Game Stray Berikan Pesan Bermakna Lewat Karakter Seekor Kucing

Saat ini PPKM darurat masih dijalankan. Sebagian besar dari kamu mungkin bekerja ataupun sekolah dari rumah, sehingga kamu banyak menghabiskan waktu dengan mencari hiburan yang aman di dalam rumah. Jika kamu bingung, mungkin game Stray ini bisa jadi salah satu rekomendasi yang tepat.

Arena Digital mencoba menonton trailer dan walktrough yang dirilis BlueTwelve Studio. Menurut kami, Stray sepertinya bukan hanya menyajikan hiburan namun juga memberikan pesan bermakna di dalamnya.

Game ini benar-benar menyampaikan makna di setiap aksi yang tercipta. Pesan psikologis yang dalam akan kamu rasakan dan Arena Digital memprediksi bahwa ending dari game ini akan benar-benar menyentuh dan bisa kamu jadikan pelajaran hidup.

Sebelum kita membahas pesan apa saja yang mereka coba sampaikan, ada baiknya kamu mengetahui lebih dahulu mengenai game Stray.

Tentang Game Stray

tentang game stray

Di Stray, kamu akan memainkan karakter sebagai kucing. Tentu saja hal ini mungkin pertama kalinya developer game membuat kucing sebagai protagonist utama. Yang membuatnya menarik adalah kamu akan menjelajahi kota cyberpunk dengan banyak manusia humanoid dan memecahkan berbagai misteri.

Menariknya lagi, BlueTwelve Studio tidak menghilangkan sifat alami kucing. Dalam game ini kamu bisa meminta pelukan, belaian bahkan makanan ke humanoid yang ada di kota. Tentu saja mereka menambahkan elemen aksi agar Stray tetap terasa menyenangkan untuk dimainkan.

Tetapi kamu jangan terlalu berharap bahwa aksinya akan hardcore atau penuh darah. Kamu bisa menonton trailer resmi yang mereka keluarkan di bawah ini.

Tanggal Rilis Stray dan Konsolnya

Kamu harus sedikit bersabar jika ingin memainkan Stray karena BlueTwelve Studio mengumumkan secara resmi bahwa mereka baru akan merilis game ini di tahun 2022. Sampai saat ini belum ada info pasti dan tanggal tepat game Stray akan dirilis.

game kucing stray

Namun menurut prediksi kami, jika melihat situasi keuangan BlueTwelve Studio, kemungkinan mereka akan merilis Stray pada Q2 tahun 2022. Sayangnya tidak semua orang langsung bisa merasakan game ini.

Tahun 2022 BlueTwelve Studio baru akan merilis untuk dua konsol saja. Pecinta game yang beruntung bisa merasakannya adalah mereka yang menggunakan konsol Playstation 4 dan Playstation 5.

Penasaran seperti apa gameplay-nya, dan pesan apa saja yang disampaikan BlueTwelve Studio lewat seekor kucing? Yuk kita bahas di bawah ini.

Gambaran Kehidupan Manusia Dewasa

game petualangan kucing

Stray memberikan background story dimana kamu akan terpisah dari kelurga dan mendapati diri kamu berada di lingkungan penuh misteri sendirian. Kamu berjalan terpincang pada sebuah gang gelap di kota yang terlupakan.

Kamu yang saat ini sedang kuliah ataupun baru lulus untuk mencari pekerjaan tentu akan merasakan perasaan ini. Tersadar bahwa dunia menuntutmu untuk bisa mandiri tanpa ada kompromi atau negosiasi. Persis seperti seekor kucing di dalam Stray.

Ketika kamu pindah ke lingkungan yang kamu tidak kenal, kamu mau tidak mau mencoba jalan terus meskipun kamu tidak tahu rintangan apa yang ada di depan. Lingkungan itu begitu asing sehingga kamu sedikit kesulitan untuk bisa beradaptasi.

Namun di dalam kesendirian, kamu perlahan mulai bisa beradaptasi meskipun perlahan. Kamu mulai terbiasa dengan cara kerja dunia sesungguhnya.

Hal ini benar-benar di tampilkan di dalam Stray. Kamu yang awalnya dekil dan pincang mulai sedikit membaik dan kakimu sudah mulai sembuh.

Adaptasi ini membuat kamu semakin mencari tantangan baru di lingkungan asing tersebut.

Mendapatkan Mentor Sekaligus Teman

game kucing stray PS5

Diawal game Stray, rintanganmu cukup berat. Kamu harus melewati tantangan yang cukup sulit dilewati oleh seekor kucing. Kemudian setelah kamu sudah terbiasa, kamu akan menaiki sebuah gedung, melompati tong dan rintangan lain yang lebih sulit.

Kamu mulai mengerti bagaimana caranya bertahan hidup. Sebagai seekor kucing, kamu mencoba mencari makanan dengan memasuki rumah orang-orang, mengambil makanan di dalam kulkas atau mendapatkan sebotol air segar yang ada.

Disaat kamu mulai berpikir menguasai cara kerja dunia, kamu ditabrakkan dengan kenyataan bahwa pengetahuanmu masih minim. Kamu mulai bertemu dengan humanoid dan hal itu benar-benar tampak asing dalam dirimu.

Perjuanganmu mengenal dunia makin berat, karena ternyata dunia tidak semudah yang kamu pikirkan.

Sama seperti kehidupan ini, ketika kamu pertama kali berpisah dari keluarga untuk hidup mandiri. Kamu mulai mendapatkan teman sekaligus mentor di perantauan yang bisa membantumu belajar lebih banyak tentang kehidupan.

Stray mempertemukan kamu dengan teman robot kecil mungil yang bernama B-12. B-12 ini selayaknya teman namun juga mentor yang menjelaskan kepada kamu tentang kehidupan kota ini. Termasuk bagaimana caranya berkomunikasi dengan humanoid, membeli minuman di vending machine dan masih banyak lagi.

Perasaan yang benar-benar tampak nyata adalah kamu dan B-12 tidaklah terlalu cocok secara kepribadian. B-12 akan selalu merepotkan dan mengatur kemana arahmu pergi. Namun memang kamu membutuhkan B-12 karena ia memiliki pengetahuan yang lebih banyak di lingkungan asing itu.

Intriknya terjadi disini. B-12 mencoba memberikanmu jalan teraman, sementara kamu ingin merasakan hal-hal baru meskipun sedikit beresiko. Tapi dibalik perkelahian yang terjadi, kamu dan B-12 tidaklah memiliki dendam. Melainkan perasaan khawatir terhadap teman.

Kamu Diperlihatkan Realita Kehidupan Yang Sesungguhnya

game kucing petualangan

Sejak bertemu dengan B-12, karakter kucing yang kamu mainkan mulai bisa hidup dengan cara kota cyberpunk tersebut. Kamu mendapatkan device yang memungkinkan kamu untuk bisa berkomunikasi dengan robot humanoid.

Kamu juga mengetahui bagaimana menggunakan uang dan membeli makanan. Kamu sudah benar-benar paham cara hidup di lingkungan tersebut. Bisa dikatakan lingkungan itu bukan lagi lingkungan asing untuk kamu.

Setelah itu petualangan kamu dan B-12 ternyata barulah dimulai. Kamu mulai harus memecahkan teka-teki yang ada dan mencari keluarga kamu yang terpisah. Semakin kamu menggali ternyata kamu mulai melihat bahwa kehidupan yang sesungguhnya tidaklah sepenuhnya aman.

Kamu mulai mendapatkan musuh yang mengancam nyawamu. Terkadang kamu harus lari untuk menghindar, terkadang juga kamu harus melawan musuh-musuh tersebut menggunakan caramu sendiri.

Tentu saja pesan ini sangat lekat dengan para anak muda yang baru lulus dan mendapatkan pekerjaan pertama mereka.

Kamu dihadapi bahwa ternyata masih banyak hal yang harus kamu hadapi, dan jauh berbeda dengan kehidupan sekolah atau kampus. Di kehidupan nyata, proses belajarmu haruslah cepat. Kamu tidak bisa mengulang. Ketika salah, nyawamu bisa jadi taruhan.

Manusia Sering Lupa Caranya Menikmati Hidup

Dalam video walkthrough singkat yang diungkapkan, kami sangat menyukai pesan yang disampaikan di 30 detik terakhir video. Kamu bisa melihat walkthroughnya disini.

Setelah banyaknya aksi menegangkan yang kamu alami, diakhir video ditunjukan kamu bertemu dengan gelandangan dipinggir jalan yang membawa gitar. Tentu saja gelandangan ini adalah robot humanoid.

Kamu mencoba mengobrol dan ternyata kamu hanyut dalam percakapan dan ikut bernyanyi bersama gelandangan robot humanoid tersebut.

BlueTwelve Studio seakan-akan memberitahu kepada semua orang terkadang kita melupakan hal penting ini.

Kamu terhanyut dengan tuntutan dunia untuk mencari uang sebanyak-banyaknya. Padahal tujuanmu mendapatkan uang yang banyak agar bisa bersantai dan menikmati hidup.

game stray cara bermain

Itulah yang ingin mereka sampaikan. Tak peduli betapa beratnya kehidupan yang kamu jalani, kamu tidak boleh melupakan bahwa hidup harus dinikmati setiap harinya.

Sedikit bersantai dengan teman dan melupakan pekerjaan yang kamu jalani adalah hal penting agar kehidupanmu lebih seimbang.

Arena Digital sangat terkesan dengan game Stray yang dibuat oleh BlueTwelve Studio. Mereka tidak hanya menampilkan hiburan dengan teknologi terkini, tapi juga membawa kamu ke pengalaman yang menakjubkan lebih dari sekedar bermain game.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
2

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER