Spesifikasi OPPO Reno5 vs Reno5 F: Membandingkan 2 Model OPPO Reno Terbaru

Perbandingan spesifikasi antara OPPO Reno5 dan OPPO Reno5 F. Apa perbedaan dan keunggulan masing-masing dari 2 model Reno5 Series ini?
Oppo Reno5 vs Oppo Reno5 F

OPPO telah merilis seri Reno5 beberapa waktu lalu di pasar smartphone Indonesia. Lineup OPPO Reno5 terdiri atas 3 model, yaitu OPPO Reno5, OPPO Reno5 F, dan OPPO Reno5 5G.

OPPO Reno merupakan seri andalan OPPO di segmen kelas menengah, dengan spesifikasi yang lumayan sangar, khususnya pada sektor performa yang diisi dengan chipset tangguh kelas gaming serta memori RAM dan internal storage yang besar.

Pada seri OPPO Reno5 ini, model teratas adalah Reno5 5G, disusul oleh Reno5 reguler, dan model terbawah ditempati oleh OPPO Reno5 F.

Namun mengingat larisnya penjualan OPPO Reno4 dan Reno4 F di tahun sebelumnya, besar kemungkinan generasi OPPO Reno terbaru ini juga akan mendapatkan atensi besar dari pengguna smartphone Indonesia di tahun 2021.

Seperti apa spesifikasi OPPO Reno5 dan OPPO Reno5 F, dan apa perbedaan antara keduanya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan OPPO Reno5 dan OPPO Reno5 F

Sebelum membahas perbedaan Reno5 dan Reno5 F, mari kita lirik spesifikasi utama yang diusung keduanya.

Spesifikasi OPPO Reno5

  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G, up to 2.3GHz
  • Layar: AMOLED, 6.4 inci, resolusi Full HD+
  • RAM: 8 GB
  • Internal storage: 128GB
  • Kamera belakang: 64MP + 8MP + 2MP + 2MP
  • Kamera depan: 44MP
  • Baterai: 4310 mAh, Flash Charge 50W
  • Lihat spesifikasi lengkap

Spesifikasi OPPO Reno5 F

  • Chipset: Nediatek Helio P95, up to 2.2GHz
  • Layar: AMOLED, 6.43 inci, resolusi Full HD+
  • RAM: 8 GB
  • Internal storage: 128GB
  • Kamera belakang: 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
  • Kamera depan: 32MP
  • Baterai: 4310 mAh, Flash Charge 30W
  • Lihat spesifikasi lengkap

Desain dan Bodi

Secara desain, OPPO Reno5 dan Reno5 F sangat mirip jika dilihat dari depan dengan lubang hitam kecil bergaya punh hole di sudut kiri atas untuk menampung kamera selfie. Ukuran dan dimensi keduanya pun hampir identik.

Namun perbedaan cukup mencolok tampak di bagian belakang, tepatnya pada formasi kamera belakang.

Kamera belakang OPPO Reno5 tersusun secara vertical, berupa 3 kamera di sisi kiri dan 1 kamera + lampu LED flash di sebelahnya. Lensa dan lampu flash ini diletakkan pada modul persegi panjang vertical yang warnanya senada dengan case belakang Reno5.

Sementara itu kamera OPPO Reno5 F mengusung formasi yang berbeda dari saudaranya, dimana 4 kamera belakangnya disusun dengan formasi 2-2 membentuk persegi sama sisi pada ‘panggung’ berwarna hitam, ditambah sebuah lampu LED flash yang diletakkan di luar modul persegi tersebut.

Dari segi warna, OPPO Reno5 hadir dengan 2 pilihan warna, yaitu Fantasy Silver dan Starry Black. Sedangkan OPPO Reno5 F mengusung pilihan warna berbeda: Fantastic Purple dan Fluid Black.

Personally, secara penampilan OPPO Reno5 F tampak lebih keren dengan penataan kamera belakang yang lebih rapi dan pilihan kombinasi warna yang dinamis.

Layar

Di sektor layar (display), baik OPPO Reno5 dan Reno5 F sama-sama menggunakan layar AMOLED dengan resolusi Full HD+, dengan sedikit perbedaan pada beberapa bagian pendukungnya.

Misalnya saja, di segi laju penyegaran (refresh rate), OPPO Reno5 telah mendukung refresh rate hingga 90Hz dan touch sampiling rate hingga 180Hz, sedangkan Reno5 F hanya dibekali dengan dukungan refresh rate 60Hz.

Namun OPPO Reno5 F unggul sedikit dari segi ukuran layar dengan diagonal 6.43 inci sementara Reno5 reguler menggunakan layar berukuran 6.4 inci. Perbedaan ini tentu tidak terlalu signifikan.

Performa

Di sektor dapur pacu dan hardware pendukung performanya, kedua model OPPO Reno5 ini juga dibekali dengan chipset yang berbeda.

perbandingan oppo reno5 dan reno5 F

OPPO Reno5 diotaki dengan chipset Snapdragon 720G dari Qualcomm, berupa CPU octa-core dengan kecepatan clock hingga 2.3 GHz dan dukungan grafis Adreno 618.

Di pihak lainnya, OPPO Reno5 F ditenagai dengan chipset MediaTek Helio P95 yang terdiri atas CPU octa-core dengan kecepatan clock mencapai 2.2 GHz dan kartu grafis PowerVR GM9446.

Jika membandingkan chipset yang diusung kedua smartphone ini, OPPO Reno5 yang menggunakan Snapdragon 720G jelas unggul jauh dibandingkan Helio P95 milik Reno5 F.

Snapdragon 720G lebih baik dalam banyak hal seperti performa CPU, performa GPU dalam game, efisiensi daya baterai, dan juga kecepatan prosesor secara umum.

Berdasarkan perbandingan detail yang dilakukan NanoReview, Snapdragon 720G juga terlihat unggul telak pada tes benchmark AnTuTu 8 dan GeekBench 5, seperti tampak pada gambar di bawah.

oppo Reno5 vs oppo Reno5 F
Perbandingan Snapdragon 720G vs Helio P95 pada software AnTuTu 8 (NanoReview)
spesifikasi Reno 5 dan Reno5 F
Skor Snapdragon 720G vs Helio P95 pada GeekBench 5 (NanoReview)

Namun dalam hal memori RAM dan penyimpanan internal, keduanya dibekali dengan spesifikasi yang sama, yaitu RAM 8GB dan internal storage sebesar 128GB. Keduanya juga dilengkapi dengan sistem operasi yang sama, yakni ColorOS 11.1 yang berjalan di atas Android 11.1.

Secara keseluruhan, OPPO Reno5 jelas unggul dalam hal performa dibandingkan Reno5 F. Hal tersebut tentu dapat dimaklumi mengingat bahwa Reno5 F merupakan model terendah dalam seri OPPO Reno5.

Bukan berarti bahwa Reno5 F merupakan smartphone yang buruk. Jika dibandingkan dengan ponsel pintar lainnya di kelas harga yang sama, OPPO Reno5 F merupakan salah satu yang terbaik.

Kamera

Pada bagian kamera, kedua seri OPPO Reno5 ini juga sama-sama mengusung 4 kamera belakang dan 1 kamera selfie di depan. Namun spesifikasi kameranya tentu saja berbeda.

kamera oppo reno5
Kamera OPPO Reno 5

Untuk kamera belakang, OPPO Reno5 mengusung lensa berkekuatan 64 MP (f/1.7) sebagai kamera utama, diikuti dengan lensa ultrawide 8 MP (f/2.2), lensa makro 2 MP (f/2.4), dan lensa fokus 2 MP (f/2.4).

kamera oppo reno5 F
Kamera OPPO Reno5 F

Sedangkan pada OPPO Reno5 F, kamera utamanya menggunakan lensa 48 MP (f/1.7), disertai dengan 3 kamera lainnya yang sama dengan Reno5 reguler, yaitu lensa ultrawide 8 MP, lensa makro 2 MP, dan lensa fokus (depth) 2 MP.

Di bagian depan, keduanya juga dibekali dengan spesifikasi kamera yang berbeda, dimana Reno5 mengusung lensa 44 MP (f/2.4), sedangkan Reno5 F menggunakan lensa 32 MP (f/2.4).

Untuk mendukung fungsi fotografi, keduanya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur kamera canggih ala OPPO seperti Mode Malam, video, foto, potret, slow motion, time-lapse, AI mixed portrait, expert, ekstra HD, panorama, pemindai teks, makro, stiker, templat soloop, Google Lens, dan selfie beautification.

Baik Reno5 dan Reno5 F juga didukung sebuah fitur yang sedang ngetren saat ini, yakni fitur Dual-View video yang mampu merekam dengan kamera belakang dan kamera depan secara bersamaan untuk menghasilkan video dua sisi dalam waktu yang bersamaan.

Baterai dan Fitur Lainnya

Di segmen baterai, OPPO Reno5 dan Reno5 F sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 4310 mAh. Akan tetapi OPPO Reno5 lagi-lagi tampil selangkah di depan dengan dukungan fitur charging yang lebih superior.

OPPO Reno5 dibekali dengan dukungan teknologi pengisian cepat 50W Flash Charge dan VOOC 4.0, yang diklaim mampu mengisi daya dari 0-100% hanya dalam waktu 48 menit. Paket OPPO Reno5 telah dilengkapi dengan adaptor charger SuperVOOC 65W.

Berbeda dengan OPPO Reno5 F yang ‘hanya’ dilengkapi dengan fitur fast charging sebesar 30W.

Selebihnya, kedua model OPPO Reno5 ini juga dibekali dengan fitur-fitur yang kurang lebih identik, seperti fingerprint optic (di layar), Face Unlock, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, Dual-SIM dan slot khusus untuk micro SD.

Hanya saja, dukungan teknologi NFC hanya terdapat pada Reno5, dan tidak tersedia pada Reno5 F.

Kesimpulan

Seperti sudah diketahui bahwa OPPO Reno5 merupakan smartphone yang lebih unggul dibandingkan OPPO Reno5 F, karena Reno5 F adalah model terbawah dalam lineup seri OPPO Reno5. Hal tersebut juga terlihat pada spesifikasi dan uraian kami di atas.

Di antara keduanya, tentu saja Reno5 lebih bagus daripada Reno5 F. Namun jika kamu membandingkan keduanya dengan smartphone lain di kelas harganya masing-masing, OPPO Reno5 reguler (5 juta) dan Reno5 F (4,3 juta) adalah HP yang bagus dan sangat direkomendasikan.

Tidak perlu bingung mana yang harus kamu pilih antara Reno5 dan Reno5 F. Sesuaikan saja pilihanmu dengan budget yang kamu miliki saat ini.

Untuk informasi yang lebih lengkap, termasuk update harga terbaru dan promo OPPO Reno5 saat ini, kamu bisa mengunjungi OPPO Official Store di beberapa e-commerce lokal berikut ini:

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER