Serial The Queen’s Gambit Ciptakan Berbagai Rekor dan Fenomena

The Queen’s Gambit, serial Netflix yang sedang populer saat ini, berhasil mencatatkan rekor baru di Netflix, serta menciptakan berbagai fenomena di banyak negara.

Film seri ini diadaptasi dari dari buku karangan Walter Tevis dengan judul yang sama, The Queen’s Gambit, yang terbit di tahun 1983. Menceritakan kisah Beth, gadis dengan masa kecil yang suram, kehilangan, ditinggalkan, dan juga memiliki masalah kecanduan terhadap obat dan alkohol.

Perjalanan Beth, yang diperankan secara apik oleh Anya Taylor Joy, sangat menginspirasi, dan hal itu menular ke dunia nyata, dimana serial ini berhasil menciptakan beberapa rekor dan fenomena yang luar biasa.

serial terbaik netflix the queens gambit
Beth (anya Taylor-Joy) dalam serial populer Netflix The Queen’s Gambit

Berdasarkan catatan Netflix, The Queen’s Gambit ditonton oleh 62 juta keluarga hanya dalam 28 hari sejak ditayangkan di layanan streaming Netflix.

Pencapaiannya secara global lebih luar biasa lagi. Serial ini populer di banyak negara. Faktanya, The Queen’s Gambit menduduki posisi pertama sebagai serial terpopuler di 63 negara, termasuk UK, Argentina, Israel, Afrika Selatan, Rusia, Prancis, dan banyak lainnya.

Selain itu, serial ini juga menduduki posisi Top 10 di 92 negara.

Baca juga: Film Serial Netflix Terbaik 2021 yang Wajib Kamu Tonton

Tidak berhenti di situ. Sejak diluncurkan Netflix di Oktober, efek yang ditimbulkan serial ini antara lain:

  • Novel The Queen’s Gambit karya Walter Tevis saat ini menjadi The New York Times bestseller, 37 tahun setelah novel ini diterbitkan.
  • Pencarian Google untuk keyword “how to play chess” melonjak tajam, tertinggi dalam 9 tahun terakhir.
  • Minat dan pembelian set catur meningkat hingga 250% di situs belanja eBay.
  • Jumlah pemain baru meningkat 5 kali lipat di situs Chess.com

Mini seri ini juga mendapatkan ribuan review positif dari penonton. Situs review Rotten Tomatoes bahkan memberikan nilai 100% untuk The Queen’s Gambit.

Berbagai fenomena tersebut di atas benar-benar menggambarkan bagaimana kesuksesan sebuah film dapat memberikan efek dalam kehidupan dan sosial manusia.

Perjalan dan keberhasilan Beth — yang di luar dugaan –, di bidang yang didominasi oleh pria, memberikan nilai moral tentang pentingnya kegigihan, keluarga, sahabat, dan sikap untuk tetap jujur terhadap diri sendiri.

Walaupun olahraga catur bukanlah topik yang populer, tapi film ini tetap populer, dan filmnya bisa dinikmati bahkan oleh penonton yang tidak paham permainan catur.

Kamu belum nonton The Queen’s Gambit. Tonton sekarang di Netflix.

Checkmate!!!

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER