Bocoran Spesifikasi Steam Deck, Harga dan Cara Membelinya

Bagaimana jika kamu memiliki PC namun dalam genggaman? Valve kali ini merambah konsol handheld dengan spesifikasi fantastis yang mereka beri nama Steam Deck. Perangkat ini dibuat seperti konsol terbaru dari Sony dan Microsoft.

Dengan daya komputasi GPU hingga 1,6 TF membuat konsol ini mampu menghadirkan game dengan resolusi 720p. Tujuannya untuk membebaskan kamu bermain game PC dimanapun dan kapanpun kamu mau.

Valve ingin mengubah kebiasaan tradisional orang-orang bermain game PC dimana mereka harus membuat tempat yang layak dan duduk di kamar seharian. Dengan Steam Deck kamu bahkan bisa bermain game berat bahkan saat berada di luar rumah.

Ukuran dari konsol ini sangatlah kompatibel, hanya sebesar penggaris yang biasa kamu gunakan di sekolah. Memiliki panjang 29,8 cm, konsol ini berarti berukuran sedikit lebih panjang dari Nintendo Switch, namun dengan spesifikasi yang jauh di atasnya.

Selain itu, Steam Deck dilengkapi dengan baterai 40 WHr dengan daya 15 Watt dan Panel LCD 7 inci yang memiliki resolusi 1280 x 800 60Ghz. Mungkin terlalu sederhana jika menyebut perangkat ini sebuah konsol. Ini benar-benar seperti PC portable.

Kamu juga bisa mencolokan perangkat ini ke monitor atau TV, menginstal aplikasi serta software, menonton video streaming dan masih banyak lagi. Wah makin menambah penasaran bukan?

Menariknya OS dari perangkat ini menggunakan Linux Valve namun kamu masih bisa menggunakan game Windows.

Jadi kamu tidak perlu takut untuk membeli konsol ini. Karena kamu bahkan bisa mengganti SteamOS yang ada dengan Windows.

Spesifikasi Lengkap Steam Deck

spesifikasi steam deck

Valve langsung mengungkapkan sendiri spesifikasi dari konsol ini. Mereka tidak ambil pusing dan bergerak cepat untuk memberitahu para gamers yang ada di seluruh dunia apa yang ada di bawah layar 7 inci ini. Hal yang terpenting untuk kamu ketahui bahwa konsol ini menggunakan AMD APU.

Berikut ini penjelasan lengkap spesifikasinya;

CPUZen 2 4c/8t, 2.4-3.5 GHz (Hingga 448 Gflops FP32)
GPU8 RDNA 2 CU, 1.0-1.6 GHz (Hingga 1.6 Tflops FP32)
RAM16 GB LPDDR5 Ram Terpasang (5500 MT/s quad 32-bit Channel)
Penyimpanan64 GB eMMC base, 256 GB dan 512 GB NVMe PCle Gen 3 SSD
UkuranPanjang 11.7” x Tinggi 4,6” x Tebal 1,9”
Berat1,47 pon
Layar7” 1290×800 (16:10) LCD 60 Hz
AudioJack stereo 3.5 mm
Baterai40WHr perkiraan 2 – 8 jam lama bermain
Video4K 120 Hz/ 8K 60 Hz (Masih perlu dilihat performa game)
PortEkspansi kartu microSD, USB 2.0 dan 3.1 HDMI, Display Port
KonektivitasWifi 2.4 GHz/ 5Ghz, Bluetooth 5.0
GyroWifi 2.4 GHz/ 5 GHz, Bluetooth 5.0
Spesifikasi Steam Deck

Harga dan Keuntungan Yang Ditawarkan

Ada tiga model utama Steam Deck yang ditawarkan oleh Valve. Mereka menjual konsol ini mulai dari $399 sampai $649. Versi termurahnya dilengkapi dengan penyimpanan eMMC 64 GB, sedang dua versi teratas menggunakan penyimpanan SSD. Secara performa ketiga model menawarkan kinerja yang sama.

Gabe Newell, selaku bos Valve, menjelaskan bahwa perbedaan harga dikarenakan spesifikasi yang ditawarkan. Untuk konsol seharga $529, atau varian menengah, dilengkapi dengan SSD 256 GB. Selain itu, model ini juga termasuk tas jinjing eksklusif serta bundle untuk profil di akun steam yang kamu miliki.

Sementara versi Steam Deck paling mahal dengan harga $629 dilengkapi penyimpanan SSD sebesar 526 GB dan keuntungan lain yang bisa didapatkan, seperti kaca anti silau premium dan tema virtual keyboard eksklusif.

Jika kamu tertarik untuk membeli konsol ini, pastikan kamu sudah memikirkan matang-matang versi mana yang ingin kamu beli.

Berikut ini perbandingan detail versi Steam Deck yang ditawarkan oleh Valve:

Versi $399 Versi $529 Versi $629
eMMC 64 GBSSD 256 GBSSD 526 GB
Tas JinjingTas JinjingTas Jinjing Eksklusif
 Bundle Eksklusif di Profile akun SteamBundle Eksklusif di Profile akun Steam
  Penyimpanan lebih cepat
  Kaca anti silau premium
  Tema Eksklusif Virtual Keyboard
Perbandingan versi konsol Steam Deck

Cara Membeli Steam Deck

harga steam deck valve

Berita buruknya ada disini. Sebelumnya Valve telah mengumumkan bahwa konsol ini akan di jual pada bulan Desember 2021. Namun karena permasalahan ketersediaan, mereka baru bisa merilis konsol ini pada musim panas tahun depan, tepatnya di Q2 tahun 2022.

Pada tanggal 16 Juli 2021 Valve sudah membuka masa pre-order dan seperti yang diperkirakan sudah banyak orang yang melelang konsol ini dengan harga dua kali lipat. Apakah kamu mengikuti event pre-order yang dilakukan Valve untuk konsol ini?

Jika kamu tidak ikut atau tidak beruntung mendapatkannya, Valve sudah membuat mekanisme pemesanan. Hal ini menjadi langkah bagus bagi Valve untuk bisa mengurangi calo.

Untuk memesan konsol Steam Deck, caranya sangat mudah. Kamu bisa langsung mengunjungi Steam Store dan memilih versi Steam Deck mana yang kamu inginkan. Mekanisme ini memungkinkan satu orang hanya bisa membeli satu konsol saja. Ya walaupun tidak menutup kemungkinan akan ada orang yang membuat banyak akun agar bisa membeli banyak versi.

Buruan untuk melakukan reservasi sebelum ada orang-orang jahil yang membuat konsol ini jadi langka.

Bisa Bermain Layaknya PC dan Nintendo Switch

Bukan hanya spesifikasi yang membuat konsol ini sangat layak untuk dibeli. Valve juga menyediakan dock khusus yang memungkinkan kamu untuk bermain layaknya PC. Bahkan kamu bisa menghubungkan ke monitor dan TV jika ingin mendapatkan layar yang lebih lebar saat bermain bersama teman.

Dock khusus ini dijual terpisah, namun sampai saat ini Valve belum memberikan informasi resmi berapa harganya. Menarik bukan? Mungkin bagi kamu yang ingin membuat PC gaming low budget bisa sedikit berpikir dua kali dan membeli konsol ini.

Seluruh Game Steam Bisa Dijalankan di Steam Deck

konsol valve steam deck

Untuk masuk ke konsol ini kamu terlebih dahulu login ke akun steam yang kamu miliki. Menariknya semua game yang ada di library akun steam akan terhubung dengan konsol ini. Valve telah mengkonfirmasi secara resmi bahwa konsol ini bisa memainkan seluruh game yang ada di Steam tanpa terkendala.

Bahkan salah satu game MOBA favorit mereka, DOTA 2, bisa dijalankan dengan baik di konsol ini. Kamu bisa memainkan game favoritmu dengan joystick yang ada di sisi kiri dan kanan. Menariknya lagi, konsol ini dilengkapi dengan touchpad sebagai mouse.

Kesimpulan

Jika kamu gamer sejati, membeli Steam Deck jelas sangatlah worth it. Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan tentu harganya bisa dibilang terjangkau. Secara performa yang dijanjikan juga sangat baik. Apalagi jika kamu saat ini memiliki pekerjaan dengan mobilitas tinggi.

Kamu juga tidak perlu takut dengan masalah penyimpanan. Selain kapasitas penyimpanan yang sudah cukup besar di versi $529 dan $629, konsol ini juga dilengkapi dengan ekspansi microSD. Jadi kamu bisa membeli penyimpanan tambahan jika memang diperlukan.

Membawa konsol ini di saku dan memainkannya di sela waktu luang sebelum bertemu dengan klien akan membuat harimu jadi lebih menyenangkan.

Catatan yang perlu diingat bahwa konsol ini menggunakan SteamOS Linux. Namun Valve mengatakan bahwa kamu bisa menginstal Windows jika kamu tidak mau menggunakan sistem OS yang tersedia. 

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER