WhatsApp Web dan Dekstop Kini Hadirkan Fitur Edit Foto

Setelah cukup lama dinantikan oleh para penggunanya, WhatsApp akhirnya merilis fitur editing gambar atau foto bagi pengguna WhatsApp versi web dan aplikasi desktop sebelum mengirimkan pesan. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi mereka yang sering menggunakan WhatsApp di komputer.

Seperti diketahui, fitur edit foto tersebut hanya tersedia di aplikasi WhatsApp versi mobile untuk pengguna Android dan iOS.

Dengan hadirnya fitur baru ini, pengguna WhatsApp web dan desktop kini bisa mengedit foto terlebih dahulu sebelum mengirimkannya kepada si penerima pesan, seperti yang biasa dilakukan oleh pengguna Whatsapp versi smartphone, seperti hal-nya memotong gambar (crop), hingga mencoret tulisan ataupun bagian lain yang tidak diinginkan di dalam gambar.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan teks, emoji, stiker, dan gambar doodle pada foto tersebut.

Yang lebih menarik di WhatsApp versi web dan desktop ini, ketika pengguna akan menyertakan sebuah teks, maka pengguna bisa memanfaatkan fitur background berwarna untuk teks yang disediakan oleh WhatsApp.

Background teks tersebut nantinya akan menyesuaikan dengan warna font yang dipilih oleh pengguna. Alhasil, teks pun akan nampak lebih mencolok sesuai dengan yang dibutuhkan. Adapun Fitur background teks ini tidak tersedia pada aplikasi WhatsApp mobile.

whatsapp web desktop WhatsApp Web dan Dekstop Kini Hadirkan Fitur Edit Foto

Selain itu, Ketika hendak menambahkan teks, pengguna akan disodorkan lima opsi gaya font yang diinginkan, antara lain Serif, Sans Serif, Norican, Brydan Write dan Oswald, serta terdapat tiga opsi untuk tata letak teks, diantaranya tengah, rata kiri dan kanan dengan warna teks bisa diganti sesuka hati.

Terdapat keunggulan lainnya yang tak tersedia pada WhatsApp mobile, yaitu adanya fitur redo, yang berfungsi mengembalikan hasil editing yang sudah di-undo. Di versi web dan aplikasi desktop ini WhatsApp menawarkan fungsi redo dan undo, sehingga pengguna dapat membatalkan hasil editan (undo), lalu mengembalikan pengeditan yang sebelumnya sudah dibatalkan (redo) dengan sangat mudah.

Fitur editing foto ini sebenarnya memang sudah ada di WhatsApp web dan desktop, namun sebelumnya pengguna hanya bisa menambahkan caption dan emoji saja pada gambar atau foto yang akan dikirimkan.

Sampai pada akhirnya fitur baru berupa editing foto yang benar-benar persis seperti versi aplikasi smartphone, bahkan sedikit lebih lengkap ini sudah tersedia untuk WhatsApp desktop dan web versi 2.2130.9.

Meskipun telah dinyatakan rilis, namun dikatakan bahwa saat ini WhatsApp masih melakukan proses peluncuran fitur ini secara bertahap, sampai semua pengguna benar-benar bisa menggunakannya. Sehingga wajar jika masih ada pengguna yang saat ini belum bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp tentu sudah familiar dengan fitur edit foto dalam aplikasi chat sejuta umat ini, karena memang sudah cukup lama tersedia di aplikasi WhatsApp versi Smartphone sejak 2016 lalu.

Selang lima tahun berlalu, barulah pada akhirnya Whatsapp berusaha mencakup semua pengguna dengan menyediakan fitur edit foto ini ke WhatsApp versi web dan aplikasi desktop.

Meskipun kehadiran fitur ini bukanlah suatu perubahan yang signifikan, namun tentu tetap dinilai berguna untuk memudahkan siapapun yang kerap menggunakan WhatsApp versi web maupun aplikasi desktop di komputer atau laptop.

Setidaknya dengan hadirnya fitur baru ini, siapapun tak perlu lagi repot menggunakan aplikasi secara terpisah untuk menyunting gambar terlebih dahulu sebelum mengirimnya kepada orang yang dituju.

Lainnya di Arenadigital.id:*

* mengandung link sponsor
Arenadigital.id
Logo
Perbandingan Produk
  • Total (0)
Bandingkan
0

Promo Lazada September 9.9 - DISKON SUPER