Auto Bening! Begini Tips Selfie Jitu Dengan Kamera Depan Untuk Hasil Bermutu

Selfie meupakan salah satu aktivitas paling populer yang dilakukan pengguna smartphone. Beberapa orang bahkan ada yang keranjingan mengoleksi foto diri dalam galeri ponselnya. Sementara sebagian lainnya sekadar nimbrung supaya dapat terabadikan dalam bingkai saat sedang mengikuti acara liburan kantor atau pesta kecil-kecilan.

Kamera depan pada ponsel pintar era kiwari memang makin canggih. Tapi itu tidak menggaransi kamu dalam mendapatkan foto selfie terbaik. Diperlukan siasat untuk mengoptimalkan gambar selfie kamu agar hasilnya makin bening atau sesuai dengan yang diharapkan.

Kami merangkum beberapa tips jitu untuk hasilkan foto selfie paling bermutu. Jangan khawatir, semua tips di bawah ini masih bisa kamu praktikkan meski menggunakan smartphone nonunggulan.

Atur Dulu Setting-an Kamera Kamu

Coba cek pengaturan untuk kamera swafoto di ponsel kamu dan pastikan sudah kamu sesuaikan untuk hasil terbaik. Misalnya dengan mengaktifkan fitur HDR untuk hasil selfie yang lebih detail dan ‘punchy’ serta menyalakan garis grid untuk mempermudah peletakkan objek pada background.

Paling penting, pilih output kualitas tertinggi. Kamu mungkin perlu berkompromi dengan ukuran data foto yang lebih besar dan memakan ruang penyimpanan HP kamu. Tapi kamu akan lebih puas dengan hasil gambar selfie yang kamu ambil karena kualitasnya sudah tentu paling maksimal.

Sesuaikan Pencahayaan

tips foto selfie berkualitas

Kamera swafoto seringnya tidak punya kualitas yang sebaik kamera belakang. Tanpa pencahayaan yang cukup, sebagai elemen vital dalam fotografi, nyaris mustahil kamu akan mendapatkan foto selfie yang bening.

Pastikan untuk selalu menghadapkan wajah ke arah cahaya. Tidak peduli apakah itu cahaya alami atau lampu dalam ruang. Cahaya yang cukup akan mempermudah kamera swafoto dalam memproses gambar. Untuk hasil terbaik, coba lakukan selfie di pagi atau sore hari.

Observasi Pose Orang Lain

Kami mengerti bahwa tidak semua orang lugas saat berpose di depan kamera. Ada yang kaku, ada pula yang malu. Oleh karena itu, yidak ada salahnya untuk melakukan observasi singkat dan memperhatikan bagaimana orang lain berpose saat selfie.

Proses ini paling hanya memakan waktu beberapa menit, kok. Tapi hasilnya akan sangat setimpal, terutama jika kamu ingin tampil dengan gaya terbaik saat diabadikan dalam foto selfie kelompok di kantor atau bersama teman kuliah kamu.

Pilih Mode Ultra-Wide Untuk Selfie Kelompok

selfie rame rame

Beberapa produk dari jenama seperti Samsung dan Pixel sudah menawarkan dua mode pengambilan gambar untuk selfie, wide dan ultra-wide. Tinggal masuk ke aplikasi kamera, ganti ke mode selfie, lalu pilih mode ultra-wide dengan field-of-view yang lebih luas.

Ini adalah mode terbaik yang harus kamu aktifkan saat hendak mengambil selfie secara berkelompok. Mode ultra-wide ini memastikan semua orang dapat masuk ke dalam bingkai. Mode ini juga sering kali menghasilkan gambar yang lebih baik saat dilakukan seorang diri.

Pakai Alat Bantu Selfie

Tren penggunaan tongsis memang sudah lama lewat. Namun, tak ada salahnya kamu membeli alat bantu praktis ini yang dapat meningkatkan permainan selfie kamu. Tongsis masih sangat relevan apabila kamu suka mengambil foto selfie rame-rame.

Kami sarankan kamu memilih tongsis yang dapat merangkap sebagai monopod atau tripod. Ini akan sangat membantu jika kamu ingin mengabadikan diri bersama lanskap indah di belakang kamu. Asal kamu tahu, tidak selamanya kamu akan menemukan ‘mas-mas baik hati’ yang bisa dengan enteng dimintai untuk menjepret diri kamu.

Manfaatkan Aplikasi Editing Foto

aplikasi edit foto selfie

Ponsel keluaran terbaru sudah menyertakan filter bawaan dan bahkan opsi editing untuk kamera selfie yang bisa langsung diaplikasikan. Kualitas filternya cukup bagus, tapi tidak sedikit pengguna yang mengharapkan kualitas yang jauh lebih baik.

Untuk itu, pastikan kamu memanfaatkan aplikasi editing foto pihak ketiga. VSCO, Adobe Lightroom, atau InShot adalah contoh aplikasi editing foto gratis yang penggunaanya mudah dikuasai, alias user friendly. Selengkapnya, kamu bisa melihat daftar aplikasi edit foto terbaik di Android sebagai rekomendasi editor foto yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Dengan menerapkan filter sederhana dan sedikit ubahan saja, hasilnya dijamin bakal mengoptimalkan hasil selfie kamu.


Semua orang tentu menginginkan gambar selfie terbaik, tapi tak semua tahu bagaimana caranya. Tips di atas merupakan cara sederhana yang kerap luput dipraktikkan oleh orang-orang yang melakukan selfie. Cobalah mempraktikkan tips kami di atas dan kamu pasti bakal terkejut dengan hasil selfie kamu yang jadi lebih bening dari sebelumnya.

Faisal Bosnia

Faisal Bosnia

Penulis partikelir yang menaruh minat pada dunia gawai dan segala keajaiban yang terjadi di dalamnya serta gamer purnawaktu dengan survival horror sebagai cinta pertamanya.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech di Indonesia. Hubungi kami melalui hai [at] arenadigital.id

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0