Tips Membersihkan Smartphone Yang Tepat

Saat ini, HP atau smartphone adalah benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hal itu karena kegunaannya yang bisa menunjang banyak aktivitas. Namun tanpa sadar, menaruh HP di sembarang tempat selain berpotensi hilang, juga mengundang bakteri atau kuman, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Melihat dari berbagai kebiasaan orang, smartphone tentu saja sangat kotor. Menurut studi dari University of Arizona, bakteri dan kuman yang melekat di HP atau smartphone bahkan 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan yang ada di tempat duduk toilet.

Karena itu, kamu harus rutin membersihkan smartphone setidaknya dua hari sekali jika banyak aktivitas di luar ruangan.

Cara Membersihkan HP atau Smartphone

Berikut ini kami akan memberikan kamu tips jitu untuk membersihkan HP kamu dari kotoran dan kuman, serta menjadikan tampilan HP kamu menjadi lebih bersinar.

Untuk mengikuti tips membersihkan smartphone ini, kamu perlu mempersiapkan:

  • Kain lap tanpa serat yang tentunya bersih, namun pastikan tidak seperti tisu karena seratnya akan menggores layar smartphone
  • Cotton bud
  • Air minum bersih, tidak disarankan untuk air keran biasa karena mengandung bakteri dan residu bahan kimia
  • Alkohol 70%
  • Screen protector baru

Untuk membersihkan HP atau smartphone yang tepat, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Matikan smartphone dan lepaskan semua aksesorisnya

Sebelum mulai membersihkan, pastikan smartphone dalam keadaan mati dan lepas semua aksesorisnya.

Jangan lupa untuk lepaskan screen protector yang menempel pada layar smartphone. Tapi harus lebih hati-hati untuk yang satu ini.

Jika layar smartphone kamu dalam keadaan retak, jangan mengangkat lapisan screen protector karena itu akan membuat keretakan layar semakin luas. Jadi jika layar smartphone sudah retak, jangan mengutak-atik screen protectornya.

2. Bersihkan tombol-tombol pada smartphone

Setelah langkah pertama, kamu bisa membersihkan bagian tombol-tombol pada smartphone seperti tombol power dan tombol volume.

Untuk itu, gunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan alkohol 70%. Tapi jangan menggosoknya terlalu keras dan pastikan sisa alkohol tidak masuk ke sela-sela smartphone.

3. Bersihkan bodi smartphone

Setelah langkah yang kedua, kamu bisa membersihkan bodi plastik pada smartphone dengan menggunakan alkohol.

Tapi perlu diingat bahwa menggosok terlalu keras bisa membuat warna pada bodi smartphone terkikis.

Sedangkan jika bodi smartphone dari material besi, cara membersihkan smartphone yang tepat adalah membersihkan bodinya dengan cotton bud basah yang dicelupkan air bersih.

4. Pastikan bagian dalam smartphone dibersihkan

Untuk langkah keempat dari tips membersihkan smartphone yang tepat adalah mengelap bagian dalam smartphone seperti tempat baterai dengan cotton bud bersih dan kering.

Jika kotoran sulit diangkat, bisa gunakan sedikit air dan langsung keringkan bagian tersebut agar bakteri dan jamur tidak tumbuh.

5. Bersihkan kamera belakang dan flash pada smartphone

Cara membersihkan smartphone yang berikutnya yaitu kamu perlu menggunakan cotton bud basah yang dicelupkan air bersih untuk menggosok secara memutar pada bagian kamera belakang dan flash.

Setelahnya, pastikan bagian tersebut kering dengan cara di lap agar tidak membekas di lensa kamera.

6. Bersihkan layar smartphone

Terakhir untuk tips membersihkan smartphone yang tepat adalah membersihkan layar smartphone dengan menggunakan kain lap tanpa serat yang agak basah,

Usap lap tersebut di seluruh bagian layar dengan gerakan satu arah dari atas ke bawah. Kenapa harus satu arah? Itu untuk mencegah kuman atau bakteri menyebar ke sisi lain smartphone.

Pastikan juga untuk tidak mengusap layar smartphone dengan gerakan memutar karena hal itu bisa menyebabkan goresan.

Setelahnya, diamkan beberapa menit dan smartphone bisa dinyalakan kebali.


Yang perlu diperhatikan ketika membersihkan smartphone

Dengan enam langkah di atas, disebutkan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Namun perlu diingat juga bahwa cara membersihkan smartphone yang tepat adalah tidak menggunakan cairan pembersih jendela, pemutih, semprotan aerosol, ammonia, pelarut atau produk abrasive karena bisa mengikis lapisan pelindung pada smartphone.

Lalu kenapa boleh menggunakan alkohol 70%?

Dihimpun dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penggunaan alkohol 70% diperbolehkan untuk layar smartphone jika tidak ada instruksi khusus dari produsen smartphone.

Bagaimana cara meminimalisir risiko terpapar kuman atau bakteri pada smarthpone?

Ada beberapa tips untuk meminimalisir risiko smartphone terpapar kuman atau bakteri, yaitu ketika di luar ruangan, simpan smarthpone di kantung atau tas.

Kemudian saat berbelanja, sebaiknya kamu mencatat daftar belanjaan di kertas dan bukan di smartphone.

Untuk melakukan pembayaran saat belanja, sebisa mungkin hindari melakukan pembayaran melalui smartphone yang berarti bisa dengan uang tunai atau kartu debit/kredit.

Setelah dari tempat umum, kamu bisa kembali memegang smartphone setelah mencuci tangan. Sedangkan ketika dalam keadaan terdesak untuk menerima panggilan, kamu bisa mengunakan perangkat handsfree seperti earphone atau airbud.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER