Mengenal Berbagai Seri Laptop/Notebook Asus: ZenBook, VivoBook, ROG, TUF, dll.

Asus ZenBook, VivoBook, ROG, ChromeBook, StudioBook dan lain-lain -- Apa bedanya? Ketahui karakteristik pada setiap seri laptop Asus.

Asus merupakan brand laptop yang sangat populer di Indonesia. Line up laptop Asus sangat bervariasi, mulai dari laptop kelas premium, laptop gaming high-end, laptop gaming murah, hingga laptop consumer standar untuk keperluan sehari-hari.

Asus memiliki seri laptop untuk semua kebutuhan. Ada AsusPro untuk kalangan bisnis, ZenBook premium yang elegan, Asus VivoBook yang murah (biasanya), hingga Asus ROG & TUF Gaming untuk para gamer.

Seri dan model laptop Asus yang sangat beragam tentu bisa sangat membingungkan bagi kamu yang ingin membeli laptop. Calon pengguna tentu penasaran dengan perbedaan antara ZenBook, VivoBook, StudioBook, atau ChromeBook.

Laptop Asus yang mana yang paling cocok untuk kebutuhanmu? Di sini, kamu akan mengenali perbedaan antara berbagai varian dan seri laptop / notebook Asus.

Macam-macam seri / tipe laptop Asus:


Asus ZenBook

laptop asus zenbook
Laptop Asus seri ZenBook (UX433FN)

ZenBook adalah seri premium dari laptop Asus, yang ditujukan untuk kalangan bisnis. Karenanya, ZenBook dilengkapi dengan komponen dan hardware kelas atas.

Karakteristik ZenBook adalah tampilan yang mulus dengan aksen warna yang premium. ZenBook hampir selalu hadir dengan desain yang sangat tipis dan bobot yang ringan untuk mendukung mobilitas pengguna.

Model Asus ZenBook juga selalu dilengkapi dengan prosesor super kencang, resolusi layar tinggi, yang mampu memenuhi hampir semua kebutuhan pengguna akan sebuah laptop.

Saat ini, ZenBook memiliki 4 sub-seri:

  • ZenBook Pro: kelas paling atas dari seri laptop ZenBook. Untuk kalangan profesional.
  • ZenBook S: sub-seri ZenBook dengan tampilan deluxe, super tipis, dan elegan.
  • ZenBook Flip: laptop 2-in-1 dari seri ZenBook, dengan layar yang dapat dilipat.
  • ZenBook (klasik): seri ZenBook yang umum dan premium.

Harga laptop Asus ZenBook berkisar dari 14 jutaan hingga 53 juta rupiah.

Asus ExpertBook

laptop expertbook asus
Laptop Asus ExpertBook (B9450FA)

Selain ZenBook, Asus turut merilis laptop di segmen premium untuk kalangan profesional yang inovatid dan berorientasi pada produktivitas.

Karakteristik dari ExpertBook adalah desainnya yang sangat tipis dan ringan, namun dicekoki dengan komponen dan hardware kelas atas untuk mendukung aktivitas kerja dan bisnis.

Harga ExpertBook berkisar mulai dari 7 juta hingga 35 juta.

Asus ProArt StudioBook

laptop asus proart studiobook
Asus ProArt StudioBook (Pro 15) untuk content creator profesional

ProArt StudioBook adalah seri laptop Asus yang ditujukan untuk kalangan content creator, desainer grafis dan profesional di bidang multimedia. Untuk mendukung keubutuhan tersebut, Asus ProArt StudioBook dibekali dengan GPU NVIDIA Quadro RTX series dan layar NanoEdge.

Kemampuan grafis luar biasa dan portabilitas tinggi menjadikan seri ini merupakan laptop terbaik untuk keperluan pembuatan konten kreatif dan profesional.

Harga laptop ProArt StudioBook juga tidak murah, dimulai dari 30 jutaan hingga mendekati 200 juta.

Asus VivoBook

laptop asus vivobook
VivoBook – lini laptop murah dari Asus

Asus VivoBook adalah lini laptop Asus dengan harga terjangkau. Laptop dari lini VivoBook sangat banyak, dan model laptop baru sering muncul berdekatan. VivoBook merupakan seri laptop mainstream yang ditujukan untuk penggunaan umum sehari-hari.

Asus VivoBook sangat populer sebagai laptop untuk pelajar dan mahasiswa, serta untuk kalangan anak muda, dengan desain yang ekslusif dan harganya yang cukup terjangkau.

Mesinnya memang tidak secanggih laptop ZenBook, namun hampir pasti kamu bisa menemukan laptop yang sesuai untukmu dengan harga terjangkau pada seri VivoBook.

Namun jika kamu cermat memilih, kamu bisa mendapatkan laptop VivoBook dengan performa yang kencang, khususnya pada model laptop VivoBook Pro.

Seperti halnya ZenBook, laptop Asus dari seri VivoBook juga terbagi atas beberapa sub-seri, yaitu VivoBook Pro, VivoBook Ultra, VivoBook S, VivoBook Flip, dan VivoBook reguler.

Harga laptop Asus VivoBook berkisar dari 3 jutaan hingga 15 juta.

Asus ROG

laptop gaming asus rog
Laptop gaming Asus ROG (ROG Strix Scar 15 G532LWS)

ROG (Republic of Gamers) merupakan lini laptop gaming premium dari Asus. Jika kamu ingin memainkan game berat dengan settingan tertinggi, makan Asus ROG adalah laptop yang kamu cari.

Laptop Asus ROG dicirikan dengan mesin powerful, yang terdiri atas prosesor generasi terbaru, VGA super kencang, dan layar Ultra HD. Intel Core-i9 generasi terbaru, AMD Ryzen 7, Nvidia GTX 1080 Ti, atau bahkan NVIDIA RTX seri terbaru, bukanlah komponen yang asing bagi laptop Asus ROG.

Harganya tentu sebanding dengan kualitasnya. Harga laptop Asus ROG saat ini terentang mulai dari belasan juta hingga ratusan juta rupiah.

Asus TUF Gaming

laptop asus tuf gaming
Asus TUF Gaming (FX505)

TUF merupakan singkatan dari The Ultimate Force. Asus TUF Gaming adalah seri laptop gaming yang lebih terjangkau dibandingkan ROG.

Selain kencang untuk gaming, Asus TUF memiliki casing yang durable dan tahan banting. Seperti dinyatakan Asus, durabilitas Asus TUF telah lulus uji standardisasi militer (MIL-STD-810H) yang sangat ketat. Tahan tetesan, getaran, kelembaban, dan suhu ekstrem.

Hargan laptop gaming dari Asus TUF cukup terjangkau, dengan kisaran belasan hingga 20-an juta. Secara keseluruhan, Asus TUF menawarkan more value for money.

Untuk gamer casual dan pemula, atau gamer dengan modal pas-pasan, Asus TUF gaming adalah laptop gaming yang ideal.

Asus Chromebook

laptop asus chromebook

Selanjutnya adalah seri Chromebook, laptop Asus dengan Chrome OS. Seri ini tersedia juga dalam model Flip.

Jika kamu hanya butuh laptop untuk browsing maka Asus Chromebook adalah laptop yang tepat. Laptop seri Chromebook cocok untuk pelajar atau profesional yang hanya membutuhkan hal-hal dasar browser dan aplikasi web.

Asus Chromebook adalah laptop yang tipis dan ringan, dengan durasi baterai yang sangat awet karena hanya didukung dengan komponen yang minimal dan hemat daya.

Laptop Asus Seri Lainnya

Selain seri laptop di atas, Asus juga banyak merilis laptop dengan awalan berhuruf E, K, X, B, Q, V, dan F.

Laptop dari seri ini biasanya berupa laptop mainstream dengan harga murah (namun ada juga yang harganya mahal). Biasanya, laptop-laptop ini masuk dalam lini VivoBook, walaupun sering juga dipasarkan tanpa embel-embel seri manapun.


Kode / Penamaan Model Laptop Asus Membingungkan

Walaupun kamu sudah mengerti perbedaan mendasar dari setiap seri laptop Asus, kemungkinan kamu tetap akan bingung setelah melihat berbagai model dari laptop Asus.

Struktur penamaan produk laptop Asus sangat beragam dan terkadang tidak konsisten.

Misalnya saja pada model laptop Asus ZenBook 15 UX533, kamu akan menemukan varian seperti ZenBook 15 UX533FLC dan ZenBook 15 UX533FAC.

Seakan belum cukup membigungkan, pada model ZenBook 15 UX533FLC terdapat lagi sub-varian dengan kode A702T. Sehingga model lengkap produknya menjadi Asus ZenBook 15 UX533FLC-A702T.

Cara Membaca Nama Model Laptop Asus

Untuk membantumu mengerti kode pada model laptop Asus, kamu bisa melihat gambar berikut ini.

cara membaca kode model laptop asus
Cara membaca kode model laptop Asus

Penamaan lengkap model laptop Asus umumnya terdiri atas beberapa bagian. Sebagai contoh, kita akan menggunakan model laptop Asus ZenBook 15 UX533FTC-A702T.

Jika kita breakdown, maka Asus ZenBook 15 UX533FTC-A702T dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Asus – brand
  • ZenBook – seri laptop Asus
  • 15 – ukuran layar 15 inci
  • UX533FTC – model
  • A702T – modifikasi model atau sub-model

Setiap kode pada model dan sub-model juga memiliki arti tersendiri, yang bisa kamu lihat penjelasannya pada gambar di atas.


Itulah berbagai informasi yang perlu kamu ketahui mengenai macam-macam seri dan model dalam laptop Asus. Semoga dengan artikel ini kamu tidak lagi bingung dalam menentukan jenis laptop Asus yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Topik:

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER