Best value

POCO M3: Spesifikasi, Kelebihan dan Harga di Indonesia

POCO M3 resmi menggebrak pasar smartphone Indonesia. Setelah sukses keras dengan Poco X3 NFC (ulasan) di kelas mid-range, kini POCO M3 menyusul dengan jargon entry-level killer dan siap menghantui para pesaingnya di kelas HP harga 1 jutaan.

POCO M3 adalah smartphone entry-level pertama dari POCO, sub brand dari Xiaomi. Namun POCO M3 sudah dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 662, chipset yang biasanya ditemukan pada HP kelas menengah.

Mau tahu seperti spesifikasi, fitur unggulan dan harga POCO M3 di Indonesia? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi POCO M3

spesifikasi poco m3
POCO M3 warna Cool Blue
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 662; octa-core, up to 2.0 GHz
  • Layar: 6,53″ Full HD+; 60Hz; resolusi 1080 x 2340 pixel; Corning Gorilla Glass 3
  • RAM & Memori: 4GB+64GB dan 6GB+128GB
  • Kamera Utama: 48MP + 2MP + 2MP
  • Kamera Depan: 8MP
  • Baterai: 6000 mAh; fast-charging 18W; reverse charging
  • Sistem Operasi: MIUI 12 berbasis Android 10
  • Lihat spesifikasi lengkap.

Fitur dan Kelebihan POCO M3

POCO M3 tidak akan berani mengusung tagline Entry-Level Killer jika tidak didukung dengan spek dan fitur terbaik di kelasnya. POCO M3 seolah hadir dengan spek HP kelas menengah dengan harga jugal kelas entry.

POCO M3 memberikan sesuatu yang lebih hampir di semua sektor. Berikut adalah berbagai fitur dan keunggulan yang bisa kamu temukan di HP POCO M3.

Desain unik dengan warna yang terang

desain poco m3
Desain dan warna POCO M3

Terlepas dari statusnya yang merupakan anak dari Xiaomi, desain POCO M3 sama sekali tidak mirip dengan ponsel Redmi. Seperti seri HP Poco lainnya, POCO M3 memiliki desain tersendiri yang unik dan ekslusif.

Bisa dikatakan, desain POCO M3 jelas jauh melampaui harganya, khususnya dari segi tampilan dan finishing bagian belakang bodi yang anti bekas sidik jari.

Bodi POCO M3 memiliki dimensi yang ramping dan ringan, sehingga nyaman dalam genggaman dengan berat hanya 198 gram.

Di bagian belakang, hadir konfigurasi kamera belakang yang unik dan baru di Indonesia. Tiga kamera belakang disusun secara vertikal pada panggung mini yang dilengkapi dengan lampu flash. Kamera dan flash kemduain dibalut persegi hitam bertuliskan POCO besar.

Lapisan belakang bodi juga mendukung anti sidik jari, sehingga tidak akan meninggalkan bekas ketika tangan kamu berkeringat.

Bicara soal warna, POCO M3 menyediakan tiga pilihan warna. Ada warna kuning dan biru untuk kamu yang suka warna unik. Sedangkan untuk kamu yang lebih konvensional, tersedia juga warna hitam.

Performa yang melebihi ekspektasi

POCO M3 berani mengusung prosesor Snapdragon 662 dari Qualcomm, chipset yang umum ditemui pada smartphone mid-range. Kecepatan clock maksimum mencapai 2.0GHz dan AI Engine generasi ke-3 akan memberikan performa komputasi AI yang jauh lebih baik.

Untuk mendukung performanya, POCO M3 dibekali RAM hingga 6GB dan memori penyimpanan internal hingga 128GB. RAMnya menggunakan memori LPDDR4X yang sangat baik dalam multitasking, sedangkan penyimpanan internal menggunakan UFS 2.2 untuk kemampuan baca data yang sangat cepat.

Prosesor dan memori di atas tentu lebih dari cukup untuk mendukung keperluan kamu sehari-hari.

Tersedia juga slot khusus agar kamu bisa memperluas kapasitas penyimpanan menggunakan microSD hingga 512GB.

Layar besar, resolusi Full HD+ dengan fitur ‘mahal’

Walaupun harganya murah, layar 6,53″ POCO M3 sudah didukung dengan resolusi Full HD+ 1080 piksel (1080x2340pixel). Umumnya, dengan harga di bawah 2 juta, kamu hanya akan mendapatkan HP dengan layar HD+ 720p.

Lihat perbandingan kualitas antara 720p dan 1080p pada gambar berikut.

poco m3 indonesia
720p vs 2080p [mi.co.id]

Selain itu, layar POCO M3 mendukung refresh rate hingga 60Hz, dan dilengkapi beberapa fitur penting seperti filter cahaya biru untuk melindungi mata, pengaturan temperatur warna, mode baca, dan mode sinar matahari untuk membantumu melihat layar di luar ruangan.

Layarnya juga sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya dapat menayangkan konten streaming dan video dengan resolusi tinggi. Tentunya kamu tidak akan ragu berlangganan paket ponsel Netflix dengan POCO M3.

Bezelnya yang tipis menjadikan tampilan layar terasa lebih luas, dan terlihat dari rasio layar ke bodi mencapai 90.34%.

Untuk perlindungan tambahan, layarnya juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Kamera utama berkekuatan 48 MP

poco m3 spek harga
Kamera belakang POCO M3

POCO M3 dilengkapi dengan tiga kamera di belakang, dengan kamera utama berupa lensa 48 megapixel. Selain lensa utama, ada juga lensaa 2MP untuk kamera makro dan lensa 2MP untuk kamera potret bokeh.

Di bagian depan, tersemat lensa 8MP untuk kamera selfie dengan gaya waterdrop di atas layar POCO M3.

Kameranya tentu saja disertai dengan fitur AI, antarai lain AI Beautify, deteksi suasana AI, Google Lens, Night Mode, Mode Portrait, Panorama, dan Mode RAW.

Untuk rekaman video, kamera POCO M3 mampu menghasilkan video 1080p pada frame 30fps.

Baterai 6000mAh dengan pengisian cepat 18W

Pada sektor baterai, POCO M3 sekali lagi memberikan sesuatu yang ‘berlebihan’. Di harga 1,8 juta, kamu tidak akan menemukan HP dengan baterai 6000mAh.

baterai poco m3
Daya tahan baterai POCO M3

Ya, POCO M3 dibekali dengan baterai super badak dengan kapasitas 6000mAh yang tahan hingga penggunaan 2,5 hari. Tidak berhenti di situ, karena baterainya juga sudah didukung dengan fitur fast-charging 18W, agar kamu bisa mengisi penuh daya POCO M3 dengan cepat.

POCO M3 juga dilengkapi dengan fitur reverse charging, yang artinya kamu bisa menggunakannya untuk nge-cas perangkat lain mirip seperti powerbank.

Fitur POCO M3 lainnya

Selain spesifikasi mentereng di atas, POCO M3 juga memiliki berbagai fitur lain seperti IR Blaster, Double Speaker besertifikasi Hi-Res Audio, dan radio FM.

Untuk kemananan yang mudah, POCO M3 dilengkapi dengan sensor fingerprint yang terletak di samping, agar pengguna bisa meraih sensor sidik jari dengan cepat dan praktis.

Harga POCO M3 di Indonesia

harga poco m3 indonesia

POCO M3 hadir di Indonesia dalam dua varian memori, yaitu 4GB+64GB dan 6GB+128GB, dan tersedia dalam warna POCO Yellow, Cool Blue, dan Power Black.

Kamu bisa mendapatkan Poco M3 dengan harga Rp 1.799.000 untuk versi 4GB/64GB, dan untuk versi Poco M3 6GB/128GB di harga 2.199.000,-

#Update harga Poco M3 terbaru

Kamu bisa mendapatkan Poco M3 secara online dan ekslusif di toko resmi Xiaomi Indonesia di Lazada dengan harga berikut:

Rp 1.799.000 Rp 1.899.000
POCO M3 (4GB+64GB)
Rp 2.199.000 Rp 2.299.000
POCO M3 (6GB+128GB)
Rp 2.199.000 Rp 2.299.000
POCO M3 (6GB+128GB)

Kesimpulan

Produsen smartphone terus saja menghadirkan HP yang semakin murah dengan spek yang berkualitas. Sekarang kamu bisa menemukan cukup banyak HP berkualitas di bawah 2 juta. Namun tentu saja susah menyaingi apa yang ditawarkan oleh POCO M3.

POCO M3 tentu bukan HP yang sempurna. Kamu butuh budget mendekati 10 juta atau lebih untuk mendapatkan ponsel terbaik. Namun mengingat harganya, POCO M3 menawarkan HP yang melampaui harganya dari segala sisi.

Jika kamu ingin membandingkan POCO M3 dengan HP lainnya di harga yang serupa, ada Samsung Galaxy A02s, Vivo Y12s, dan OPPO A15. Ketiga produk tersebut dirilis dengan harga Rp 1,9 juta, atau lebih mahal 100ribu dari POCO M3.

Namun dengan budget 1,8 juta, POCO M3 adalah ponsel terbaik yang bisa kamu dapatkan saat ini.

Baca juga ulasan kami lainnya: Realme Narzo 30A vs Redmi 9T vs POCO M3.


Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER