Tips Memilih Monitor Gaming Terbaik untuk PC

Mau membeli monitor gaming untuk PC kesayangmu? Inilah spesifikasi dan fitur-fitur yang HARUS kamu perhatikan sebelum menentukan pilihanmu.
memilih monitor gaming

Kamu sedang berburu monitor gaming tapi bingung harus mencari monitor yang seperti apa? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian.

Saat ini, kamu bisa menghabiskan waktu berhari-hari melakukan ‘penelitian’ di internet untuk mencari tahu monitor gaming apa yang terbaik untuk PC / komputermu, membaca puluhan rekomendasi, dan berakhir dengan semakin bingung dalam menentukan pilihan.

Kamu akan dihadapkan pada banyak istilah seperti 1080p, 4K, HDR, refresh rate, response time, IPS, ultrawide, curved, adaptive-sync, dan lain sebagainya.

Baca juga: Rekomendasi Monitor Gaming Murah Terbaik Saat Ini.

Arenadigital.id kali ini ingin membantu kamu dalam memilih monitor gaming yang tepat, serta spesfikasi dan fitur-fitur apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum membeli monitor gaming untuk PC kamu. Cekidot…

Fitur apa yang penting dalam monitor gaming?

So, gaming rig kamu telah memiliki prosesor, GPU (kartu grafis), hard-drive, dan memori RAM yang yahud, namun itu semua terasa ‘hambar’ tanpa monitor gaming yang mampu memfasilitasi PC gaming rakitanmu.

Jika kamu ingin membeli monitor gaming, atau ingin meng-upgrade monitormu saat ini dengan monitor yang lebih OKE untuk bermain game, berikut adalah spek dan fitur-fitur yang harus kamu perhatikan sebelum membeli monitor gaming:

  • Ukuran layar (inci)
  • Resolusi layar
  • Refresh rate
  • Response time
  • Panel type
  • Adaptive Sync: FreeSync & G-Sync
  • Harga

Hal-hal di atas sangat menentukan kualitas monitor yang akan kamu gunakan dalam bermain game di komputer.

Istilah-istilah mengenai fitur dan spesifikasi sebuah monitor mungkin terdengar menyeramkan, awalnya. Namun setelah membaca panduan ini hingga tuntas, kamu akan melihat bahwa semuanya ternyata sangat simpel dan make sense.

Selanjutnya, kita akan menyelami masing-masing fitur penting dalam monitor gaming berikut ini.

Ukuran layar monitor

tips membeli monitor gaming

Dalam dunia gaming, lebih besar biasanya lebih baik, namun tidak selalu.

Ukuran layar 24″ hingga 27″ dianggap sebagai ukuran terbaik untuk monitor gaming komputer. Para pemain game profesional juga lebih memilih layar 24″ dibandingkan ukuran lainnya untuk bermain game.

Ketika menggunakan PC, biasanya kamu akan duduk sekitar 40cm-100cm dari layar monitor, sehingga ukuran layar ini membuatmu bisa melihat secara keseluruhan secara bersamaan tanpa harus menggerakkan kepala.

Walaupun layar monitor yang besar sedang nge-trend, jangan terlalu terpengaruh dengan iklan yang meriah tersebut. Kamu akan setuju dengan saya setelah merasakannya. Kamu mungkin bisa mencoba monitor berkuran 30″ atau 32″ jika itu terasa lebih nyaman untuk kamu.

Selain itu, layar dengan bentang 24″ – 27″ memiliki harga lebih murah, dengan kerapatan pixel (pixel density) yang lebih baik. Angka 109 pixel per inch (ppi) adalah nilai yang tepat untuk sebuah layar monitor.

Layar monitor yang besar biasanya memiliki pixel density yang rendah. Kamu bisa menemukan layar 32″ dengan harga murah, namun umumnya itu untuk keperluan umum, bukan untuk gaming. Untuk mencapai kerapatan pixel yang tinggi dengan spek gaming, harganya biasanya cukup sangat mahal.

bottom line:
Untuk monitor gaming, layar 24″-27″ adalah ukuran terbaik untuk gaming, dengan kerapatan pixel (ppi) yang tinggi dan harga yang lebih terjangkau.

Resolusi layar

Terlepas dari ukuran monitor yang kamu pilih, resolusi adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan.

Resolusi monitor harus sesuai dengan kartu grafis yang kamu miliki. Jangan membeli monitor dengan resolusi 4K jika GPU yang terpasang di komputermu hanya mampu mendukung resolusi 1080p.

1080p (1920×1080 pixel) adalah resolusi standar yang umum untuk monitor gaming, dan resolusi ini masih cukup relevan saat ini. Tapi karena game-game kelas atas semakin sering dirilis, sepertinya resolusi 1440p dan 4K akan menjadi standar baru beberapa tahun ke depan.

Pertimbangan selanjutnya, resolusi yang tinggi akan berpengaruh pada performa gaming kamu. Bahkan, beralih dari 1080p ke 1440p akan terasa dampaknya ketika bermain game jika kamu tidak meng-upgrade GPU-mu. Kecuali saat ini kamu menggunakan GPU seperti GeForce RTX 3070 atau Radeon RX 6800, silahkan cari monitor yang beresolusi 1440p.

Berikut adalah panduan singkat resolusi monitor gaming untukmu:

  • 1080p (FHD): 1920×1080 pixel adalah resolusi yang paling populer saat ini untuk gaming, dan biasanya hardware komputermu akan mendukung tingkat resolusi ini. Resolusi ini masuk pada kategori FHD atau Full HD. Kamu bisa menemukan banyak monitor 24-27″ dengan harga murah pada resolusi ini.
  • 1440p (QHD): jika kamu ingin upgrade, resolusi selanjutnya adalah 2560×1440 pixel, alias resolusi QHD (QuadHD). Ini adalah resolusi yang sangat baik jika kamu belum siap beralih ke 4K. Peningkatan dari 1080p ke 1440p akan memberimu pengalaman luar biasa tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.
  • 4K (UHD): Akhirnya kita tiba pada resolusi yang sedang booming saat ini, yakni UHD atau Ultra-High Definition, yang memiliki resolusi 3860×2160 pixel. 4K menawarkan resolusi 4 kali FHD. Tentu saja kamu akan mendapatkan kualitas tampilan gambar yang mengagumkan. Kamu membutuhkan GPU kelas atas untuk mendukung game dengan resolusi 4K, sekelas GeForce RTX 3080 atau Radeon RX 6800XT.
bottom line:
Pilih monitor dengan minimal resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) karena hampir semua game mendukung resolusi ini dan harganya lebih murah. Jika budget kamu mencukupi, pilih monitor yang beresolusi QHD (2560 x 1440 pixel). Pastikan juga GPU komputermu mendukung resolusi tersebut.

Refresh rate

Salah satu spesifikasi terpenting dalam monitor gaming adalah refresh rate. Apa yang dimaksud dengan refresh rate, dan apa efeknya dalam bermain game? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Refresh Rate pada monitor?

Refresh rate adalah jumlah berapa kali sebuah monitor me-refresh gambar di layar setiap detiknya, diukur dengan satuan Hertz (Hz). Monitor dengan refresh rate 144Hz berarti layarnya mampu mereferesh gambar hingga 144kali per detik.

Semakin tinggi refresh rate berarti gambar lebih mulus. Dalam bermain game, layar dengan refresh rate yang tinggi menjanjikan tampilan gambar yang responsif dan super-smooth.

Umumnya monitor saat ini mengusung refresh rate 60Hz, 120Hz, 144Hz, dan 240Hz. Perbedaan antara refresh rate 60Hz dan 144Hz sangat mencolok dalam segi tampilan gambar. Jika kamu mencoba naik dari 144Hz ke atas, perbedaanya tidak lagi terlalu mencolok dengan mata telanjang.

Kebanyakan monitor LCD memiliki refresh rate 60Hz. Namun gambar yang bergerak cepat akan tampak nge-blur atau patah-patah pada layar dengan refresh rate 60Hz. Untuk pengalaman bermain game yang baik, carilah monitor dengan refresh rate 120Hz atau lebih.

Semakin tinggi refresh rate sebuah monitor, semakin mahal pula harganya. Monitor dengan tingkat refresh rate 144Hz kami anggap sangat baik untuk bermain game dengan harga yang masih terjangkau.

Simak video dari WePC berikut ini untuk melihat perbedaan antara refresh rate 60Hz, 144Hz, dan 240Hz.

Membandingkan kualitas refresh rate 60Hz, 144Hz, dan 240Hz. Video by WePC.
Bottom line:
Setidaknya, pilihlah monitor gaming dengan refresh rate 120Hz. Mempertimbangkan harga dan performa terbaik dalam bermain game, monitor gaming dengan refresh rate 144Hz adalah pilihan yang sangat bagus.

Response time

tips monitor gaming
Kecepatan respon monitor sangat mempengaruhi kualitas tampilan dalam game

Fitur selanjutnya yang sering kamu dengar ketika memilih monitor gaming adalah response time. Spesifikasi ini sering disalahartikan sebagai refresh rate. Padahal keduanya merupakan dua fitur yang sangat jauh berbeda.

Apa itu Response Time pada monitor?

Response time adalah seberapa cepat pixel pada layar berganti warna — biasanya menggunakan transisi GTG (gray to gray), yang berarti seberapa cepat layar menampilkan perubahan dari sebuah bayangan abu-abu ke bayangan abu-abu lainnya.

Jika layar monitor tidak bisa melakukan transisi warna cukup cepat, tampilan akan tampak berbayang pada gambar yang bergerak cepat.

Istilah response time sebenarnya agak membingungkan untuk dipahami. Response time dinyatakan dalam satuan milisecond (ms). Semakin kecil response time semakin baik. Semakin tinggi angkanya, semakin lambat waktu respon layar tersebut.

Jika kamu bermain game, setiap mili-detik sangat berarti. Saat ini semakin banyak produsen monitor mengiklankan layar dengan response time 1ms. Faktanya, mata manusia sulit melihat perbedaan visual pada tampilan yang lebih kecil dari 5ms.

bottom line:
Saat membeli monitor gaming untuk komputer, pilih response time yang paling kecil/rendah. Saat ini banyak monitor gaming dengan response time hingga 1ms. Response time dibawah 5ms sudah cukup baik untuk bermain game.

Adaptive Sync (FreeSync dan G-Sync)

memilih monitor gaming
Monitor ASUS dengan fitur Nvidia G-Sync

Istilah selanjutnya yang akan sering kamu temui adalah adaptive-sync. Fitur ini berfungsi untuk mensinkronisasikan refresh rate antara kartu grafis dan layar monitor.

Alasan dibalik ini adalah, jika kartu grafis dan monitor memiliki refresh rate yang selaras maka akan mengurangi gangguan umum seperti tampilan game yang berbayang, nge-lag, atau patah-patah.

Adaptive sync hadir dalam dua bentuk, yaitu G-Sync (Nvidia) dan FreeSync (AMD). Monitor gaming yang menawarkan fitur FreeSync biasanya lebih umum dan populer karena harganya jauh lebih murah ketimbang monitor dengan fitur G-Sync.

Karena banyak monitor yang dilengkapi fitur FreeSync, sampai-sampai Nvidia GeForce kini mulai mendukung FreeSync. Namun tentu performanya akan jauh lebih baik jika menyandingkan Nvidia GeForce dengan monitor G-Sync.

FreeSync dan G-Sync adalah dua teknologi yang sama dengan sedikit perbedaan. Keduanya mencoba menggantikan fitur V-Sync yang sangat menguras resource hardware komputer demi menyinkronkan refresh rate monitor dengan frame rate GPU dan game. V-Sync seringkali gagal menjalankan tugasnya, dan ketika refresh rate tidak selaras, frame rate (frame per second) game sering turun drastis, menyebabkan game menjadi lag (low fps).

Perlu diingat, untuk bisa berfungsi dengan baik, FreeSync dan G-Sync membutuhkan GPU dari Nvidia atau AMD (Radeon) yang support fitur ini.

Fitur adaptive sync ini sebenarnya bisa kamu abaikan, terlebih jika game rig kamu cukup bagus, dengan prosesor dan kartu grafis yang memadai. Terlebih jika kamu lebih sering bermain game yang tidak terlalu berat, GPU dan monitor kamu pasti mampu menampilkan kualitas terbaik tanpa bantuan FreeSync atau G-Sync.

Panel type

Panel type adalah teknologi yang digunakan produsen dalam membuat layar/display monitor. Setiap teknologi panel monitor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ada banyak jenis panel layar monitor, namun yang paling umum digunakan pada monitor gaming adalah TN, IPS, dan VA. Mari kita ulas perbedaan mendasar ketiganya.

Layar monitor gaming: TN vs IPS vs VA

tipe panel monitor gaming

IPS

IPS adalah singkatan dari in-plane switching. Secara umum, jenis layar IPS panel dianggap yang terbaik di antara ketiganya, namun harganya juga lebih mahal dibanding teknologi lainnya.

