Smartwatch VS Smartband, Mana yang Sebaiknya Kamu Pilih?

Smartwatch dan fitness band (smartband) adalah dua gadget wearable yang belakangan jadi aksesoris yang digemari banyak orang. Fenomena ini didorong oleh makin terjangkaunya harga serta makin melimpahnya fitur yang dimiliki masing-masing produk.

Akan tetapi, gawai yang sama-sama dikenakan di pergelangan tangan ini kadang membuat bingung calon pembeli. Sebab, secara garis besar, fungsinya mirip. Keduanya bisa menampilkan notifikasi yang disambungkan ke smartphone, menunjukkan waktu, sampai menjadi pengukur kuantitas olahraga yang dilakukan.

Kalau dicermati lebih teliti lagi, arloji pintar dan gelang kebugaran dipisahkan oleh perbedaan mendasar pada beberapa hal yang tidak serta-merta membuat satu produk lebih unggul dari produk yang lain secara keseluruhan.

Dalam tulisan ini, kami ingin memandu kamu membulatkan tekad untuk membeli salah satunya dengan memaparkan keunggulan maupun kekurangannya.

Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Pilih Smartband

kenapa pilih smartband

Kalau kamu menginginkan sebuah aksesoris ekstra untuk menunjang aktivitas kamu yang penuh kesibukkan dan kamu adalah orang yang sensitif soal harga, pilihlah smartband.

Gelang kebugaran biasanya memiliki dimensi yang compact serta bobot yang lebih ringan ketimbang arloji pintar. Tapi walaupun berukuran kecil, smartband dijejali banyak fitur fundamental, khususnya buat kamu yang menyukai aktivitas olahraga.

Dewasa ini, gelang kebugaran telah menyertakan alat ukur untuk mengukur macam-macam olahraga yang kamu lakoni. Mulai dari lari luar ruang, lompat tali, bersepeda, jalan kaki, sampai mendayung dan berenang. Semua informasi dapat dilihat dengan jelas walau layarnya ringkas.

Gelang kebugaran keluaran terbaru bahkan sudah dilengkapi teknologi yang dapat mengetahui jumlah kalori yang kamu bakar atau menghitung denyut jantung kamu dengan cukup akurat.

Keunggulan mutlak smartband dari smartwatch adalah baterai. Smartband punya daya tahan yang variatif, tapi rata-rata kamu akan mendapatkan angka belasan hari apa pun merek smartband yang kamu pilih.

Rekomendasi Smartband Buat Kamu

xiaomi band 7

Xiaomi Smart Band

Iterasi terbaru dari seri smartband terpopuler ini punya layar sangat lega, 1,62 inci. Fitur tracker lengkap dengan dukungan terhadap lebih dari 100 tampilan tema. Baterainya berdaya tahan panjang meski kamu pakai secara terus-menerus.

oppo smart band

OPPO Band

Smartband berbobot 10,3 gram ini dibekali panel AMOLED cantik dengan luas 1,1 inci yang jelas terlihat di bawah matahari. Produk ini sudah punya fitur SpO2 untuk mengukur kadar oksigen dalam tubuh. Sangat bermanfaat bagi pengguna dengan riwayat penyakit tertentu.

Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Pilih Smartwatch

alasan memilih smartwatch

Pilih gawai sandangan ini jika kamu menginginkan sebuah produk yang bekerja laiknya ponsel pintar kamu, tapi bisa kamu kenakan dengan lebih praktis di pergelangan tangan.

Arloji pintar memiliki layar yang cukup luas bagi kamu untuk membaca deretan notifikasi, baik itu pesan instan atau email penting. Ada telepon masuk? Tak perlu keluarkan ponsel dari saku. Cukup dekatkan tangan ke telinga kamu. Oh iya, kalau mau, kamu juga bisa langsung membalas pesan dari smartwatch, lho.

Smartwatch flagship juga punya rancangan desain yang premium yang dijamin bakal membuat kamu jadi tampak lebih profesional di hadapan orang lain. Kamu bisa pilih mau smartwatch bergaya analog untuk kesan timeless atau digital yang lebih modern.

Bagaimana dengan fitur tracker? Secara umum, smartwatch hampir pasti memiliki semua fitur pelacakan kesehatan yang tertanam pada smartband. Ditambah lagi, ada fitur built-in GPS yang berarti proses pengukuran atau pelacakan aktivitas kamu akan jadi lebih akurat. Oh iya, apa kami sudah menyebut soal kehadiran fitur NFC untuk kemudahan metode pembayaran?

Tapi ingat, dengan semua kekayaan fitur tersebut, jarang ada smartwatch yang sanggup menyamai ketahanan daya smartband. Intinya, kalau kamu tak keberatan untuk rutin mengisi ulang setiap malam dan punya anggaran lebih besar, smartwatch adalah pilihan terbaik.

Rekomendasi Smatwatch Buat Kamu

samsung watch5 pro

Samsung Galaxy Watch 5 Pro

Pilihan ‘ultimate’ pengguna Android ini tampil elegan dengan desain membulatnya yang khas. Layarnya berdiameter 1,36 inci dengan panel AMOLED. Arloji pintar ini punya sensor baru untuk perhitungan data yang lebih akurat serta daya tahan baterai yang (sedikit) lebih panjang.

apple watch 7 series

Apple Watch Series 7

Opsi nomor satu penduduk ekosistem iOS ini menawarkan fitur sangat lengkap untuk menjustifikasi harganya yang setara HP menengah atas.

Kamu bisa mengetik langsung pada layarnya yang berbentuk persegi empat ini. Sudah ada sensor pengukur oksigen, detak jantung, serta aplikasi Mindfulness untuk membantu merawat kesehatan mental penggunanya.


Smartwatch atau smartband? Tak ada pilihan yang keliru. Tiap produk punya keunggulannya masing-masing. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan (tentunya) dana yang siap kamu keluarkan.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0