Tablet Nokia T21 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya di Indonesia

Dalam sebuah event yang digelar di Jakarta Selatan, Nokia membuat kejutan dengan meluncurkan sejumlah perangkat barunya. Satu di antaranya adalah tablet Nokia T21. Suksesor dari Nokia T20 yang mendarat di Indonesia tahun lalu.

Kehadiran Nokia T21 sekaligus makin meramaikan persaingan di segmen tablet yang belakangan penuh sesak akan produk-produk yang memukau. Sebut saja Redmi Pad dan HUAWEI MatePad SE yang baru-baru saja melenggang di Indonesia.

Namun pertanyaannya, apakah Nokia T21 mampu tampil menonjol dan memberi perlawanan yang seimbang?

Spesifikasi Tablet Nokia T21

spesifikasi dan harga nokia t21 tablet

Desain

Mewarisi DNA Nokia yang sudah terpatri dalam benak mayoritas pengguna, tablet ini dirancang tangguh dan punya ketahanan yang di atas rata-rata tablet pada umumnya.

Bodi belakangnya dibalut bahan aluminium dengan finishing matte dan warna klasik Charcoal Grey yang memadukan unsur abu tua yang kebiruan. Nokia juga memanfaatkan 60% plastik daur ulang sebagai penutup untuk area antenanya.

Area depannya tampak masih ‘dipagari’ bezel yang tebal sehingga rasio layar-ke-bodi perangkat ini hanya berada di angka 79 persen. Nokia tidak memberinya pelindung Gorilla Glass. Kendati begitu, layar ini sudah dilapisi pelindung kaca khusus yang diperkuat.

Layar

spek layar tablet nokia t21

Hadir dengan panel IPS beresolusi full HD (1200 x 2000 piksel) dan luas 10,36 inci, Nokia bersungguh-sungguh merancang tablet ini untuk keperluan hiburan atau produktivitas bagi pengguna yang memerlukan visualisasi yang lebih lebar dari layar smartphone.

Layar Nokia T21 ini juga didukung oleh sertifikasi Penyaring Cahaya Biru dari SGS, dapat menerima input pena digital dari produk Wacom WGP atau Wacom Active ES 2.0, serta telah mengemas sertifikat Widevine L1 sehingga pengguna dapat menikmati tayangan Netflix dalam resolusi terbaik.

Performa dan Memori

Segala aktivitas yang dilakukan melalui tablet ini akan ditangani oleh chipset Unisoc T612 yang memiliki dua inti Cortex-A75 dengan kecepatan maksimum 1.8GHz. Chip yang bagus, tapi bukan yang paling kencang jika dibandingkan Snapdragon 680 atau Helio G99 yang tersemat pada tablet lain di rentang harga yang sama.

RAM perangkat ini tersedia dalam konfigurasi tunggal sebesar 4GB yang sepertinya tidak dapat diperluas secara virtual. Untuk menyimpan aplikasi yang terinstal, pengguna harus pintar-pintar menyiasati ruang 64GB yang dimilikinya. Tapi kalau pengguna punya kartu microSD dengan kapasitas maksimum 512GB, kartu tersebut dapat dimasukkan ke tablet ini.

Kamera

Predikat tablet produktivitas baru valid kalau didukung oleh kamera swafoto yang oke. Dan Nokia T21 menyematkan kamera 8MP yang dapat dipakai saat melakoni rapat virtual atau panggilan video sekeluarga di hari raya. Tapi lensa ini bertipe fixed-focus, jadi tak ada mode pilihan untuk memperluas sudut pandangnya. Kamera belakangnya pun sama, beresolusi 8MP.

Baterai dan Fitur Lainnya

spesifikasi tablet  nokia t21

Nokia T21 punya kapasitas baterai yang lumayan baik di kelasnya. Dengan baterai 8.200 mAh, pengguna dapat leluasa bepergian sepanjang hari tanpa khawatir baterai terkuras habis. Paket pembelian sudah termasuk adaptor daya yang mendukung pengisian kilat 18W.

Seakan tak mau kalah dari HUAWEI MatePad SE, Nokia juga memberi fitur Kids Space yang tak ubahnya arena bermain anak-anak untuk merangsang kreativitas dan rasa ingin tahu mereka secara lebih terarah.

Mirip perangkat Nokia lainnya, Nokia T21 dilengkapi fitur audio OZO Playback yang menyempurnakan speaker empat lubang miliknya dengan optimalisasi audio yang lebih lantang, tapi jernih dengan peningkatan pada bass serta penyesuaian lebih lanjut melalui fitur Equalization yang bisa disesuaikan selera pengguna.

Nokia T21 yang dipasarkan di Indonesia, sayangnya, hanya mendukung konektivitas via Wi-Fi. Padahal, varian Wi-Fi + LTE turut mendukung fitur NFC. Paling tidak tablet ini punya sertifikat IP52 untuk perlindungan minimum terhadap debu dan air.

Harga Tablet Nokia T21 di Indonesia

Nokia T21 dijual dengan harga Rp 3.299.000 untuk konfigurasi memori 4/64GB dan warna Charcoal Grey. Bagi yang berminat, sabar, karena tablet ini baru tersedia pada awal Desember mendatang. Tablet Nokia terbaru ini bisa kamu dapatkan di sejumlah toko offline ataupun ecommerce rekanan HMD Global.

Shopee Birthday Sale shopee birthday sale
Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
2