Panel IPS menawarkan sudut pandangan dan akurasi warna yang lebih baik ketimbang panel TN dan VA, sehingga dianggap lebih superior untuk game HD, editing multimedia, dan desain profesional.

Biasanya layar IPS memiliki response time yang rendah, di bawah 5ms, yang mana sangat bagus untuk keperluan gaming. Akan tetapi panel TN cenderung memiliki response time yang lebih cepat daripada IPS.

KelebihanKekurangan
Akurasi warna lebih baikHarga lebih mahal
Sudut penglihatan (viewing angle) lebih baikLatensi tinggi
Umur lebih panjang / awetMengkonsuksi lebih banyak energi
Performa lebih baik di bawah cahaya matahari
Plus minus panel IPS

TN

TN adalah singkatan dari Twisted Nematic. Monitor dengan panel TN cukup populer di dunia gaming, karena memiliki harga lebih murah dan menawarkan refresh rate dan response time yang lebih baik dibandingkan IPS dan VA.

Akan tetapi, tampilan panel TN biasanya akan berubah warna jika dilihat dari samping. Dalam artian, panel TN memiliki sudung pandangan yang lebih kecil, khususnya dari samping. Akurasi warna juga tidak sebaik IPS, walaupun masih bisa dikatakan cukup memadai.

Waktu respon dan pixel refresh rate super tinggi menjadikan monitor panel TN dipilih oleh para gamer.

KelebihanKekurangan
Latensi lebih rendah daripada IPSAkurasi warna kurang baik
Harga lebih murahViewing angle lebih sempit
Lebih hemat energi
Plus minus panel TN

VA

VA adalah singkatan dari Vertical Alignment. Panel VA menawarkan layar dengan kontras rasio yang tinggi, warna yang tegas, dan mampu menampilkan warna hitam lebih baik dibandingkan TN dan IPS.

Dalam hal akurasi warna dan sudut penglihatan, panel VA berada di antara panel IPS dan TN.

Salah satu kekurangan panel VA adalah mereka cenderung memiliki tingkat respon yang rendah, sehingga penggunanya sering mengeluh tentang gambar yang berbayang (ghosting) saat bermain game. Hal ini tentu sangat buruk jika digunakan bermain jenis game dengan gameplay yang cepat.

KelebihanKekurangan
Rasio kontras lebih baik dari IPSSudut penglihatan dan akurasi warna tidak sebaik IPS
Harga lebih murahSering bermasalah dengan ghosting / gambar yang berbayang
Sudut penglihatan dan akurasi warna lebih baik dari TN
Plus minus panel VA

Monitor LED vs LCD

Kita juga harus membahas tentang LED dan LCD karena kamu mungkin banyak menemukan istilah ini saat ingin membeli monitor. LED dan LCD mengacu pada teknologi backlight / lampu belakang yang menyinari sebuah layar monitor.

Keduanya sama-sama menggunakan teknologi liquid crystal untuk menghasilkan gambar HD pada layar monitor. Perbedaannya di antara keduanya terletak pada bagaimana teknologi backlighting tersebut digunakan.

Monitor LCD standar menggunakan CCFLs (lampu katoda fluorescent), yang diletakkan pada lapisan yang rata tepat di belakang layar, sehingga mereka akan menghasilkan cahaya yang konsisten di seluruh permukaan layar.

Berbeda dengan LCD, monitor LED menggunakan light-emitting diodes (lampu-lampu kecil) sebagai lampu belakang. Lampu-lampu LED tersebut diletakkan di sepanjang sisi monitor (kanan-kiri, atas-bawah) atau di seluruh permukaan datar di belakang layar.

Mana yang lebih bagus antara LED dan LCD?

Singkatnya, jika kamu ingin monitor gaming dengan kualitas gambar tinggi dan akurasi warna yang lebih baik, layar LED adalah pilihan terbaik.

Alasan kenapa monitor LED lebih baik untuk gaming adalah karena layar LED tidak disinari oleh tingkat kecerahan (brightness) yang konsisten. Itu berarti kamu bisa lebih menikmati corak warna yang lebih baik ketika bermain game, dimana warna cerah dan gelap bersinar secara simultan.

Layar OLED

OLED merupakan teknologi panel baru, namun penggunaan teknologi ini meningkat pesat dan, seiring waktu, sepertinya akan menjadi standar baru dalam teknologi panel layar monitor.

