Tips Memilih dan Membeli Laptop Gaming (5 Faktor Penting)

Sebelum memilih atau membeli laptop gaming, berikut adalah 5 hal penting yang harus kamu pertimbangkan untuk mendapatkan laptop gaming berkualitas.

Laptop gaming adalah apa yang kamu butuhkan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman bermain game kamu ke tingkat selanjutnya. Sekilas, laptop gaming tampak sama dengan laptop biasa, namun laptop gaming di-build khusus untuk kinerja yang powerful, kemampuan grafis tinggi, dan memiliki beragam fitur gaming yang dapat menunjang bermain game di laptop.

Namun, memilih laptop gaming yang akan kamu beli bukanlah perkara yang mudah. Kamu harus mengambil keputusan apakah laptop gaming yang kamu beli bisa kamu gunakan selama beberapa tahun ke depan sebelum ia usang atau tidak lagi mendukung berbagai game favorit kamu.

Bagi kamu yang ingin membeli laptop gaming, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih sebuah laptop gaming yang paling tepat. Kamu bisa terjebak dengan berbagai macam spesifikasi teknis seperti prosesor, GPU, display, dan fitur-fitur gaming lainnya, khususnya jika kamu tidak tahu apa yang harus kamu cari.

Untuk itu, Arenadigital.id akan mengupas berbagai hal dan faktor penting dan spesifikasi yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming terbaik sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Tips Singkat Memilih Laptop Gaming

  • Cari laptop dengan GPU yang tinggi. Hampir semua game sangat bergantung pada kekuatan kartu grafis atau GPU yang kamu gunakan. GPU kelas atas akan menjamin kamu bisa bermain game favorit kamu selama bertahun-tahun ke depan.
  • Resolusi layar dan refresh rate. Resolusi FHD 1920 x 1080 pixel dengan refresh rate 144Hz tentu sudah cukup untuk kamu, kecuali kamu butuh sesuatu dengan display lebih tinggi. Sudah ada laptop gaming dengan laju penyegaran mencapai 360Hz, atau dengan resolusi 4K dengan refresh rate yang lebih lambat.
  • RAM dan storage bisa diupgrade. Walaupun penting dan harus kamu pertimbangkan di awal, kamu juga harus tahu bahwa kebanyakan laptop gaming memungkinkan pengguna untuk mengupgrade komponen RAM dan hard-drive nya, baik itu SSD ataupun HDD.
  • Kesampingkan baterai. Sebaik apapun vendor laptop mempromosikan baterai laptopnya, kemungkinan besar baterai tersebut tidak akan bertahan lama. Lagi pula, kamu akan lebih nge-charge sambil bermain game untuk mendapatkan performa terbaik.

5 Spesifikasi Penting untuk Laptop Gaming

memilih laptop gaming

Kamu tentu berharap membeli laptop gaming yang bisa bertahan cukup lama, setidaknya untuk 3 hingga 5 tahun ke depan. Namun, memilih laptop gaming bukanlah perkara yang mudah, karena banyak hal yang harus kamu pertimbangkan.

5 faktor penting dan spesifikasi yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli sebuah laptop gaming adalah:

  1. Harga
  2. Kartu grafis (GPU)
  3. Prosesor (CPU)
  4. Layar dan fitur pendukungnya
  5. RAM dan storage

Simak tips memilih laptop gaming dan penjelasannya di bawah ini.

1

Harga

Gaming laptop biasanya lebih mahal dibandingkan laptop biasa, bahkan lebih mahal dibandingkan PC gaming (desktop). Umumnya, laptop gaming murah keluaran terbaru bisa kamu dapatkan di harga belasan juta rupiah, pada kisaran harga 12-17 juta rupiah. Walaupun kamu juga bisa menemukan laptop gaming spek rendah di harga 8-10 jutaan. Tergantung pada game yang ingin kamu mainkan, laptop gaming murah bisa saja sudah cukup memenuhi kebutuhanmu.

tips memilih laptop gaming Tips Memilih dan Membeli Laptop Gaming (5 Faktor Penting)
ROG Zephyrus Duo 16 2022 dengan AMD Ryzen 6000 series terbaru

Biasanya, laptop gaming di harga 15 jutaan hingga 20an juta sudah sangat bagus untuk bermain game modern saat ini. Laptop di kelas harga ini juga sangat populer di Indonesia. Laptop gaming mainstream di harga 15 jutaan ke atas mungkin yang paling ideal untuk kebanyakan orang.

