasme konsumen, terutama yang belum kebagian konsol gaming ini, serta kondisi ekonomi yang tidak menentu yang menyebabkan terjadinya inflasi di berbagai negeri, kami memprediksi bahwa PS5 Pro akan mengalami kenaikan harga dibandingkan PS5 reguler.

Masih ada waktu satu tahun lagi hingga kemunculan rumor-rumor baru terkait upgrade untuk konsol next-gen ini. Nantikan saja.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
2