Cara Membuat Chat WhatsApp Hilang Otomatis (Pesan Sementara)

WhatsApp memiliki fitur Pesan Sementara atau Disappearing Messages, yang akan membuat pesan hilang otomatis dari percakapan / chat. Fitur ini memiliki beberapa manfaat, seperti menjaga privasi atau sekedar menghemat kapasitas penyimpanan di smartphone.

Jika kamu mengaktifkan fitur pesan sementara, chat kamu akan hilang secara otomatis setelah 24 jam, 7 hari, atau 90 hari, tergantung pada durasi yang kamu pilih.

Fitur pesan sementara WhatsApp ini bisa diaktifkan secara global ataupun hanya untuk chat individu. Fitur ini juga bisa digunakan oleh semua peserta dalam chat group.

Di bawah ini, kamu akan menemukan cara mengkatifkan atau mematikan fitur pesan sementara di WhatsApp, serta informasi tambahan mengenai fitur ini.

Mengaktifkan Fitur Pesan Sementara (Disappearing Messages)

Untuk membuat pesan hilang otomatis pada WhatsApp, caranya adalah:

  • Buka chat WhatsApp.
  • Pilih nama kontak.
  • Klik Pesan sementara.
    • Jika diminta, klik Lanjut.
  • Pilih durasi 24 jam, 7 hari, atau 90 hari.

Cara di atas berlaku untuk semua perangkat, baik Android, iPhone, dan juga WhatsApp Web / desktop.

Kedua belah pihak dapat mengaktifkan pesan sementara dalam sebuah chat individu. Setelah fitur tersebut diaktifkan, chat akan menghilang setelah durasi yang dipilih.

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur pesan sementara secara global untuk akun WhatsApp kamu. Jika diaktifkan, semua chat individu yang kamu kirimkan akan hilang setelah durasi waktu yang dipilih.

Untuk mengaktifkan pesan sementara secara global, buka Pengaturan/Setelan WhatsApp > pilih Akun > Privasi > Timer pesan default, lalu pilih durasi waktu yang kamu inginkan.

Mematikan Fitur Pesan Sementara (Disappearing Messages)

Untuk menonaktifkan fitur pesan sementara, caranya adalah:

  • Buka chat WhatsApp.
  • Pilih nama kontak.
  • Klik Pesan sementara.
    • Jika diminta, klik Lanjut.
  • Pilih Mati.

Setelah fitur pesan sementara dimatikan, pesan dalam chat kamu akan kembali normal seperti biasa.

Tentang Pesan Sementara di WhatsApp

WhatsApp memperkenalkan pesan sementara atau disappearing messages pada tahun 2021 lalu. Pada awal kemunculannya, pesan sementara akan hilang setelah 7 hari secara otomatis. WhatsApp kemudian menambahkan opsi 24 jam dan 90 hari pada durasi pesan sementara.

Pada chat individu, baik kamu ataupun lawan bicara dapat mengaktifkan fitur pesan sementara. Sedangkan pada chat group, semua peserta grup dapat mengaktifkan atau mematikan pesan sementara. Namun, admin grup dapat mengubah setelan agar hanya admin yang menggunakan pesan sementara dalam chat grup.

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai pesan sementara adalah:

  • Pesan sementara akan hilang setelah durasi waktu yang ditentukan, terlepas apakah chat tersebut telah dibuka atau belum.
  • Saat kamu membalas/reply sebuah pesan, pesan tersebut akan dikutip. Jika pesan yang di-reply adalah pesan sementara, kutipan pesan tersebut mungkin tetap berada dalam chat (tidak menghilang otomatis).
  • Jika pesan sementara diteruskan atau diforward ke chat yang tidak menggunakan fitur pesan sementara, pesan tersebut tidak akan hilang pada chat yang diteruskan.
  • Harap dicatat, bahwa lawan percakapan dalam sebuah chat tetap bisa meneruskan, mengambil screenshot, atau menyalin dan menyimpan pesan sementara yang kamu kirim sebelum pesan tersebut menghilang otomatis.

Bagaimana dengan file media?

Secara default, file-file media (foto dan video) yang kamu buka dalam chat akan terdownload otomatis ke penyimpanan media di HP.

Jika fitur pesan sementara diaktifkan, media yang dikirim akan hilang secara otomatis. Namun, media akan tersimpan dalam penyimapan HP jika setelan download otomatis menyala.

Jika tidak ingin menyimpan file media secara otomatis, kamu bisa mematikan setelan download otomatis di Pengaturan WhatsApp > Penyimpanan dan data.

Koleksi Handphone Favorit Diskon s/d 50% | 8-14 Ags arenadigital.id promo

Topik:

Fadil

Fadil

Founder Arenadigital.id, tech & gadget enthusiast, khususnya komputer dan smartphone. Selain mengelola beberapa website, ia juga habiskan waktu dengan Netflix dan travelling.

arenadigital.id

Kami membahas tentang gadget, computing, dunia digital, dan consumer tech secara umum. Hubungi kami melalui [email protected]

Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0