Namun untuk mendapatkan laptop gaming kualitas terbaik sekelas gamer e-sport profesional, kamu harus merogoh kocek antara 30-50an juta rupiah, atau bahkan dengan harga lebih tinggi lagi.

Semakin tinggi harganya, tentu semakin tinggi pula spesifikasi hardware dan komponen di dalam laptop gaming tersebut, dengan berbagai teknologi dan fitur gaming terbaru saat ini.

Penting buatmu untuk menentukan budget yang siap kamu keluarkan, agar pencarianmu tidak meluas ke level harga lain di luar range budget yang kamu miliki.

2

Kartu Grafis (GPU)

Sama seperti komputer PC gaming (desktop), komponen terpenting adalah GPU atau kartu grafis. Ini jadi lebih penting pada laptop gaming karena kamu tidak bisa mengganti atau meng-upgradenya.

Kualitas dan performa game yang kamu mainkan sangat bergantung pada GPU yang kamu gunakan, termasuk dukungan untuk memainkan game dengan resolusi tertinggi dengan tampilan mengagumkan. GPU biasanya menjadi komponen termahal pada sebuah laptop gaming. Dua merek GPU, dan terbaik saat ini, adalah GPU dari NVIDIA dan AMD.

tips memilih / membeli laptop gaming

Kartu grafis terbaru dan tercanggih dari NVIDIA saat ini adalah seri GeForce RTX 30-an, dan kamu akan banyak menemukan GeForce RTX 3050 hingga RTX 3080 Ti dalam laptop gaming keluaran terbaru saat ini. Dari brand AMD, ada seri Radeon RX 6000M yang terentang dari Radeon RX 6300M series hingga yang tertinggi, Radeon RX 6850 XT.

Seri GeForce RTX dari NVIDIA adalah seri premium saat ini. Jika kamu mencari seri yang lebih murah, ada GeForce GTX 3050. Jika budget mencukupi, kamu bisa memilih laptop gaming dengan GPU GeForce GTX 3060 yang sudah memungkinkan untuk bermain game dengan settingan grafik tinggi.

Sementara itu, dari GPU AMD Radeon, di kelas entry-level ada RX 5500M yang sudah mampu memainkan mayoritas game modern saat ini. Kamu juga bisa mencari yang sedikit lebih baik di seri 6000M agar bisa bertahan hingga bertahun-tahun mendatang.

Umumnya, semakin tinggi nama atau nomor model pada GPU menandakan performa yang lebih baik. Idealnya kamu ingin membeli GPU keluaran terbaru yang memiliki teknologi gaming modern.

Harap dicatat, GPU apapun yang kamu pilih, pastikan untuk mengecek besarnya memori yang dimiliki GPU tersebut. Kartu grafis atau GPU juga memiliki RAM, biasanya disebut vRAM (video random access memory), yang akan membantu kinerja GPU. Semakin tinggi RAM yang dimiliki GPU, semakin tinggi pula performanya. Setidaknya, pilihlan GPU dengan RAM 4GB atau 8GB.

Yang harus kamu lihat pada GPU laptop gaming: Nomor model GPU (untuk mengetahui GPU generasi terbaru) dan GPU RAM (vRAM).

tips:
Pastikan untuk mencari laptop gaming dengan GPU tertinggi yang bisa kamu dapatkan dengan budget yang kamu miliki. Investasi pada GPU adalah hal paling utama dalam membeli laptop gaming.
3

Prosesor (CPU)

Intel dan AMD adalah dua pilihan utama saat ini untuk prosesor laptop gaming. Keduanya menawarkan prosesor atau CPU dengan kualitas terbaik untuk gaming. Budget yang kamu miliki adalah batasnya.

Generasi terbaru CPU dari Intel saat ini adalah Gen 12 (nomor modelnya diawali angka 12). Sangat disarankan untuk memilih prosesor Intel generasi terbaru. Di kelas entry level dengan harga murah, pilihan CPU minimum yang kamu butuhkan adalah Intel Core-i5.

Tergantung budget yang kamu punya, pilihan paling aman adalah Core-i7, yang memiliki performa sangat powerful dan harganya masih di bawah Intel Core-i9.

prosesor laptop gaming, intel core dan amd ryzen

Kamu juga bisa memilih laptop gaming dengan prosesor dari AMD, yang biasanya menawarkan harga lebih murah dengan performa yang setara. AMD diklaim memiliki price-to-performance lebih baik untuk gaming dibandingkan Intel.

Generasi terbaru dari prosesor AMD saat ini adalah Ryzen 6000 series. Kamu juga bisa memilih keluaran dari 1 generasi ke belakang (Ryzen 5000 series) jika budget belum memungkinkan.

Untuk performa gaming maksimal, setidaknya gunakan prosesor AMD Ryzen 5. Sementara AMD Ryzen 9 adalah prosesor premium kelas atas, kamu juga bisa memilih varian menengah di Ryzen 7.

Tips: Kualitas game lebih bergantung pada GPU dibandingkan CPU. Jadi, jika kamu telah milih GPU yang tinggi, kamu cukup aman memilih Intel Core-i5 ataupun Ryzen 5. Namun pilihan paling ideal untuk prosesor gaming adalah Core-i7 dari Intel atau Ryzen 7 dari AMD.

Yang harus kamu lihat pada prosesor/CPU laptop gaming: Seri prosesor generasi terbaru dan CPU clock speed (kecepatan CPU).

4

Layar dan Fitur Pendukungnya

Berbeda dengan monitor PC gaming yang bisa kamu ganti kapan saja, layar laptop merupakan komponen yang tidak bisa kamu ganti/upgrade, sehingga kamu harus memperhatikan kualitas display laptop gaming yang akan kamu beli.

Jika kamu tidak menyambungkan laptop dengan monitor eksternal, maka seluruh aktivitas gaming kamu bergantung pada layar laptop.

faktor penting sebelum membeli laptop gaming

Beberapa faktor penting terkait layar laptop gaming adalah sebagai berikut:

  • Resolusi: Apapun pilihanmu, minimal harus menggunakan layar 1920 x 1080 (FHD). Dengan resolusi FHD, kamu bisa menggunakan performa maksimal yang ditawarkan oleh GPU dan layar. Saat ini sudah banyak laptop gaming menawarkan resolusi 4K (3840 x 2160), namun biasanya tidak akan memberikan refresh rate dan kecepatan respon yang bagus saat bermain game. Pilihan layar QHD (1440 pixel) juga pilihan yang sangat baik dan sudah jadi tren populer saat ini.
  • Refresh rate: Dalam layar laptop gaming, refresh rate adalah yang terpenting. Refresh rate adalah tingkat laju penyegaran layar dalam menampilkan gambar. Refresh rate yang rendah, misalnya 60Hz, akan membuat tampilan gambar blur atau bahkan nge-lag ketika bermain game, khususnya pada adegan yang cepat. Layar laptop gaming yang ideal adalah 120Hz atau lebih, agar tampilan menjadi lebih mulus ketika bermain.
  • Ukuran layar: Ukuran layar adalah pilihan personal masing-masing. Kebanyakan laptop gaming memiliki layar berukuran 15″ hingga 17″, dan ukuran ini adalah yang paling ideal saat ini. Beberapa bahkan menawarkan layar yang lebih besar mencapai 18 inci. Harap diperhatikan, layar yang besar berarti ukuran laptop juga lebih besar dan lebih berat.
  • G-Sync dan FreeSync: Ini adalah teknologi adaptive sync yang mensinkronisasikan tampilan layar dengan GPU, berfungsi untuk mencegah lag dan masalah ghosting (berbayang). Ada NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync. Laptop gaming modern saat ini biasanya sudah mendukung salah satunya, atau bahkan keduanya.
5

RAM dan Storage

RAM dan storage adalah komponen penting selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih laptop gaming. Kebanyakan laptop gaming terbaru saat ini menyediakan opsi bagi pengguna yang ingin upgrade RAM dan storage di kemudian hari.

RAM

Komputer membutuhkan RAM untuk membantu kinerja CPU. Semakin besar RAM, semakin baik pula performanya, khususnya dalam multi-tasking dan menjalankan program ataupun game.

Gaming biasanya membutuhkan asupan RAM yang cukup besar. Kapasitas RAM 8GB adalah angka minimal yang kamu butuhkan untuk laptop gaming. Laptop gaming murah sekalipun sudah banyak yang menawarkan RAM 8GB. Untuk gaming kelas atas atau level kompetisi, laptop gaming dengan RAM 16GB atau bahkan 32GB akan menjamin kualitas performa terbaik dalam gaming.

Untungnya, hampir semua laptop gaming saat ini memungkinkan penggunanya untuk mengganti dan mengupgrade RAM-nya.

Jika keuanganmu memungkinkan, sebaiknya pilih laptop gaming dengan RAM 16GB sejak awal, atau rencanakan untuk mengupgradenya di waktu yang akan datang.

Storage / penyimpanan

Laptop gaming keluaran terbaru biasanya sudah dibekali dengan penyimpanan SSD. Namun beberapa laptop gaming murah masih menggunakan HDD sebagai penyimpanan utamanya.

slot ssd/hdd tambahan pada laptop gaming

Karena sangat mempengaruhi kecepatan, sebisa mungkin kamu sebaiknya menggunakan SSD untuk laptop gaming. Kamu juga bisa memilih laptop gaming murah dengan penyimpanan HDD yang besar lalu menambahkan SSD 128GB ke dalamnya untuk dijadikan drive system dan booting, agar kinerja laptop menjadi jauh lebih cepat cepat. Sementara HDD bisa kamu gunakan untuk penyimpanan non-system, untuk menyimpanan berbagai file atau data yang besar.

Tidak jarang juga kamu akan menemukan laptop gaming yang menawarkan 128GB SSD atau 256GB SSD yang dipasangkan dengan 1TB HDD. Ini adalah settingan storage yang cukup ideal dan populer, dengan menggunakan SSD dan HDD secara tandem.

Pastikan juga untuk memilih laptop gaming yang menyediakan slot HDD/SSD tambahan agar kamu bisa menambah / upgrade storage di kemudian hari.


Hal lain yang bisa kamu pertimbangkan

Faktor-faktor penting di atas sudah bisa memenuhi kriteria laptop gaming yang berkualitas dengan performa terbaik. Namun, beberapa hal berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan berikutnya saat kamu memilih atau membeli laptop gaming.

Keyboard

spesifikasi wajib laptop gaming yang bagus

Desain dan kualitas keyboard sering terlewatkan ketika memilih laptop gaming. Padahal, keyboard adalah ‘senjata’ utamamu dalam bermain game di komputer ataupun laptop. Terlebih lagi pada laptop gaming, dimana keyboardnya tidak bisa kamu ganti.

Dalam laptop gaming, LED backlighting dan RGB bukanlah pertimbangan utama yang mesti kamu perhatikan.

Laptop gaming yang bagus umumnya mengusung jenis keybord mekanikal. Tombol keyboard mekanik biasanya mengeluarkan bunyi ketika ditekan, namun sangat cocok untuk bermain game karena lebih akurat dan juga, mengeluarkan ‘suara’ yang memuaskan ketika bermain game.

Keyboard gaming biasanya memiliki tombol yang agak timbul. Berbeda dengan laptop biasa atau laptop bisnis yang keyboardnya flat dan tidak bersuara.

Desain keyboard yang ergonomis dan nyaman juga penting untuk bermain game jangka panjang. Hal ini tentu sulit ditentukan tanpa mencobanya langsung. Namun kamu bisa melihat berbagai review dari pengguna lain atau mengandalkan pengalamanmu sebelumnya menggunakan keyboard dari merek laptop gaming tertentu.

Desain dan kelengkapan build

spesifikasi penting laptop gaming

Laptop gaming hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Laptop gaming murah biasanya mencari keseimbangan antara performa portabilitas. Ada pula laptop gaming yang bulky dan memiliki bobot yang berat.

Jika kamu lebih sering menggunakan laptop gaming di rumah, kamu bisa memilih laptop gaming yang gemuk atau besar, yang biasanya memiliki fitur gaming ekstra seperti sistem pendingin yang bagus dan port yang lebih banyak. Tetapi, jika kamu lebih sering membawa laptop tersebut ke sekolah atau kantor, maka carilah laptop gaming yang lebih ramping dan ringan agar lebih mudah dibawa.

Desain laptop gaming lebih sering kembali pada pilihan personal masing-masing. Namun, kamu bisa bisa melihat beberapa faktor berikut ini pada desain laptop gaming yang akan kamu beli.

  • Kualitas build. Bodi dan rangka aluminium biasa lebih awet dan elegan dibandingkan bodi plastik/polikarbonat. Namun harganya juga cenderung lebih mahal.
  • Bezel. Bezel adalah border yang mengelilingi layar laptop. Carilah laptop gaming dengan bezel yang tipis, dengan begitu ukuran laptop keseluruhan menjadi lebih kecil tanpa mengorbankan ukuran layar laptop.
  • Koneksi wireless. Umumnya laptop sudah memiliki dukungan wireless pada band 2.4GHz dan 5GHz. Ini tentu sudah memadai untuk kebanyakan orang. Laptop gaming kelas menengah ke atas bahkan sudah mendukung WiFi 6. Koneksi Bluetooth juga sangat membantu untuk menghubungkan aksesoris tambahan seperti headset, mouse gaming wireless, ataupun controller gaming lainnya.
  • Ports dan konektivitas. Kamu tidak memikirkannya hingga kamu membutuhkannya. Laptop gaming yang bagus memiliki port yang lengkap dengan teknologi terbaru seperti USB C 3.2, koneksi Thunderbolt 4, HDMI, port Ehternet LAN, SD card reader, audio jack 3.5mm, dan lain sebagainya.
fitur desain dan port laptop gaming
Kelengkapan port dan konektivitas pada laptop gaming

Bagaimana dengan baterai?

Sayangnya, kamu tidak bisa berharap banyak pada baterai laptop gaming. Jika kamu menggunakan laptop untuk bermain game, kamu harus mencoloknya ke sumber listrik untuk mendapatkan performa GPU terbaik.

Tanpa sumber listrik, kamu beruntung jika bisa bermain game selama 2-3 jam dengan performa tinggi. Lain halnya jika kamu menggunakan laptop gaming untuk keperluan lain, misalnya browsing atau mengerjakan tugas sekolah/kantor, maka laptop gaming bisa bertahan lama menggunakan baterai.

Kamu tetap bisa bertahan cukup lama bermain game tanpa nge-cas, tapi kamu harus mengorbankan performa layar (tampilan jadi lebih gelap) dan performa GPU (performa menurun) laptopmu.

So, saat ini kamu tidak perlu ambil pusing dengan baterai laptop gaming yang ingin kamu beli. Setidaknya hingga muncul inovasi teknologi terbaru di sektor baterai dan sumber energi listrik untuk laptop.

Kesimpulan

Saat membeli laptop gaming, pilihlah laptop gaming yang bisa bertahan selama beberapa tahun ke depan. Untuk itu, sebaiknya kamu memilih laptop gaming keluaran terbaru, atau setidaknya keluaran tahun sebelumnya.

Kartu grafis (GPU) adalah faktor paling penting dalam sebuah laptop gaming. Jika budget kamu memungkinkan, belilah laptop gaming dengan GPU keluaran terbaru di kelas menengah dan kelas atas. Hal ini akan menjamin laptop gaming yang kamu miliki akan bertahan cukup lama mengikuti perkembangan computer gaming selama bertahun-tahun ke depan.

Selain GPU, faktor penting lain adalah CPU, kualitas layar laptop, RAM, dan juga storage (SSD/HDD). CPU Intel Core-i ataupun AMD Ryzen bukanlah masalah, yang penting adalah keluaran terbaru, karena kamu tidak ingin melewatkan teknologi gaming terbaru yang dibawa oleh prosesor tersebut, sehingga tetap relevan selama bertahun-tahun.

RAM besar dalam laptop gaming adalah faktor penting, dan RAM 8GB adalah pilihan minimal yang harus kamu ambil. Sementara itu, storage juga harus besar karena game saat ini memiliki kapasitas file yang besar. Kamu bisa mengakalinya dengan memilih SSD kecil untuk sistem dan booting dan menambahkan HDD kapasitas besar (1TB atau 2TB) untuk penyimpanan data.

Untuk sektor layar, tentukan apakah kamu memilih resolusi yang tajam atau refresh rate mulus dan waktu respon yang cepat. Resolusi FHD (1920 x 1080 pixel) dan refresh rate 102Hz adalah pilihan minimal. Laptop gaming modern saat ini sudah banyak yang menawarkan resolusi QHD ataupun WQHD dengan refresh rate yang tinggi.

Jika semua faktor penting di atas sudah terpenuhi, disesuaikan dengan budget yang kamu siapkan, maka kamu pasti akan mendapatkan laptop gaming berkualitas tinggi.

Koleksi Handphone Favorit Diskon s/d 50% | 8-14 Ags arenadigital.id promo
Fadil

Fadil

Founder Arenadigital.id, tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain mengelola beberapa website, ia juga habiskan waktu dengan Netflix dan travelling.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech secara umum. Hubungi kami melalui [email protected]

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0