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode, yang berarti dioda cahaya organik. Teknologi ini menggunakan semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik.

Layar OLED biasanya berukuran sangat tipis, mampu menampilkan kualitas gambar yang lebih tajam dengan latensi rendah. Namun layar OLED belum mampu menghasilkan tingkat brightness setara LED, walaupun ini justru hal baik untuk mengurangi mata lelah saat berlama-lama di depan layar saat bermain game.

Monitor OLED belum terlalu populer saat ini sebagai monitor gaming karena harganya cenderung mahal. Layar monitor OLED cukup banyak ditemui untuk monitor PC keperluan umum, dengan tingkat refresh rate standar non-gaming.

Pilihan yang paling populer untuk gaming adalah monitor dengan panel IPS. Sebagian orang memilih panel TN, dengan alasan refresh rate yang lebih tinggi dan harganya yang lebih murah, namun sedikit mengorbankan akurasi warna pada tampilan.

bottom line:
Di sini, kamu harus memilih antara panel IPS atau TN. Jika kamu lebih mementingkan performa tinggi dengan harga terjangkau, kami merekomendasikan monitor dengan panel TN. Sebaliknya, jika lebih mementingkan warna dan kontras yang lebih bagus, performa bagus, dan daya tahan yang lebih awet, pilih monitor IPS yang harganya biasanya lebih mahal dibandingkan TN.

Harga

Orang bijak mengatakan, jika kamu ingin upgrade pengalaman bermain PC gaming, maka kamu akan mengurangi isi rekening bankmu. It’s kidding, but true.

Spesifikasi dan fitur sebuah monitor gaming seperti ukuran layar, tipe panel, dan refresh rate akan menentukan harga monitor yang kamu beli. Kamu bisa menemukan monitor gaming terbaik dan memiliki semua fitur gaming terbaru, tetapi harganya tentu sangat mahal. Saat ini, gaming monitor kelas atas dibanderol lebih dari 30 juta rupiah.

Jika kamu adalah gamer pemula atau mencari monitor gaming murah, kamu bisa menemukan beberapa monitor gaming yang bagus dengan harga di bawah 2 juta.

Bicara tentang harga tentu relatif bagi setiap orang, tergantung kebutuhan dan budget yang dimiliki oleh masing-masing pengguna. Satu yang pasti, monitor gaming yang bagus sangat penting untuk meningkatkan pengalaman bermain game di PC.

Sesuaikan monitor yang kamu beli dengan hardware komputermu secara keseluruhan, khususnya kartu grafis (GPU). Selebihnya adalah pertimbangan pribadi masing-masing. Jika kamu lebih sering bermain game FPS (first person shooter), tentu prioritasmu akan berbeda dengan orang yang lebih mementingkan tampilan game yang mulus dan spektakuler dengan layar yang besar.

bottom line:
Semakin lengkap fitur dan spesifikasinya, semakin mahal harganya. Selain budget yang kamu miliki, pilihlah monitor gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu dalam bermain game.

F.A.Q

Sebelum memilih dan membeli monitor gaming untuk PC memang membutuhkan banyak pertimbangan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul ketika ingin membeli monitor gaming.

Apa itu Adaptive Sync, FreeSync dan G-Sync?

FreeSync dan G-Sync adalah dua teknologi adaptive sync milik AMD dan Nvidia, yang berfungsi untuk mengurangi lag dalam game dengan cara men-sinkronisasi-kan antara refresh rate monitor dengan kartu gragis (GPU).

Apakah layar melengkung (curved monitor) bagus untuk gaming?

Pilihan antara Flat Monitor dan Curved Monitor adalah preferensi pribadi masing-masing pengguna. Refresh rate, response time, dan akurasi warna adalah yang paling menentukan kualitas bermain game.

Secara umum, monitor layar flat/datar menawarkan fitur gaming (refresh rate, response time, color, dll.) yang lebih baik dengan harga yang lebih murah. Untuk mendapatkan kualitas yang setara, curved monitor memiliki harga yang lebih mahal.


Melalui tips dan panduan diatas, semoga kamu bisa mendapatkan monitor gaming yang tepat untuk PC / komputer gaming kesayanganmu. Kunjungi terus Arenadigital.id untuk tips, rekomendasi dan panduan tentang PC gaming dan komputer lainnya.

Fadil

Pendiri Arenadigital.id, seorang tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain menulis, dia menghabiskan waktu luangnya untuk gaming & Netflix.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER